Digitalisasi Destinasi sebagai Strategi Pengembangan Promosi Pariwisata di Kabupaten Magelang

Lintang Muliawanti, Dwi Susanti

Abstract


Kabupaten Magelang memiliki potensi dan analisis performansi yang tinggi. Di sana terdapat Candi Borobudur yang menjadi salah satu destinasi prioritas untuk mencapai target kunjungan yang ditentukan oleh kementerian pariwisata tahun 2019. Namun di sisi lain, Kabupaten Magelang memiliki permasalahan pada lama kunjungan wisatawan yang sangat pendek, menyebabkan tidak optimalnya sektor pariwisata yang berimbas pada minimnya pendapatan daerah. Untuk mencapai target tersebut strategi dalam promosi pariwisata dilakukan khususnya dengan komunikasi pemasaran kepariwisataan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian deskriptif dipilih untuk memaparkan strategi pengembangan promosi pariwisata di Kabupaten Magelang. Teknik penarikan data menggunakan wawancara dan observasi langsung dengan informan. Hasil dari penelitian menunjukan, pariwisata berbasis masyarakat dan peran aktif masyarakat dalam mempromosikan wisata melalui pendekatan digital sangat berdampak dalam pengembangan potensi dan promosi pariwisata di Kabupaten Magelang.


Full Text:

PDF

References


Beritamagelang.id. (2018). No Title. Pemerintah Kabupaten Magelang. Retrieved from http://beritamagelang.id/disparpora-kabupaten-magelang-nilai-lama-kunjung-wisatawan-di-kabupaten-magelang-2-3-jam-saja

Borobudurnews.com. (2018). Jateng Luncurkan Pasar Digital Kebon Watu Gede yang Sangat Tradisional. Retrieved from http://borobudurnews.com/genpi-jateng-luncurkan-pasar-digital-kebon-watu-gede-yang-sangat-tradisional/

Disparpora Kab.Magelang. (2018). Magelang, Lets Go! Pariwisata Magelang, 25–39.

Fotis, J., Buhalis, D., & Rossides, N. (2012). Social Media Use and Impact during the Holiday Travel Planning Process. Information and Communication Technologies in Tourism 2012, 13–24. https://doi.org/10.1007/978-3-7091-1142-0_2

Goletom, A. D. L. (2017). Digitalisasi Pariwisata Indonesia. Pikiran Rakyat. Retrieved from http://www.pikiran-rakyat.com/opini/2017/03/11/digitalisasi-pariwisata-indonesia-395831

Hakim, M. A., & Fafurida. (2018, March). Studi Pariwisata Kabupaten Magelang, Kota Surakarta dan Kota Semarang Beserta Strategi Pengembangannya. Efficient, 1(2), 157-166.

Hadji, K., Wahyudi, M., & Pratama, A. B. (2017). Potensi dan Pengembangan Wahana Obyek Wisata Alam sebagai Daya Tarik Wisata Edukasi Keluarga di Kabupaten Magelang. The 6th University Research Colloquium , 231-236.

Imam, H. (2017). Pergeseran Budaya Siber & Visual di Sektor Pariwisata Indonesia. Kementerian Pariwisata, 275–282.

Kumar, P. (2015). Social Media : A Tool for Tourism Marketing, 1–6.

Kurniawan, A. R. (2020, Mei). Tantangan Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat pada Era Digital di Indonesia (Studi Kasus Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Pangalengan). Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 1-10.

Listiowati, A. S., Wiranatha, A. S., & Suryawardani, I. G. (2020, Januari). Strategi Pengembangan DTW Pantai Diamond di Dusun Pelilit, Desa Peejukutan, Nusa Penida, Klungkung, Bali. JUMPA, 6, 516540.

Lo, I. S., & McKercher, B. (2015). Ideal image in process: Online tourist photography and impression management. Annals of Tourism Research, 52, 104–116.

McCabe, S. (2009). Marketing Communications in Tourism and Hospitality (Concept, Strategies and Cases) (1st ed.). Kidlington: British Library.

Moloeng, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Magelang, P. K. (2015). Peraturan Daerah Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Magelang Tahun 2014-2034.

Magelangkab.go.id. (2018). Informasi Wisata Kabupaten Magelang. Retrieved from http://pariwisata.magelangkab.go.id/home/detail/borobudur-news--siap-ramaikan-pariwisata--40-biro-wisata-tour-ke-magelang/380

Nugroho, S. (2018). Sinergi Ekonomi Kreatif dan Kepariwisataan di Era Digital.

PariwisataDIY, D. (2017). Strategi pemasaran pariwisata.

Puspawati, D. P., & Ristanto. (2018, Desember). Startegi Promosi Digital Untuk Pengembangan Pariwisata Kota Magelang. Jurnal Jendela Inovasi Daerah, Ratman, dadang rizki. (2016). Pembangunan Destinasi Pariwisata Prioritas 2016-2019. Retrieved from http://www.kemenpar.go.id/userfiles/Paparan - Deputi BPDIP.pdf 1(2), 1-20.

Rerung, R. R., Fauzan, M., & Hermawan, H. (2020). Website Quality Measurement of Higher Education Services Institution Region IV Using Webqual 4.0 Method. International Journal of Advances in Data and Information Systems, 1(2), 89–102. https://doi.org/10.25008/ijadis.v1i2.185

Suansri, P. (2003). Community Based Tourism Handbook (1st ed.). Thailand: Responsible Ecological Social Tourism Project.

Sulakono, B. A., Sarkum, S., Munandar, M. H., Masrizal, M., & Irmayani, D. (2020). The Diversity of Labuhanbatu Community Culture in Android-Based Applications. International Journal of Advances in Data and Information Systems, 1(2), 60–68. https://doi.org/10.25008/ijadis.v1i2.182

Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata pada Era Industri 4.0. Jurnal Pariwisata Budaya, 3(2), 81-92.

Yoeti, O. A. (2005). Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradya Paramita.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.53





Article Metrics:

Abstract Views - 4133

PDF Downloads - 2869



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Lintang Muliawanti, Dwi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2020 Lintang Muliawanti, Dwi Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :