Pola Komunikasi Interpersonal Psikolog dengan Pasien Bipolar

Firyal Athiyah Maulida, Rangga Galura Gumelar

Abstract


Gangguan kesehatan mental di Indonesia masih menjadi topik tabu, menyebabkan stigma yang menghambat perawatan dan pemulihan. Gangguan bipolar, dengan episode manik dan depresi, adalah salah satu gangguan emosional yang sulit dikelola dan berdampak serius pada kehidupan sehari-hari individu. Penelitian ini fokus pada pola komunikasi interpersonal antara psikolog dan pasien bipolar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Studi kasus digunakan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang komunikasi antara kedua pihak. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan psikolog dan pasien bipolar. Teori yang digunakan adalah Teori Penetrasi Sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi selama fase manik atau depresi membutuhkan pendekatan yang berbeda. Komunikasi nonverbal dan tatap muka memainkan peran krusial dalam hubungan psikolog-pasien. Sejumlah hambatan, seperti keterbatasan waktu, kesulitan dalam berbagi masalah, dan kendala bahasa menjadi tantangan dalam komunikasi. Analisis berdasarkan Teori Penetrasi Sosial menunjukkan tahapan-tahapan yang terjadi dalam hubungan ini, mulai dari pembangunan kepercayaan, pengenalan sisi kepribadian pasien, komitmen, hingga tercapainya kejujuran dan keintiman dalam hubungan. Tahapan-tahapan ini membutuhkan waktu dan upaya untuk mencapai keterbukaan serta kepercayaan yang mendalam di antara keduanya.  Penanganan hambatan komunikasi dengan strategi yang tepat, sesuai dengan tahapan pengembangan hubungan, menjadi kunci keberhasilan. Kesadaran pasien akan peran mereka dalam proses penyembuhan juga memegang peranan penting dalam dinamika ini.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, T. (2016). Pola Komunikasi Terapeutik Dokter terhadap Pasien Rawat Inap dalam Proses Penyembuhan. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Dinarti, & Anta, S. (2018). Mengenal Gangguan Bipolar. National Institute of Mental Health.

Firdayanti, O. (2023). Komunikasi Interpersonal Psikolog Kepada Pasien Bipolar dalam Proses Konseling Individu di Minauli Consulting Medan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Graha Ilmu.

Humairah, S. (2017). Komunikasi Interpersonal Guru pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Khusus Anak Mandiri Kota Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Irawan, S. (2017). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonak Mahasiswa. Scholaria, 7(1).

Kustiawan, W., Lubis, I. Y., Natasya, Sartika, I., Dewi, F. K., Supriadi, T., & Anggianto, I. (2022). Teori Penetrasi Sosial. Edukasi Non Formal, 3(2).

Listani, S. (2016). Pola Komunikasi Antarpribadi Orangtua dengan Anak Pengidap Autisme. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Maramis, M. M. (2022). Gangguan Bipolar Dan Psikoedukasi. Airlangga University Press.

Maretha, L. (2020). Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Pasien Sakit Jiwa di Rumah Sakit Ernaldi Bahar Provinsi Sumatera Selatan. Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Martha, E., & Kresno, S. (2017). Metodologi penelitian kualitatif untuk bidang kesehatan. Rajawali Press.

Mondimore, F. M. (2020). Bipolar Disorder: A Guide for You and Your Loved Ones. Johns Hopkins University Press.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Mustofa, M. B., Wuryan, S., & Meilani, F. (2021). Komunikasi Verbal dan Nonverbal Pustakawan dan Pemustaka dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tanzir: Jurnal Prodi Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 12(1).

Nafisa, A. (2016). Peningkatan komunikasi interpersonal konselor sebaya melalui pusat informasi dan konseling remaja (Pik-R) di SMP Negeri 22 Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

Rosnaeni, A. (2021). Teori Dasar Ilmu Komunikasi. Flipbook.

Rundengan, N. (2013). Pola Komunikasi Antarpribadi Mahasiswa Papua Di Lingkungan Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 2(1).

Sahir, S. H. (2021). Metodelogi Penelitian. KBM Indonesia.

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Pustaka Ramadhan.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Sitinjak, A. R. (2013). Pola Komunikasi Public Relation Officer dalam Mempertahankan Citra PT. Lion Air Indonesia Cabang Manado. Acta Diurna, 1(1).

Tim Medis Siloam Hospital. (2023). Mengenal Psikolog & Jenis-Jenis Terapi yang Dilakukan. Siloam Hspital.Com. https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-psikolog

Wulandari, T. A. (2013). Memahami Pengembangan Hubungan Antarpribadi Melalui Teori Penetrasi Sosial. Majalah Ilmiah UNIKOM, 11(1).




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.264





Article Metrics:

Abstract Views - 72

PDF Downloads - 33



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c)







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

error code: 520