Intensitas Mengakses Aplikasi TikTok dan Pengaruhnya terhadap Komunikasi Interpersonal Remaja

Mufid Salim, Suro Suprantio, Rustono Farady Marta, Nunik Hariyanti, M. Thoyib Amali

Abstract


Perkembangan TikTok semakin pesat membuat dampak dari kemajuan ini tidak dapat dihindari lagi, berbagai informasi dan komunikasi serta hiburan dapat dijangkau dengan mudah oleh para penggunanya. Pada hakikatnya remaja adalah masa yang memang membutuhkan hiburan, namun jika tidak menggunakannya dengan baik atau secara berlebihan dan ditambah dengan menonton konten  yang tidak mendidik atau membawa pengaruh negatif. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini intensitas mengakses mengakses aplikasi TikTok berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal remaja. Penelitian kuantitatif ini menjelaskan bagaimana media sosial mampu memberikan pergeseran komunikasi interpersonal kepada penggunanya. Teknik sampel akan menggunakan purposive sampling yang mengakumulasi sebanyak 400 responden dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Pada penelitian ini intensitas mengakses TikTok memiliki pengaruh terhadap variabel komunikasi interpersonal remaja dengan total nilai R Square (R2) sebesar 73,1% berdasarkan uji koefisien determinasi, namun TikTok juga bukan merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya hal tersebut. Berdasarkan hasil data, nilai signifikan pengaruh secara parsial atau uji t antara variabel (X) terhadap variabel (Y) menghasilkan nilai signifikan uji sebesar 0.000 dimana nilai signifikansi lebih rendah dari 0,05. Data ini menunjukkan implikasi bagi penulis bahwa intensitas mengakses TikTok berpengaruh terhadap komunikasi interpersonal remaja, yang bahwasannya penggunaan TikTok dengan waktu yang sesuai dapat akan memberikan dampak yang positif bagi komunikasi interpersonal remaja.


Full Text:

PDF

References


Abubakar, F. (2015). Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Dosen dan Mahasiswa Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Pekommas, 18(1), 53–62.

Adamovic, M., Gahan, P., Olsen, J., Gulyas, A., Shallcross, D., & Mendoza, A. (2022). Exploring the adoption of virtual work: the role of virtual work self-efficacy and virtual work climate. The International Journal of Human Resource Management, 33(17), 3492–3525. https://doi.org/10.1080/09585192.2021.1913623

Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504

Aji, W. N. (2021). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 19–38.

Angreani, N., Marta, R. F., Kertamukti, R., Kartono, M. M., Cong, P. K., & Angreani, Natasia Marta, Rustono Farady Kertamukti, Rama Kartono, Miranda Cong, P. (2021). Zenius Stimulation during a Pandemic: Framing of Republika.co.id and Liputan6.com on Distance Learning Issues in the Pandemic Era. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 15(1), 83–96. http://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/komunika/article/view/4474

Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 134–142.

Bps.go.id. (2022). Jumlah Penduduk Usia 15 tahun ke Atas Menurut Golongan Umur 2021-2022. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/indicator/6/715/1/jumlah-penduduk-usia-15-tahun-ke-atas-menurut-golongan-umur.html

Caturtami, C. Y., & Sumaryanti, I. U. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Tingkat Kecemasan Sosial pada Mahasiswa di Kota Bandung. Prosiding Psikologi, 7(2), 300–304.

Annur, C. M. (2022). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022. Databoks, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). Penggunaan Media, dan Kepuasan Menonton Konten Dance di Media Sosial TikTok di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Reguler Universitas Sebelas Maret Surakarta Angkatan 2019-2020.

Darmawan, C., Silvana, H., Zaenudin, H. N., & Effendi, R. (2019). Pengembangan Hubungan Interpersonal Remaja dalam Penggunaan Media Sosial di Kota Bandung. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(2), 159. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i2.21163

Dharma, S. P. J. E. A. (2020). Aplikasi Spss Dalam Analisis Multivariates. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Doni, F. R. (2017). Perilaku Penggunaan Smartphone pada Kalangan Remaja. Journal Speed Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 9(2), 16–23.

Falgoust, G., Winterlind, E., Moon, P., Parker, A., Zinzow, H., & Chalil Madathil, K. (2022). Applying the uses and gratifications theory to identify motivational factors behind young adult’s participation in viral social media challenges on TikTok. Human Factors in Healthcare, 2, 100014. https://doi.org/10.1016/j.hfh.2022.100014

Hardjati, S., & Febrianita, R. (2019). The Power of Interpersonal Communication Skill in Enhancing Service Provision. Journal of Social Science Research, 14, 3192–3199.

Joie-La Marle, C., Parmentier, F., Vinchon, F., Storme, M., Borteyrou, X., & Lubart, T. (2021). Evolution and impact of self-efficacy during French COVID-19 confinement: a longitudinal study. The Journal of General Psychology, 148(3), 360–381. https://doi.org/10.1080/00221309.2021.1904815

Latukolan, J. J., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). When Words Matter: Language Choices and Brand Building on Two Global Coffee Shop Retail Brands in Indonesia. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 2899–2906. https://doi.org/10.33258/birci.v4i2.1974

Lestari, R., Septiarysa, L., Marta, R. F., Agung, H., & Murfianti, F. (2021). Digitizing the Meaning of Enthusiasm in #generasiberanipahit through Morris Semiotics. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra, 5(2), 297–309. https://doi.org/10.22216/kata.v5i2.456

Mayangsari, D., & Salim, M. (2021). The Effectiveness of University Instagram Account as Information Media for Students. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.040

Mitchell, K. M., McMillan, D. E., Lobchuk, M. M., Nickel, N. C., Rabbani, R., & Li, J. (2021). Development and validation of the Situated Academic Writing Self-Efficacy Scale (SAWSES). Assessing Writing, 48, 100524. https://doi.org/10.1016/j.asw.2021.100524

Permatasari, I. (2015). Faktor-faktor yang membentuk kepribadian anak remaja (studi kasus di Desa Lengkong Kecamatan Bupon Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan). Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosioligi, 2(1), 38–42.

Priambodo, A. I., & Arianto, I. D. (2022). Analisis Jaringan Komunikasi pada Tagar #KPKEndGame di Media Sosial Twitter. Warta ISKI, 5(1), 22–34. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.156

Rachmania, N. D. (2019). Penggunaan Aplikasi Tik-Tok Dalam Menunjang Eksistensi Diri Ppada Remaja (Studi Fenomenologi pada Remaja Griya Besuki Mulya Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo), Thesis Universitas Muhammadiyah Jember.

Rahmadillah, A., Widodo, A., & Puspita, R. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Twitter Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal di Kalangan Remaja Kecamatan Tambun Utara Bekasi Jawa Barat. Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 19–38.

Rayana, Uday. (2021). Meski Indonesia Salah Satu Pengguna TikTok Terbesar, ByteDance Pilih Singapura Sebagai Sasaran Investasi. SELULER. Diakses dari https://selular.id/2020/09/meski-indonesia-salah-satu-pengguna-tiktok-terbesar-bytedance-pilih-singapura-sebagai-sasaran-investasi/

Riani, H. P. (2021). Perkembangan Kognitif Anak dan Remaja di Tengah Popularitas Aplikasi Tik Tok : Studi Selebgram. 111–121.

Ristiana, U. N. (2018). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa Sman 1 Depok Sleman D.I Yogyakarta. Jurnal Transformatif, 2(2), 170–186.

Salim, M., Utami, F. A., & Bramantyo, H. (2021). Digital Media-Based Nutrition Health Communication Model. Proceeding of the 3rd Jogjakarta Communication Conference (JCC, 2021), 1(1). https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.059

Samiaji, A., Bahruddin, M., Harry, H., & Hidayat, E. (2022). Nation Branding Construction and Public Diplomacy from @america in Muslim Community of Indonesia. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(1), 276–290. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(2).8836

Santoso, W., Salim, M., Marta, R. F., Hariyanti, N., & Nur, F. A. (2022). The Effectiveness of the Beritamagelang.id Website as a Public Information Media. Symposium of Literature, Culture, and Communication (SYLECTION) 2022.

Saputra, A. W., & Salim, M. (2022). Pengaruh Intensitas Komunikasi Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Anak di Sekolah Suburban Yogyakarta. Pawitra Komunika: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora, 3(1), 1–15.

Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati selama Pandemi COVID-19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Indah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 451–468. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4125

Solikhah, N. I., & Aesthetika, N. M. (2021). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Media Sosial Tik Tok terhadap Kecenderungan Narcissistic Peronality Disorder. 5(01), 113–119.

Solikhah, N. I., & Aesthetika, N. M. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok dan Media Sosial terhadap Kecenderungan Phubbing. Warta ISKI, 5(1), 113–119. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.140

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tjajadi, O. P., Marta, R. F., & Engliana, E. (2021). Women’s Resistance on Instagram Account @singlemomsindonesia. JHSS Journal of Humanities and Social Studies, 5(2), 111–115. https://doi.org/https://doi.org/10.33751/jhss.v5i2.3710

Wahyudiyono, W. (2021). Implikasi Pengggunaan Internet terhadap Partisipasi Sosial di Jawa Timur. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 8(2), 63. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2487

Wang, C., Teo, T. S. H., Dwivedi, Y., & Janssen, M. (2021). Mobile services use and citizen satisfaction in government: integrating social benefits and uses and gratifications theory. Information Technology & People, 34(4), 1313–1337. https://doi.org/10.1108/ITP-02-2020-0097




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.200





Article Metrics:

Abstract Views - 1793

PDF Downloads - 818



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mufid Salim, Suro Suprantio, Rustono Farady Marta, Nunik Hariyanti, M. Thoyib Amali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 Mufid Salim, Suro Suprantio, Rustono Farady Marta, Nunik Hariyanti, M. Thoyib Amali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :