Implementasi Komunikasi Persuasif Menjadi Barista

Geivindra Gilang Rahmandya Hadiputra, Deddy Muharman

Abstract


Kedai kopi Fulcaff menjadi salah satu panutan untuk belajar menjadi barista khususnya di kota Depok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui teknik komunikasi persuasif yang digunakan oleh mentor dalam menyampaikan materi pembelajaran di kursus barista Fulcaff agar mudah dipahami oleh peserta kursus. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data sekunder dari penelitian sebelumnya, arsip, serta berita terkait dengan topik penelitian. Dalam penelitian ini peneliti memfokuskan bagaimana mentor menggunakan teknik persuasif sesuai dengan teori teknik komunikasi persuasif. Selama kursus berlangsung mentor menggunakan teknik asosiasi, teknik integrasi, teknik tataan dan juga teknik ganjaran. Hasil penelitian menunjukan mentor lebih dominan menggunakan teknik integrasi untuk menciptakan suasana belajar yang baik agar penerimaan informasi peserta bisa maksimal. Penggunaan teknik komunikasi persuasif secara tepat juga mampu menjaga minat belajar dari peserta kursus.


Full Text:

PDF

References


Dainton, M., & Zelley, E. D. (2017). Applying Communication Theory for Professional Life: A Practical Introduction. SAGE Publications.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gumulya, D., & Helmi, I. S. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Jurnal Dimensi Seni Rupa dan Desain, 13(2), 153-172.

Herlyana, E. (2014). Fenomena Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Baru Kaum Muda. Thaqafiyyat: Jurnal Bahasa, Peradaban dan Informasi Islam, 13(1), 187-204.

Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J.G. (Eds.). (2017). Theories of Human Communication. Illinois: Waveland Press, Inc.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP. Press Group.

Perloff, R. M. (2017). The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century, New York: Routledge.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Soemirat, Soleh & Suryana, Asep. (2014). Komunikasi Persuasif. Banten: Universitas Terbuka.

Suyono, (2011) Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Instruksional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.77





Article Metrics:

Abstract Views - 32

PDF Downloads - 28



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Geivindra Gilang Rahmandya Hadiputra, Deddy Muharman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2021 Geivindra Gilang Rahmandya Hadiputra, Deddy Muharman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406