
Instagram sebagai Pembentuk Citra Diri Generasi Milenial Jakarta
Abstract
Berkembangnya media sosial memudahkan masyarakat atau para penggunanya dalam melakukan komunikasi tanpa batas ruang dan waktu. Instagram merupakan salah satu platform yang banyak digunakan oleh generasi milenial saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami penggunaan media sosial Instagram dalam pembentukan citra diri generasi milenial di Jakarta dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara yang dilakukan di Jakarta kepada empat perwakilan generasi milenial sebagai informan utama dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam membentuk citra dirinya di media sosial Instagram, generasi milenial menciptakan simbol-simbol seperti melalui tone warna pada foto-fotonya dan gaya bahasa yang santai sehingga terbentuklah sebuah citra tertentu; bahwa generasi milenial merupakan seorang individu yang unik, percaya diri, kreatif, dan connected di mana mereka mampu berinteraksi dengan orang lain melalui media sosial.
Full Text:
PDFReferences
Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Fotografi Pada Komunitas Fotografi Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa, 2(2), 1-14. ISSN: 2355-6919.
Ali, H., & Purwandi, L. (2017). Millennial Nusantara. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.
Alvara Research Center. (2014). Generasi Millennial Indonesia: Tantangan dan Peluang Pemuda Indonesia [PDF File]. Retrieved from http://alvara-strategic.com/generasi-millennial-indonesia-tantangan-dan-peluang-pemuda-indonesia/
Arifin, C. (2019, Juni 19). Pengguna Media Sosial di Indonesia Terbesar Keempat di Dunia. Retrieved from https://www.tribunnews.com/techno/2019/06/19/pengguna-sosial-media-di-indonesia-terbesar-keempat-di-dunia
Arviana, G. N. (2017, Agustus 3). Gunakan Media Sosial Untuk Membangun Citra Diri. Retrieved from https://muda.kompas.id/baca/2017/08/03/gunakan-media-sosial-untuk-membangun-citra-diri/
Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas. Channel: Jurnal Komunikasi, 3(2), 1-16. doi: http://dx.doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270
Badan Pusat Statistik. (2018). Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta, Indonesia: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140-157. Retrieved from https://journal.unita.ac.id/index.php/publiciana/article/view/79
Chaplin, J. P. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta, Indonesia: PT. Rajagrafindo Persada.
Creswell, J., W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (Eds. 4). Thousand Oaks, CA: Sage Publications Inc.
Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54. doi:https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.49
Dwilestari, G., & Fithrah, D. S. A. (2018). Motif Penggunaan Aplikasi Bigo Live Di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Telkom Motif of Using Bigo Live Application Among Students of Communication Sciences Major in Telkom University Broadcaster Bigo Live disebut juga Bigo Host Bi. 3(1), 67–80. doi: http://jurnal.unpad.ac.id/manajemen-komunikasi/article/view/12901/pdf
Loretta, D. (2015). It’s Me! Superbrand Diri Untuk Jadi Beda (H. Munandar). Jakarta, Indonesia: Lintas Mata.
Mailanto, A. (2016, Januari 14). Pengguna Instagram di Indonesia Terbanyak, Mencapai 89%. Retrieved from https://techno.okezone.com/read/2016/01/14/207/1288332/pengguna-instagram-di-indonesia-terbanyak-mencapai-89
Mutia, T. (2017). Generasi Milenial, Instagram Dan Dramaturgi: Suatu Fenomena Dalam Pengelolaan Kesan Ditinjau Dari Perspektif Komunikasi Islam. Garuda, 41(2), 240-251. doi: http://dx.doi.org/10.24014/an-nida.v41i2.4656
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung, Indonesia: Simbiosa Rekatama Media.
Nugraha, B., & Akbar, M. F. (2018). Perilaku Komunikasi Pengguna Aktif Instagram. Jurnal Manajemen Komunikasi, 2(2), 95–101. doi: https://doi.org/10.24198/jmk.v2i2.21330
Nurudin. (2013). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta, Indonesia: PT. Rajagrafindo Persada
Pramono, Y. (2019, Mei 16). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa
Safitri, Y. & Ramadanty, S. (2019). Strategi Keterlibatan Key Opinion Leaders dalam Kampanye Public Relations di Indonesia. Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. 2(2). 88-96. doi: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i02.35.
Sakti, B. C., & Yulianto, M. (2018). Penggunaan Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja. Interaksi Online. 6(4). 490-501. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/21950
Srinanda, E. (2019). Membangun Generasi Milenial Melalui PPK Sesuai Dengan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Pendidikan: Riset&Konseptual, 3(4), 305-402. doi: 10.28926/riset_konseptual.v3i4.160
Sugiyono. (Eds. 23). (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung, Indonesia: CV Alfabeta.
Wahyudi, U., Ronauli, M., Elita, F. dan Mirawati, I. (2016). Hubungan antara Pesan Kampanye 9 Aksi Ramah Lingkungan di Akun Twitter Earth Hour Bandung dengan Sikap Followers Aktif Terhadap Gaya Hidup Ramah Lingkungan. Jurnal Manajemen Komunikasi. Vol 1 No.1. 125-144. doi: https://doi.org/10.24198/jmk.v1i1.11017
We are Social. (2019). Digital 2019: Essential Insights In to How People Around The World Use The Internet, Mobile Devices, Social Media, and E-Commerce [PDF File]. Retrieved from https://wearesocial.com/global-digital-report-2019
West, R., & Turner, L. H. (Eds. 3). (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi Buku 1 (B. Marswendy). Jakarta, Indonesia: Salemba Humanika.
Young, S. J., Sturts, J. R., Ross, C. M., & Kim, K. T.(2013). Generational Differences and Job Satisfaction in Leisure Services. Managing Leisure, 18(2), 152-170. doi: https://doi.org/10.1080/13606719.2013.752213
Yunus, U. & Gustina, G. (2018). Pola Penyebaran Pesan Melalui Akun Facebook pada Karyawan Generasi Milenial di PT. XXX Indonesia. Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol. 1 No. 02. 75-81. doi: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.20
Yuswohady. (2019). Millennials Kill Everything. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.73
Article Metrics:
Abstract Views - 3486
PDF Downloads - 1942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Clarissa Maureen, Yolanda Stellarosa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :