Instabranding Kepribadian di Lima Brand UKM Kuliner

Heidy Arviani, Yuli Candrasari, Olivia Nibtia Rahmadillah, Aditya Ilham Priambodo

Abstract


Instagram adalah platform media sosial yang berkembang, menyediakan sarana ekspresi diri dan komunikasi melalui visual yang kreatif. Bisnis menanggapi tren ini dengan menggunakannya sebagai alat pemasaran yang hemat biaya. Paper ini meneliti akun merek makanan dalam level Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia pada sektor makanan dan minuman yang terkemuka di Instagram: @bittersweet_by_najla, @basoaciakang, @seblakasgar_official, @pentolgila, @jagungnyumi. Akun tersebut dipilih berdasarkan followers yang telah mencapai puluhan ribu bahkan ratusan ribu dan cukup populer di masyarakat. Studi ini bertujuan untuk mengetahui jenis elemen foto apa yang digunakan merek UKM makanan terkemuka di instagram sebagai pemasaran dan taktik komunikasi? Kemudian kepribadian merek seperti apa yang digambarkan oleh foto yang diposting tersebut? Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi. Terdapat 50 sampel foto untuk masing-masing merek yang kemudian diklasifikasikan menurut 11 elemen: produk, orang dan produk, orang dan produk, humor dan produk, peristiwa dunia, resep, kampanye tanpa produk, buatan pengguna, regram dari selebriti, dan video. Temuan penelitian adalah: mereka menggunakan instagram untuk mempromosikan keunggulan dan menjual produk. Tidak semua dari 11 elemen dimunculkan. Hanya sekitar lima elemen yang tampil secara dominan antara lain: video yang interaktif, produk dan promo, humor, consumer generated, person dan product. Kesemuanya untuk membangun dan mengekspresikan karakter kepribadian masing-masing merek.


Full Text:

PDF

References


Aaker, J. L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal of Marketing Research, 34(3), 347–356.

Arviani, H., & Febrianita, R. (2020). E-Health Communication on Intagram Posts: Contents Analysis of Alodokter. Metacommunication: Journal of Communication Studies, 5(1), 1-12.

Arviani, H., Prasetyo, G. S., & Walgunadi, V. V. (2020). Instagram and Millennial Generation: #Explorebanyuwangi Analysis. 423(Imc 2019), 180–192.

BPS. (2016) Sensus Ekonomi 2016. Diakses 4 September 2020. https://se2016.bps.go.id/umkumb/files/umkumb/00_Pusat/00_poster_SE2016Lanjut n_01.jpg

Broyles, A. (2014). #Austin360Eats: How Instagram, social media food photography have changed how we eat. McClatchy - Tribune Business News. https://www.austin360.com/article/20140206/Entertainment/302069732 Diakses 9 September 2020

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in Psychology. Journal Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.

Bui, T. (2014). Social Media On-A-Stick : A uses and gratification approach toward helping mobile food vendors engage consumers on Instagram Table of Contents. The University of Minnesota Digital Conservancy. http://hdl.handle.net/11299/166761

Candrasari, Y. (2020). Mediated Interpersonal Communication: A New Way of Social Interaction in the Digital Age. 423(Imc 2019), 537–548.

Chang, C. Y. (2014). Visualizing personality and personal marketing: case analysis on Starbucks and Nike’s value co-creation on Instagram. Iowa Research Online. Diakses 7 September 2020 http://ir.uiowa.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=5343&context=etd

Gallio, A. J. (2014). Applying the Uses and Gratifications Theory to Social Networking Sites: A Review of Related Literature. Diakses 04 September 2020. https://www.academia.edu/1077670/Applying_the_Uses_and_Gratifications_Theory_to_Social_Networking_Sites_A_Review_of_Related_Literature

Ginsberg, K. (2015). Instabranding: Shaping the Personalities of the Top Food Brands on Instagram. Journal of Undergraduate Research in Communications, Vol. 6(1), 78–91.

Goor, M. (2012). Instamarketing: A content analysis into marketing on Instagram. 37.

Instagram. (2020) Apa itu Instagram? diakses 3 September 2020. https://help.instagram.com/424737657584573

Jawa Pos. (2020). Kemenkominfo 94 Juta UMKM Sudah Go Online. Diakses 04 September 2020 https://www.jawapos.com/surabaya/15/03/2020/kemenkominfo-94-juta-umkm-sudah-go-online/

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah Republik Indonesia. (2020) Data UMKM. Diakses 4 September 2020. http://www.depkop.go.id/data-umkm

Kresnawati, A. M., & Kusuma, A. (2019). Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Peningkatan Ekspor UMKM: Studi Kasus UMKM di Ex-Dolly, Kelurahan Putat Jaya, Surabaya. Global & Policy, 7(2), 191–201.

Kusuma, A., Purbantina, A. P., Rani, C., & Riswari, A. (2020). Is Online Media More Popular Than Traditional Media To Advertise a Brand in the Digital Age? Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 16–24.

MomentFeed index. (2013). Restaurant Instagram report Q3 2013. Diakses 4 September 2020. https://momentfeed.com/wp-content/uploads/2013/11/momentfeed-restaurant-instagram-report-2013-q3.pdf

Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial. Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Pitoko, R. A. (2018). Bisnis kuliner, mode, dan travel paling banyak beriklan di Instagram stories. Diakses 9 September 2020 https://ekonomi.kompas.com/read-/2018/04/25/141021126/bisniskuliner-mode-dan-travel-paling-banyak-beriklan-di-instagramstories.

Riyanto, A. D. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. Diakses 4 September 2020. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/#:~:text=Indonesia%20menurut%20Hootsuite,Gambar%20dibawah%20ini%20menjelaskan%20data%20tren%20internet%20dan%20media%20sosial,Pengguna%20Internet%3A%20175%2C4%20juta

Rose, G. (2012). Visual Methodologies: An Introduction to Researching with Visual Materials. SAGE.

Siswanto, T. (2013). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86.

Surijah, E. A., Kirana, C. T., Wahyuani, N. P. J. D., Yudi, P. C., & Astini, N. K. B. A. (2017). Membedah Instagram: Analisis Isi Media Sosial Pariwisata Bali. Jurnal Psikologi Ilmiah, 9(1), 1–17.

Zarrella, D. (2010). The Social Media Marketing Book. O’Reilly.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.61





Article Metrics:

Abstract Views - 576

PDF Downloads - 426



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Heidy Arviani, Yuli Candrasari, Olivia Nibtia R, Aditya Ilham P

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2020 Heidy Arviani, Yuli Candrasari, Olivia Nibtia R, Aditya Ilham P

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :