
Analisis Personal Branding Selebgram Nonselebriti Akun Instagram @Lippielust
Abstract
Media sosial saat ini telah menjadi sarana dalam melakukan pemasaran maupun promosi baik barang, jasa, maupun personal khususnya salah satunya adalah Instagram. Untuk menjadi seorang selebgram dibutuhkan personal branding yang kuat, memiliki kekhasan, dan berbeda dari selebgram lainnya agar mempunyai eksistensi dan bertahan lama sebagai seorang selebgram di media sosial Instagram. Rissa merupakan seorang selebgram bukan selebriti, yang disebut selebgram nonselebriti. Personal Branding yang dilakukan Rissa menjadikannya sebagai endorser dan berhasil bekerja sama secara project professional dengan banyak brand dalam negeri maupun luar negeri. Rissa menjadi selebgram dengan fokus spesifik yaitu beauty yang lebih mengarah kepada lipstick. Penelitian ini membahas bagaimana kriteria Personal Branding selebgram nonselebriti. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan indikator 11 kriteria Authentic Personal Branding menurut Rampersad. Hasil penelitian ini, Personal Branding yang dilakukan Rissa memiliki kepribadian yang memiliki karakter, nilai-nilai, visi yang sesuai dengan ambisi pribadi, kode moral dan perilaku, konsisten, berfokus pada satu bidang, diakui dan berpengalaman, unik, terhubung dengan khalayak, memiliki hubungan yang baik dengan partner pekerjaan, dan selalu melakukan perbaikan diri dalam akun Instagram @lippielust.
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David. 2014. Aaker On Branding. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dyah, Andina. 2014. Studi Elaboration Likehood Model pada Pengaruh Selebgram (Selebriti Endorser Instagram) terhadap Minat Pembelian dalam Media Sosial Instagram. https://www.academia.edu/8370228/jurnal_all. diakses 15 Oktober 2017, Pukul 20.18)
Farhat, Rhesma & Khan, Bilal Mustafa. 2011. Celebrity Endorsement: A Congruity Measure of Personalities. Vol.1, No.1. http://iiste.org, diakses 15 Oktober 2017, Pukul 18.14)
Gane, Nicholas & Beer, David. 2008. New Media: The Key Concepts. USA: Berg.
Montoya, Peter. 2002. The Personal Branding Phenomenon. Nashville: Vaughan Printing.
Mulyana, Deddy. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. 2002. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rampersad. Hubert K. 2008. Authentic Personal Branding. Jakarta: PPM Publishing.
Salpeter, Miriam. Social Networking for Career Success: Using Online Tools to Create a Personal Brand. (e-book) http://en.bookfi.net/s/?q=online+media&t=0. Diakses 20 Oktober 2017.
Suryani, Tatik. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.6
Article Metrics:
Abstract Views - 2586
PDF Downloads - 2796
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta ISKI

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :