
Efektivitas Grup WhatsApp sebagai Media Komunikasi Organisasi di UMKM Pengolah Limbah Tekstil
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan grup WhatsApp sebagai media komunikasi di lingkungan UMKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap sejumlah karyawan dari berbagai departemen serta observasi langsung interaksi di grup WhatsApp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan grup WhatsApp sebagai media komunikasi organisasi memiliki beberapa keuntungan, seperti kemudahan berbagi informasi, peningkatan keterlibatan karyawan, dan efisiensi waktu. Penelitian ini memberikan wawasan penting mengenai peran teknologi komunikasi dalam meningkatkan efektivitas organisasi dan membangun hubungan kerja yang lebih baik di lingkungan perusahaan rendahan (UMKM).
References
Aprilia, D. S., & Melati, I. S. (2021). Pengaruh jumlah tenaga kerja, modal usaha dan bauran pemasaran terhadap keberhasilan usaha umkm sentra batik kota pekalongan. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1), 1-14.
Atmaja, H. E., & Novitaningtyas, I. (2021). Analisis Aspek Pemasaran UMKM di Masa Resesi Global Dampak dari Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Poli Bisnis, 1-11.
Bafadhal, O. M. (2017). Komunikasi Ritual Penggunaan Aplikasi WhatsApp: Studi Konsumsi Berita Lewat Group WhatsApp. Jurnal Komunikasi Indonesia, 1, 49-56.
Basry, A., & Sari, E. M. (2018). Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer Dan Informatika, 2(3), 53-60.
Christiana, I., Bahagia, R., Putri, L. P., & Sitorus, R. S. (2022). Peran komunikasi bisnis dalam membantu perkembangan umkm. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 3(1), 100-108.
Dewi, N. M. N. B. S. (2022). Studi Literatur Dampak Mikroplastik Terhadap Lingkungan. SOSIAL SAINS DAN TEKNOLOGI, 2(2), 239-250.
Faisal, M. (2014). Analisis Laju Alir Sampah Dan Emisi Carbon Yang Dihasilkan Kota Banda Aceh. Jurnal Teknik Kimia USU, 3(4), 6-11.
Fauziyah, F. (2020). Tantangan UMKM dalam Menghadapi Revolusi Industri
0 Ditinjau dari Aspek Marketing dan Accounting. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 5(2), 155-172.
Hanggraeni, Dewi, 2011, Perilaku Organisasi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta.
Hartani, T., Muljani, B. D., Lestari, I., & Sulindra, E. (2022). Tantangan Administration Professionals Selama Work from Home (WFH) dalam Membangun Komunikasi yang Efektif. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 7(1), 1-24.
Hasibuan, A., Fadila, A., Wulandari, P., & Gurky, S. A. Z. (2023). Gambaran Dampak Buangan Limbah Cair Industri terhadap Pencemaran Lingkungan yang dapat Mempengaruhi Kesehatan Masyarakat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 8771-8774.
Jumrad, O. T., & Sari, I. D. M. (2019). Fungsi Komunikasi dalam Organisasi melalui Group Chat Whatsapp Oriflame. Jurnal Common, 3(1), 104-114. Komarawidjaja, W. (2016). Sebaran limbah cair industri tekstil dan dampaknya di beberapa Desa Kecamatan Rancaekek Kabupaten
Bandung. Jurnal Teknologi Lingkungan BPPT, 17(2), 118-125.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.377
Article Metrics:
Abstract Views - 50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Haidar Abdurrohman, Naufal Nur A’lam, Qonita Diah Hidayati, Aminah Swarnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :