Komunikasi Persuasif Trailer Serial Drama dalam Menarik Minat Audiens

Allaysha Murtiawani, Anggun Nadia Fatimah, Menati Fajar Rizki, Wina Puspita Sari, Qoryna Noer Seyma

Abstract


Penayangan trailer pada sebuah serial drama memiliki peran penting dalam menarik minat audiens terhadap suatu tayangan. Seiring berkembangnya platform streaming digital, trailer mulai digunakan sebagai media komunikasi awal untuk membangun ketertarikan audiens terhadap serial yang akan dirilis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi persuasif dalam trailer dari serial Squid Game 2 melalui akun @netflixid, serta membahas makna simbolik yang terdapat dalam trailer. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi persuasif dan analisis semiotika Ferdinand de Sauusure dengan pendekatan penanda (signifer) dan petanda (signifed). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi dan dokumentasi beberapa scene dalam trailer yang berdurasi 1 menit 48 detik. Dari hasil observasi tersebut, telah ditemukan 12 scene yang merepresentasikan bentuk komunikasi persuasif yang diterapkan oleh Netflix untuk menarik minat audiens. Hasil penelitian menunjukkan, komunikasi persuasif yang digunakan oleh Netflix berupa teknik ganjaran, teknik tataan, teknik asosiasi, dan teknik integrasi. Sementara itu, analisis semiotika Ferdinand de Saussure menunjukkan simbol-simbol yang terdapat dalam trailer, membangun ekspektasi dan menciptakan keterikatan emosional audiens. Dengan demikian, hasil penelitian yang dapat disimpulkan adalah penelitian ini memberikan pemahaman komunikasi persuasif dengan pendekatan semiotik pada trailer dapat menjadi sarana efektif menarik minat audiens terhadap serial drama.


References


Alfathoni, M. A. M., & Manesah, D. (2020). Pengantar teori film. Deepublish.

Alya Dwi Yuliani, & Oji Kurniadi. (2023). Peranan Media Streaming dalam Menggantikan Televisi Konvensional di Kalangan Masyarakat. Jurnal Riset Manajemen Komunikasi, 3(2), 109–114. https://doi.org/10.29313/jrmk.v3i2.3140

Amalina, A. N., Sari, W. P., & Fatimah, A. N. (2024). Opini Publik mengenai Website haveaniesday. com dalam Membentuk Citra Anies Baswedan sebagai Calon Presiden 2024. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 13127–13139.

Anas, N. (2021). Komunikasi antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1–8. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/article/view/997/775

Arisetiana, E., T Simamora, P. R., & Perwirawati, E. (2023). Peranan Komunikasi Persuasif Dalam Strategi Marketing Perumahan Harmoni Asri. JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 8(1), 1. https://doi.org/10.46930/socialopinion.v8i1.3136

Budiman, D., Santoso, R., Sudewa, J., Astari, D. W., Sahar, F., Setyawati, D., Puspitaningrum, D., Sari, D. M., Firdauzi, A., & Fatimah, A. N. (2024). Digital Marketing Pengelolaan Pemasaran Online. PT Penamuda Media.

Darma, S., Sahri, G., Hasibuan, A., Wirta, I. W., Silitonga, I. D. B., Sianipar, V. M. B., Khoiriah, M., Rayhaniah, S. A., Purba, N. A., Supriadi, Jinan, A., & Jinan, A. (2022). Pengantar Teori Semiotika. Cv. Media Sains Indonesia, 23(4), 1–10. https://www.proquest.com/scholarly-journals/discerns-special-education-teachers-about-access/docview/2477168620/se-2?accountid=17260%0Ahttp://lenketjener.uit.no/?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info:ofi/fmt:kev:mtx:journal&genre=article&sid=ProQ:ProQ%3Aed

Dayu, B. S. A., & Syadli, M. R. (2023). Memahami Konsep Semiotika Ferdinand De Saussure dalam Komunikasi. … : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 01, 152–164. http://ojs.uninus.ac.id/index.php/LANTERA/article/view/2774%0Ahttp://ojs.uninus.ac.id/index.php/LANTERA/article/download/2774/1571

Dia, K., & Wahyuni, S. (2022). Teknik Komunikasi Persuasif Buya Yahya Pada Ceramah “Apa Dan Bagaimana Hijrah Itu?” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 19(1), 66–83. https://doi.org/10.30762/realita.v19i1.3411

Djamzuri, M. I., & Mulyana, A. P. (2022). Fenomena Netflix Platform Premium Video Streaming Membangun Kesadaran Cyber Etik Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi , Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta 2247 | Fenomena Netflix Platform Premium Video Streaming Membangu. 6(1), 2247–2254.

Estefina, S. (2025). Apa Itu Netflix: Panduan Lengkap Layanan Streaming Populer. Liputan6. https://www.liputan6.com/feeds/read/5868940/apa-itu-netflix-panduan-lengkap-layanan-streaming-populer?page=3

Fatimah, A. N. (2025). Learning Through Digital Media: Opportunities and Challenges among Indonesian Citizens. 5th Annual Civic Education Conference (5th ACEC 2024), 25–39.

Fatimah, A. N., Imsa, M. A., Sugiarto, A., & Hadinayu, A. (2024). Optimalisasi pengalaman belajar pada program pelatihan daring melalui adaptasi alat ukur e-learning learning experience. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(4), 957–967.

Fatimah, A. N., & Irwansyah. (2020). Indonesian version of FASER LX scale to measure Learner Experience: A validation study. E3S Web of Conferences, 211, 1–10. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202021101013

Hafizah, N., Fatimah, A. N., & Rizki, M. F. (2024). Komunikasi Persuasif Terkait Kesadaran Kesehatan Mental dalam Series “Daily Dose of Sunshine”: Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(4), 1655–1666. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i4.3065

Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697

Indinabila, Y., Wulandari, E. R., & Kusuma, Y. A. (2024). Analisis Marketing Public Relations pada Serial Netflix Squid Game Season 2. 34–46.

Jasmine, A. (2024). Squid Game 2 Jadi Serial Nomor Satu Netflix di 92 Negara Sehari Setelah Rilis. Tempo.Com. https://www.tempo.co/teroka/squid-game-2-jadi-serial-nomor-satu-netflix-di-92-negara-sehari-setelah-rilis-1187508

Kustiawan, W., Hidayati, J., Daffa, V., Hamzah, A., Harmain, M., Fadli, A., & Kuswananda, E. (2022). Keberadaan Ilmu Komunikasi dan Perkembangan Teori Komunikasi dalam Peradaban Dunia. Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(2), 73–76.

Laksitadewi, V. V. M. (2024). Analisis Persepsi Mahasiswa Surabaya Terhadap Film" Like and Share". UPN Veteran JAWA TIMUR.

Laras, N., & Rahmasari, G. (2023). Analisis Romantisme Dalam Film Habibie Ainun : Journal of Digital Communication and Design, 35–41.

Masruuroh, L. (2020). KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM DAKWAH KONTEKS INDONESIA. Scopindo Media Pustaka.

Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58–80. https://doi.org/10.25299/medium.2021.vol9(1).7443

Penyelenggara Jasa Internet Indonesia)APJII (Asosiasi. (2024). Internet Indonesia. Survei Penetrasi Internet Indonesia, 1–90. https://survei.apjii.or.id/survei/group/9

Prasetyo, M. E., & Mariska, K. D. (2024). Estetika Makna Visual Pada Trailer Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon Produksi 2023. 8(2), 1274–1287.

Rahmadani, R., Abidin, Z., & Utamidewi, W. (2025). Trailer K-Drama Moving Dan Minat Menonton K-Drama Di Disney+ Hotstar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 11, 216–224. https://doi.org/https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/9460

Sendari, anugerah ayu. (2023). Netflix adalah Layanan Streaming Film, Ketahui Paket dan Harganya. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5290866/netflix-adalah-layanan-streaming-film-ketahui-paket-dan-harganya?page=5

Setya Prihatining Tyas, Nazlah Azzahra, Bernika Meilani Ifada, & Noerma Kurnia Fajarwati. (2024). Peran Komunikasi Persuasif Dalam Media Sosial. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(2), 16–22. https://doi.org/10.59841/saber.v2i2.956

Subasita, T., & Paniradya, K. (2024). Representasi Pesan Moral dalam Film Topi Tindak Tanduk Subasita Karya Paniradya Kaistimewan. 7(02), 242–251.

Widhiatmoko, B. R., Arafat, F. S., & Nasution, R. A. (2022). Pengaruh Trailer Black Panther: Wakanda Forever Terhadap Minat Menonton Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(3), 351–357. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.383

Yunus Ahmad, M., Irwan, I., Ruhamah, R., Jannah, N. I., Hasanah, I., & Fadlul Arabi, R. (2024). Fenomena Korean Wave pada Kehidupan Mahasiswa di Kota Banda Aceh. Jurnal Adabiya, 26(1), 110. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.21626




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.363





Article Metrics:

Abstract Views - 19



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Allaysha Murtiawani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2025 Allaysha Murtiawani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :