
Efektivitas Tagline Musik Big Sale 11.11 Iklan Shopee dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Abstract
Shopee telah berhasil menciptakan fenomena pemasaran baru melalui penggunaan tagline musik dalam kampanye iklan mereka, khususnya pada event belanja tahunan Big Sale 11.11. Strategi pemasaran ini tidak hanya bertujuan untuk menarik perhatian audiens melalui nada yang catchy dan mudah diingat, tetapi juga untuk membangun loyalitas konsumen secara jangka panjang. Tagline musik yang digunakan secara berulang dalam berbagai media membuat iklan Shopee lebih dikenali, meningkatkan brand recall yang kuat dan engagement yang tinggi dari konsumen. Melalui musik, iklan Shopee mampu menciptakan asosiasi emosional yang positif, sehingga konsumen merasa lebih akrab dan terhubung dengan brand. Makalah ini akan mengkaji efektivitas tagline musik dalam memperkuat loyalitas konsumen dengan menggunakan pendekatan teori komunikasi untuk memahami pengaruhnya. Teori komunikasi yang relevan digunakan untuk menganalisis bagaimana pesan musik dapat diterima secara efektif oleh audiens dan berkontribusi pada peningkatan citra positif Shopee. Penelitian ini juga akan membahas bagaimana musik sebagai media komunikasi non-verbal dapat mempengaruhi emosi dan persepsi konsumen, serta memberikan kesan yang lebih mendalam, menciptakan preferensi dan kebiasaan belanja yang secara tidak langsung memperkuat posisi Shopee dalam persaingan industri e-commerce di Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.356
Article Metrics:
Abstract Views - 5
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 nala wardah, Dr. Nikmah Hadiati Salisah, S.Ip, M.Si

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :