Optimalisasi Host dalam Membangun Interaksi pada Siaran Live YouTube Bincang Online Inspiratif 

Ni Putu Limarandani, AA Ketut Patera, AA Aditya Kusuma Patera, Tuty Mutiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran host dalam membangun interaksi yang efektif selama siaran langsung YouTube, dengan studi kasus pada program Bincang Online Inspiratif edisi Hari Buku Anak Sedunia. Siaran langsung ini melibatkan pembahasan seputar literasi anak dan pentingnya buku anak dalam perkembangan pendidikan. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana host dapat memfasilitasi interaksi antara pembicara dan audiens, serta meningkatkan engagement penonton melalui strategi komunikasi yang tepat. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, di mana pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara dengan host dan penonton, serta analisis konten siaran. Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan host dalam membangun suasana yang akrab, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, serta pemberian ruang bagi audiens untuk berpartisipasi aktif sangat berpengaruh terhadap keberhasilan interaksi. Selain itu, pemanfaatan fitur-fitur interaktif YouTube, seperti chat dan polling, juga memainkan peran penting dalam meningkatkan keterlibatan penonton. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi penyelenggara acara siaran langsung dalam merancang strategi interaksi yang lebih efektif dan menarik bagi audiens di platform digital.


References


Daftar Pustaka

Abrams, D., & Hogg, M. A. (2020). Small Group Research: The Social Identity Perspective: Intergroup Relations, Self-Conception, and Small Groups. Sage Publications.

Alhakim, M. I. N. (2020). Pola Komunikasi Penanaman Doktrin Perjuangan Organisasi (Skripsi). Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Raden Fatah Palembang.

Amrullah, Z. A. (2020). Proses Pembentukan Identitas Sosial di Komunitas Pengemudi Ojek Online (Unpublished master's thesis). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Andayani, A., & Astuti, N. P. (2023). Pola Komunikasi dalam Ritual Adat Bali: Studi Kasus pada Upacara Pernikahan. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 16(2), 47-62.

Barker, C. (2020). Cultural Studies Theory and Practice. SAGE Publications.

Cangara, H. (2022). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Devito, J. A. (2021). The Interpersonal Communication Book (15th ed.). Boston: Pearson Education.

Dewi, M., & Putra, I. N. (2023). Pengaruh Media Sosial dalam Perubahan Pola Komunikasi di Masyarakat Hindu Bali. Jurnal Komunikasi Indonesia, 15(2), 120-135.

Effendy, O. U. (2020). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2020). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Henseler, J., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2020). A New Criterion for Assessing Discriminant Validity in Variance-Based Structural Equation Modeling. Journal of the Academy of Marketing Science.

Fornell, C., & Larcker, D. F. (2021). Evaluating Structural Equation Models with Unobservable Variables and Measurement Error. Journal of Marketing Research.

Forsdale, L. (2022). Communication and System Theory. New York: Wiley.

Ghozali, I. (2020). Structural Equation Modeling: Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan SmartPLS 3.0 (5th ed.). Universitas Diponegoro.

Julianti, I. A. (2020). Pola Komunikasi dalam Pernikahan Tradisional Hindu Bali: Sebuah Analisis Sosial Budaya. Jurnal Adat Bali, 12(1), 89-102.

Nurudin, N. (2010). System Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Pande, I. G. A. (2021). Komunikasi dalam Prosesi Pernikahan Adat Bali: Pengaruhnya terhadap Identitas Sosial. Bali Social Science Review, 10(3), 101-114.

Prasetya, W., Suyasa, K. A., & Dewa, A. K. (2022). Peran Komunikasi dalam Pembentukan Identitas Sosial dalam Upacara Pernikahan Bali. Jurnal Adat dan Budaya, 7(1), 23-35.

Primanda, C. P. (2022). Identitas Sosial Penggemar K-Pop (Studi Deskriptif Kualitatif Identitas Sosial K-Popers Kota Bandung). Universitas Pasundan.

Purnama, I. W. & Dewa, I. G. A. (2024). Komunikasi Verbal dan Non-Verbal dalam Prosesi Pernikahan di Bali: Pengaruh terhadap Identitas Sosial. Jurnal Budaya Bali, 8(2), 156-169.

Putri, C. P. (2022). Identitas Sosial Penggemar K-Pop (Studi Deskriptif Kualitatif Identitas Sosial K-Popers Kota Bandung). Universitas Pasundan.

Rogers, E. M. (2021). Diffusion of Innovations (5th ed.). New York: Free Press.

Sarwono, S. (2020). Statistik Multivariat untuk Penelitian Sosial dan Bisnis. Salemba Empat.

Saraswati, N., & Subagyo, H. (2021). Identitas Sosial dalam Perkawinan Masyarakat Bali: Analisis Kritis pada Prosesi Pernikahan. Bali Journal of Sociology, 14(3), 78-92.

Sumadiria, A. S. H. (2021). Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Smbiosa Rekatama Media.

Subrata, I. G. (2022). Globalisasi dan Modernisasi: Pengaruhnya terhadap Pola Komunikasi dalam Masyarakat Hindu Bali. Bali Studies, 18(3), 45-60.

Sutanto, Y. (2023). Komunikasi Sosial dalam Tradisi Pernikahan Wangsa Bali: Studi pada Paguyuban Agama Hindu Sukapura Cilincing. Jurnal Komunikasi Budaya, 11(4), 42-55.

Sutjiadi, N. (2024). Kekuatan Komunikasi dalam Pembentukan Identitas Sosial dalam Masyarakat Hindu Bali. Jurnal Ilmu Sosial dan Budaya, 12(1), 21-34.

Sutrisna, S. (2021). Konstruksi Identitas Sosial dalam Komunikasi Pernikahan Masyarakat Bali. Jurnal Sosial Budaya, 14(4), 98-112.

Taufik, A. (2021). Pola Komunikasi dalam Masyarakat Bali: Perubahan dan Tantangan di Era Digital. Bali Media, 22(1), 55-70.

Tajfel, H. (1982). Social Identity and Intergroup Relations. Cambridge University Press.

Tajfel, H., & Turner, J. C. (1979). An Integrative Theory of Intergroup Conflict. In W. G. Austin & S. Worchel (Eds.), The Social Psychology of Intergroup Relations. Brooks/Cole.

Turner, J. C., Brown, R. J., & Tajfel, H. (2020). Social Identity Theory and Intergroup Relations. Routledge.

Widhyastuti, C., Amrullah, Z. A., & Putri, C. P. (2021). Identifikasi Sosial dan Perbandingan Sosial dalam Komunitas Pengemudi Ojek Online. Jurnal Psikologi Sosial, 25(3), 112-125.

Widiawati, N. (2021). Komunikasi dan Adat: Studi Kasus Pola Komunikasi dalam Perkawinan Masyarakat Hindu Bali. Jurnal Budaya Bali, 9(2), 34-50.

Widyanti, S., & Dewa, A. (2023). Peran Komunikasi dalam Menguatkan Hubungan Sosial dalam Upacara Pernikahan Bali. Bali Social Journal, 9(2), 67-80.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.345





Article Metrics:

Abstract Views - 7



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ni Putu Limarandani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2025 Ni Putu Limarandani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :