Pengaruh Komunikasi Digital dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kesejahteraan Psikologis Siswa SMAN 78 Jakarta

Dewi Indriani Anggraeni, Dewi Indriani, Amelia Haness Mogi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi digital dan prokrastinasi akademik terhadap kesejahteraan psikologis siswa SMAN 78. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei, serta analisis regresi linear berganda untuk melihat hubungan antara variabel independen dan dependen. Sampel penelitian berjumlah 214 siswa, yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan 24 butir pertanyaan, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha = 0,732). Hasil penelitian menunjukkan, komunikasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis siswa (B = 0,206, p = 0,007), sedangkan prokrastinasi akademik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis (B = -0,171, p = 0,001). Uji determinasi menunjukkan bahwa R² = 0,084, yang berarti hanya 8,4% variabilitas kesejahteraan psikologis siswa dapat dijelaskan oleh komunikasi digital dan prokrastinasi akademik, sementara 91,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Uji F (p < 0,001) menunjukkan bahwa model regresi signifikan secara keseluruhan, meskipun daya prediksi model masih lemah. Kesimpulannya, komunikasi digital yang efektif dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis siswa, sedangkan prokrastinasi akademik yang tinggi dapat menurunkannya. Oleh karena itu, sekolah dan guru perlu mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran serta memberikan bimbingan kepada siswa dalam mengelola waktu dan tugas akademik secara lebih baik. Selain itu, penelitian selanjutnya dapat menambahkan variabel lain, seperti dukungan sosial dan stres akademik, untuk memahami faktor yang lebih luas dalam menentukan kesejahteraan psikologis siswa. 


References


DAFTAR PUSTAKA

Asteriou, D., & Hall, S. G. (2021). Applied Econometrics. Palgrave Macmillan.

Cohen, J., Cohen, P., West, S. G., & Aiken, L. S. (2021). Applied Multiple Regression/Correlation Analysis for the Behavioral Sciences. Routledge.

Creswell, J. W. (2020). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Field, A. (2018). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). SAGE Publications.

Ghasemi, A., & Zahediasl, S. (2019). Normality tests for statistical analysis: A guide for non-statisticians. International Journal of Endocrinology and Metabolism, 17(2), 1–6.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26. Universitas Diponegoro.

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2021). Basic Econometrics. McGraw-Hill.

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM. SAGE Publications.

Haryanto, A., & Sari, M. (2024a). Dampak Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 15(1), 45–58.

Haryanto, A., & Sari, M. (2024b). Intervensi Psikologis untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik: Sebuah Tinjauan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 45–58.

Kim, S., Kim, H., & Wang, Y. (2020). Digital communication and learning engagement: An empirical study in higher education. Educational Technology Research and Development, 68(3), 1201–1219.

Lemeshow, S., Hosmer, D. W., Klar, J., & Lwanga, S. K. (2021). Adequacy of Sample Size in Health Studies. Wiley.

Lestari, D., & Pratama, R. (2024). Digital Learning and Student Engagement: A Study on Online Education. Educational Review, 32(2), 120–135.

Lestari, F., & Pratama, R. (2024). Dampak Prokrastinasi Akademik terhadap Kesehatan Mental Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Kesehatan Mental Remaja, 8(2), 76–90.

Menard, S. (2021). Applied logistic regression analysis. SAGE Publications.

Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis using IBM SPSS. Routledge.

Rahman, B. (2021). The Role of Digital Media in Enhancing Student Motivation. Journal of Digital Education, 10(3), 99–112.

Rahman, T., Nugroho, A., & Fitriani, D. (2021). Hubungan antara Prokrastinasi Akademik dan Tingkat Stres pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Remaja, 10(3), 123–135.

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Self-Determination Theory: Basic Psychological Needs in Motivation, Development, and Wellness. Guilford Press.

Ryff, C. D., & Keyes, C. L. M. (2020). The structure of psychological well-being revisited. Journal of Personality and Social Psychology, 69(4), 719–727.

Santoso, B., & Putri, L. (2023). Pengaruh Distraksi Digital terhadap Perilaku Menunda Tugas Akademik. Jurnal Teknologi Dan Pendidikan, 9(4), 210–225.

Santoso, T., & Putri, A. (2023). Komunikasi Digital dalam Dunia Pendidikan: Peluang dan Tantangan. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 67–80.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (7th ed.). Wiley.

Setiawan, H., & Dewi, N. (2023). Manajemen Waktu sebagai Strategi Mengurangi Prokrastinasi Akademik pada Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 15(1), 34–50.

Steel, P., & Klingsieck, K. B. (2020). Academic procrastination: Psychological antecedents and interventions. Educational Psychology Review, 33(1), 1–19.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sullivan, H. S., & Katz, J. E. (2022). The impact of digital communication on student well-being. Education and Information Technologies, 27(3), 567–589.

Tabachnick, B. G., & Fidell, L. S. (2021). Using Multivariate Statistics. Pearson.

Tuckman, B. W., & Schouwenburg, H. C. (2019). Procrastination and Performance in Academic Settings: Understanding the Link. Educational Psychology Review, 31(2), 213–229.

Wijayanti, S. (2022). The Effects of Digital Learning on Student Performance. International Journal of Educational Research, 29(4), 145–160.

Yulianto, R. (2022). Motivasi Intrinsik dan Prokrastinasi Akademik pada Siswa SMA. Jurnal Psikologi Pendidikan Indonesia, 14(3), 187–200.

Zhao, Y., Liu, L., & Zhang, X. (2021). Digital learning and student well-being: A systematic review. Computers & Education, 173, 104292.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.341





Article Metrics:

Abstract Views - 4



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dewi Indriani Anggraeni, Dewi Indriani, Amelia Haness Mogi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2025 Dewi Indriani Anggraeni, Dewi Indriani, Amelia Haness Mogi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :