
Fungsi Humas Universitas Negeri Jakarta dalam Membangun Citra Kampus Ramah Disabilitas
Abstract
Seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan pendidikan inklusif di Indonesia, khususnya di Jakarta, Humas universitas memegang peran penting dalam membangun komunikasi publik yang aksesibel dan ramah bagi mahasiswa disabilitas. Humas Universitas Negeri Jakarta berperan dalam membangun citra kampus yang inklusif melalui komunikasi publik, branding inklusif, dan kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan. Penelitian ini mengacu pada Teori Excellence, dan menggunakan pendekatan kualitatif untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan Humas Universitas Negeri Jakarta dalam mensosialisasikan layanan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan, Humas Universitas Negeri Jakarta sangat aktif melakukan publikasi, pemanfaatan media sosial, serta menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan berbagai pihak di kampus untuk menciptakan lingkungan kampus ramah disabilitas. Namun ada tantangan yang dihadapi seperti keterbatasan tenaga ahli bahasa isyarat. Oleh karena itu, peran Humas Universitas Negeri Jakarta dalam mendukung dan edukasi layanan inklusif perlu lebih ditingkatkan untuk memperkuat citra kampus ramah disabilitas
References
Amalia, V. (2020). Strategi Komunikasi Humas dalam Meningkatkan Public Trust di Perguruan Tinggi (Studi Kasus di Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.812
Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Al Qalam Media Lestari.
Anjani, R. (2024). Inovasi Konten Televisi Universitas Gunadarma sebagai Media Edukasi dan Hiburan Pasca Analog Switch Off. 7(02), 217–229.
Berseli, M., Sembiring, K., Ifdil, I., & Fitria, L. (2018). The Concept of Student Interpersonal Communication. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 4(2), 129–134.
Bourne, L. (2016). Targeted Communication: The Key to Effective Stakeholder Engagement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 226, 431–438.
Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif. Kencana.
Çelebi, E. (2020). Public relations in public institutions: A research on the effectiveness of communication process. Journal of Human Sciences, 17(3), 768–779. https://doi.org/10.14687/jhs.v17i2.5970
Dikti Kemdikbud. (2024). Survei perguruan tinggi yang memiliki Unit Layanan Disabilitas – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. https://dikti.kemdikbud.go.id/pengumuman/survei-perguruan-tinggi-yang-memiliki-unit-layanan-disabilitas/#_msocom_1
Dipa, A. K., Hafiar, H., & Rahmat, A. (2022). Pemahaman Humas Lembaga Perguruan Tinggi Tentang Reputasi di Era Digital Public Relations. Jurnal Audience: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 209–225.
Effendi, E., Medvi, A., Rinaldi, A. D., Mufida, D. N., & Sugiharto, R. (2024). Strategi Public Relations Partai Persatuan Pembangunan dalam Membangun Citra Positif Masyarakat di Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 4129–4137. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/13022
Grave, A. De. (2022). Penelitian Kuantitatif vs Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif (p. 26). Pradina Pustaka.
Grunig, J. E. (2013). Excellence in Public Relations and Communication Management (e-book). Routledge.
Harapan, E., Suyatno, & Ahmad, S. (2019). Komunikasi Antarpribadi: Perilaku Insani Dalam Organisasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=0955EAAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
Haryono, C. G. (2023). Digital Public Relations: Pemanfaatan Big Data, SEO, CSR, dan Komunikasi Krisis dalam Kegiatan Public Relations di Era Digital. Kencana.
Hong, B. (2015). Qualitative Analysis of The Barriers College Students with Disabilities Experience in Higher Education. Journal of College Student Development, 56(3), 209–226.
Ishaq, R. el. (2017). Public Relations: Teori dan Praktik. Intrans Publishing.
Ismail, M. I., & Ilyas, N. I. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (1st ed.). Raja Grafindo Persada.
Juhji. (2020). Definisi, Perkembangan, Fungsi, dan Peran Humas Lembaga Pendidikan. In Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan (pp. 10–12). Penerbit Widina.
Juliansyah, E. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja PDAM Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 3(2), 19–37.
Kemendagri. (2024). Data Jumlah Penyandang Disabilitas yang Melakukan Pencatatan NIK menurut Kelompok Umur, Jenis Kelamin dan Jenis Disabilitas. https://e-database.kemendagri.go.id/kemendagri/dataset/1168/tabel-data
Kriyantono. Rachmat. (2015). Konstruksi Humas Dalam Tata Kelola Komunikasi Lembaga Pendidikan Tinggi di Era Keterbukaan Informasi Publik. Jurnal Pekommas, 18(2), 117–126.
Liputan6.com. (2018). Meski Sempat Disepelekan, Kini Dosen Tunarungu Itu Berdayakan Ribuan Orang Disabilitas. https://www.liputan6.com/health/read/3375730/meski-sempat-disepelekan-kini-dosen-tunarungu-itu-berdayakan-ribuan-orang-disabilitas
Low, S. R. (2022). Public Relations In Higher Education: A Confirmatory Analysis Of Grunig’s Excellence Theory. Journal of Positive School Psychology, 6(8), 10594–10598.
LP3M UNJ. (2024). Strategi Layanan Pendidikan Khusus Untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi - LP3M UNJ. https://lp3m.unj.ac.id/archives/1743
LPM Progress. (2024). Menggapai Asa di Tengah Keterbatasan: Perjuangan Mahasiswa Disabilitas Unindra. https://lpmprogress.com/post/menggapai-asa-di-tengah-keterbatasan-perjuangan-mahasiswa-disabilitas-unindra
Mahdar, Satyadharma, M., Susanti, N., & Karamani, D. D. (2024). Komunikasi Petugas dalam Peningkatan Layanan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara). JMDR Jurnal Digital Media & Relationship, 6(1), 1–8.
Mahfuzhah, H., & Anshari, A. (2018). Media Publikasi Humas Dalam Pendidikan. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i2.395
Majoko, T. (2017). Regular teacher preparation for inclusion. International Journal of Special Education, 32(1), 207–236.
Moriña, A., Perera, V. H., & Carballo, R. (2020). Training Needs of Academics on Inclusive Education and Disability. SAGE Open, 10(3), 2158244020962758.
Morissan. (2014). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Kencana Prenada Media Group.
Muthiah, F. (2021). Peran Social Networking Sites dalam meningkatkan Stakeholder Engagement: A Literature Review. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 5(2), 86–104. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2161
Naufal, M. F., & Husnita, H. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Penyandang Disabilitas Ganda. Borobudur Communication Review, 2(2), 67–73. https://doi.org/10.31603/bcrev.5656
Nova, F. (2011). Crisis Public Relations: Bagaimana Strategi PR Menghadapi Krisis, Membangun Citra dan Reputasi Perusahaan. Raja Grafindo Persada.
Pratama, D. W., & Roesminingsih, E. (2023). Manajemen Humas pada Sekolah Inklusi. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 11(01), 1–18. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/56993
Priyatna, C. C., Prastowo, FX. A. A., Syuderajat, F., & Sani, A. (2020). Optimalisasi teknologi informasi oleh lembaga pemerintah dalam aktivitas komunikasi publik. Jurnal Kajian Komunikasi, 8(1), 114. https://doi.org/10.24198/jkk.v8i1.26115
Ptinklusif.kemdikbud.go.id. (2022). Daftar Perguruan Tinggi yang menerima mahasiswa disabilitas. https://ptinklusif.kemdikbud.go.id/s/5/sebaran-mahasiswa-disabilitas
Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan. (2023). Pendaftaran Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) 2023 Telah Dibuka. https://puslapdik.kemdikbud.go.id/pendaftaran-beasiswa-afirmasi-pendidikan-tinggi-adik-2023-telah-dibuka/
Putri, T. S., & Wijaya, L. S. (2024). Peran dan Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Perbankan. Jurnal Pustaka Komunikasi, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.32509/pustakom.v7i1.2686
Rayhaniah, S. A. (2021). Strategi dan Perencanaan Komunikasi. In Public Relations (p. 81). Widina Bhakti Persada Bandung.
Rengganis, G. P., & Purbaningrum, D. G. (2024). Implementasi Kebijakan Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas Di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Jurnal Media Administrasi, 9(1), 27–40. https://doi.org/10.56444/jma.v9i1.1399
Restendy, M. S. (2019). Model Belajar Dan Komunikasi Anak Disabilitas Tunarungu Wicara Di Taman Pendidikan Al Quran Luar Biasa (Tpqlb) Spirit Dakwah Indonesia Tulungagung. Jurnal Komunika Islam: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Kajian Islam, 6(1), 58–74.
Rondonuwu, S. A. (2018). Peran Public Relations Terhadap Meningkatkan Citra Perusahaan Pt. Trakindo Manado. Jurnal Administrasi Publik, 3(42), 1–11.
Ruliana, P., & Dwiantari, R. (2015). Strategi Public Relations Hotel dalam Membentuk Citra Objek Wisata. Jurnal ASPIKOM, 2(4), 255. https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i4.76
Sa’diah, A. K. (2018). Manajemen Relasi Hubungan Masyarakat PT. Petrokimia Gresik. Jurnal EMBA, 9(2), 44–57.
Sari, G. G., & Hardianti, G. (2021). Implementasi Excellence Public Relations dalam Pengelolaan Konflik oleh Energi Mega Persada Bentu Limited. CoverAge: Journal of Strategic Communication, 11(2), 67–78. https://doi.org/10.35814/coverage.v11i2.2017
Sari, L. A., & Supriyanto, A. (2022). Peran Humas Sebagai Fasilitator Publikasi Informasi dan Dokumentasi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 1–5. https://doi.org/10.21009/jmp.v13i1.27048
Seitel, F. P. (2016). The Practice of Public Relations (13th ed.). Pearson Education.
Sekretariat Nasional SDGs. (n.d.). GOAL 4. https://sdgs.bappenas.go.id/17-goals/goal-4/
Smith, R. D. (2020). Strategic Planning for Public Relations (6th ed.). Routledge.
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2012). Dasar-dasar public relations (8th ed.). Remaja Rosda Karya.
Sutjipto, A. M., Pinariya, J. M., & Suwana, F. (2023). International student experience in Indonesia and public diplomacy consequences: Governance of Darmasiswa program. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1419–1428. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.22703
Tench, R., & Waddington, S. (2021). Exploring Public Relations and Management Communication. Pearson.
Times Indonesia. (2023). Kepedulian Rektor UNJ Untuk Wujudkan Kampus Yang Aman, Nyaman, dan Bebas dari Perundungan dan Kekerasan Seksual Melalui Pakta Integritas Bersama. https://timesindonesia.co.id/indonesia-positif/458440/kepedulian-rektor-unj-untuk-wujudkan-kampus-yang-aman-nyaman-dan-bebas-dari-perundungan-dan-kekerasan-seksual-melalui-pakta-integritas-bersama
UNJ. (2024). Komitmen Kampus Inklusif, Mahasiswa Difabel Tampil Memukau di PKKMB UNJ Tahun 2024 – UNJ. https://www.unj.ac.id/komitmen-kampus-inklusif-mahasiswa-difabel-tampil-memukau-di-pkkmb-unj-tahun-2024/
Vardiansyah, D. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Ghalia Indonesia.
West, R., & Turner, L. H. (2022). Interpersonal Communication (5th ed.). Sage Publications.
Zakiyah, U., & Fadiyah, D. (2020). Inovasi Pelayanan Transportasi Publik Ramah Penyandang Disabilitas di DKI Jakarta. ADMINISTRATIO: Jurnal Ilmu Administrasi Publik Dan Pembangunan, 11(1), 29–36.
Zerfass, A., Verčič, D., Nothhaft, H., & Werder, K. P. (2018). Strategic Communication: Defining the Field and its Contribution to Research and Practice. International Journal of Strategic Communication, 12(4), 487–505. https://doi.org/10.1080/1553118X.2018.1493485
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.319
Article Metrics:
Abstract Views - 19
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Arwinda Audiary Silitonga, Janette Maria Pinariya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :