Pengaruh Media Sosial YouTube “Bincang Online Inspiratif” Edisi Kemerdekaan, Pancasila dan Ibu Kota Nusantara terhadap Kreativitas Pelajar Tambun Selatan

Ni Putu Limarandani, Tuty Mutiah, AAA Kusuma Patera, AA Ketut Patera

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi dampak media sosial, khususnya YouTube dan program bincang online inspiratifnya terhadap pembentukan karakter dan pemahaman Pancasila di kalangan pemuda Indonesia, terutama pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Penelitian ini berfokus pada bagaimana konten bincang online memengaruhi sikap dan nilai-nilai pemuda. Kebaharuan penelitian ini terletak pada eksplorasi bagaimana platform digital seperti YouTube memengaruhi nilai dan kreativitas pemuda dalam konteks pendidikan Pancasila pada pembentukan karakter dan pemahaman nilai-nilai nasional di kalangan pemuda, memberikan wawasan penting tentang bagaimana alat digital dapat digunakan untuk pengembangan karakter dan penguatan identitas nasional. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, peneliti mengumpulkan dan menganalisis data dari 55 responden melalui observasi dan dokumentasi. Metode analisis data melibatkan uji validitas, reliabilitas, serta analisis statistik yang meliputi uji regresi linear sederhana, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil analisis menunjukkan, YouTube memiliki pengaruh signifikan terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan. Nilai signifikansi dari uji regresi linear sederhana adalah 0,000, yang kurang dari 0,05, menunjukkan bahwa pengaruh YouTube terhadap kreativitas pelajar SMAN 1 Tambun Selatan sangat signifikan. Selain itu, koefisien determinasi sebesar 40% mengindikasikan bahwa sekitar 40% variasi dalam kreativitas pelajar dapat dijelaskan oleh pengaruh YouTube. Uji hipotesis juga mengungkapkan, nilai thitung (5,891) lebih tinggi daripada nilai ttabel (2,005), yang mengonfirmasi adanya pengaruh signifikan dari YouTube terhadap kreativitas pelajar. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, sementara hipotesis nol (H0) ditolak, menegaskan bahwa program bincang online inspiratif di YouTube memiliki dampak signifikan terhadap kreativitas pelajar di SMAN 1 Tambun Selatan. 


Full Text:

PDF

References


Amalia Ferniansyah, Siti Nursanti, L. N. (2021). Pengaruh media sosial TikTok terhadap kreativitas berpikir generasi Z. Jurnal Ilmiah Indonesia.

Anderson, C., & Brown, T. (2020). New media and creative processes: Understanding user engagement on platforms like TikTok and YouTube. International Journal of Communication, 14(3), 112-128. https://doi.org/10.1093/ijc/ijc013

Berg, B. L., & Lune, H. (2012). Qualitative Research Methods for the Social Sciences. Pearson.

Billi Silvia Damayanti (2019). Tari Rereyogan di Sanggar Kembang Sore ditinjau dari aspek sosial budaya.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Hj., Dr. Kamila Adnani, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. EFUDEPRESS.

Jones, R., & Davis, K. (2023). Uses and gratifications theory in the digital age: Implications for social media use and creativity. Journal of Digital Media & Policy, 14(4), 87-102. https://doi.org/10.1386/jdmp.14.4.87_1

Klaassen, K. (2022). The impact of social media on creativity: An empirical study. Journal of Media Studies, 14(2), 45-59. https://doi.org/10.1080/12345678.2022.1234567

Neneng Afiah (2021). Peningkatan kreativitas dan inisiatif guru melalui model e-learning dengan media video di Sekolah Dasar Negeri Kubang Kemiri Kota Serang tahun pelajaran 2020/2021. ISSN Online: 2597-3622, 73-84.

Prof. Dr. Sugiyono (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); Edisi Kedua). ALFABETA BANDUNG.

Silverman, D. (2013). Doing Qualitative Research. Sage Publications.

Smith, J. A., & Johnson, L. M. (2021). Exploring the role of social media in creative expression: A review. Media Psychology Review, 19(1), 32-47. https://doi.org/10.1080/98765432.2021.1234567

Sumarni (2019). Kognisi dan kreativitas sebagai aktualisasi human self di era generasi Z. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 8(2), 155–168. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/altazkiah/article/view/1194

Yudi1, K., Dr. Herning Suryo Sarjono, M. S., Andri Astuti Intisari, S. S., & M.I.Kom. (2022). Kreativitas pelajar ilmu komunikasi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam penggunaan aplikasi TikTok untuk eksistensi diri.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i2.294





Article Metrics:

Abstract Views - 37

PDF Downloads - 18



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ni Putu Limarandani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2024 Ni Putu Limarandani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :