
Peran Buzzer Politik Ganjar-Mahfud dalam Pembentukan Opini Publik di Media Sosial X
Abstract
Pada era pesta demokrasi buzzer dianggap menjadi keharusan bahkan di dunia politik, buzzer ikut berperan dalam menggiring opini publik di media sosial melalui unggahannya. Unggahan buzzer politik di media sosial X menjadi berbahaya ketika dibuat untuk menyebarkan hoax, melebih-lebihkan, fitnah, dan hatespeech yang berpotensi membuat perpecahan di tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisa peran buzzer politik Ganjar – Mahfud dalam pembentukan opini publik di media sosial X. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian etnografi virtual. Subjek penelitian adalah buzzer Ganjar-Mahfud. Objek penelitiannya adalah unggahan gambar, komentar, thread, repost terkait pembentukan opini publik yang dibuat buzzer pada Januari 2024. Temuan penelitian adalah: peran buzzer Ganjar-Mahfud tidak dapat dipisahkan dari: (1) mem-viralkan tagar atau kata kunci agar masuk ke dalam trending topik X guna mendapatkan perhatian nitizen: (2) kampanye terbagi menjadi tiga tipe, yaitu kampanye positif (positive campaign), kampanye negatif (negative campaign), dan kampanye hitam (black campaign); (3) buzzer Ganjar-Mahfud berperan dalam pembentukan opini publik bagi pengguna media sosial X.
Full Text:
PDFReferences
Alam, A. Z., Aryandari, C., & Saputra, A. T. (2023). Social Media Engagement Ngayogjazz Sebagai Festival Musik Di Yogyakarta. 13(2), 132–153. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/harmoni
B. Arianto, “Salah Kaprah Ihwal Buzzer: Analisis Percakapan Warganet di Media Sosial,” JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, vol. 5, no. 1, pp. 1-20, Apr. 2020. https://doi.org/10.14710/jiip.v5i1.7287
Juditha, Christiany. (2019). Buzzer di Media Sosial pada Pilkada dan Pemilu Indonesia. Jurnal Kominfo. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi dan Informatika, vol 3.
Cahyo Nugroho Peneliti BPPKI Jakarta Badan Litbang SDM Kementerian Kominfo,
A. R., Pegangsaan Timur No, J., & Jakarta Pusat, B. (n.d.). Representasi Polity Dan Trivia Dalam Agenda Media (Studi Agenda Media SK Ibukota) Polity And Trivia Representation In Media Agenda (Agenda Media Study In Capital Newspapers).
Fajar Maulana, H. (2022). Peran Buzzer Politik Dalam Pembentukan Opini Publik Mendukung Anies Baswedan Di Media Sosial Twitter. Juni, 6(1), 111–122.
Felicia, F., & Loisa, R. (2019). Peran Buzzer Politik dalam Aktivitas Kampanye di Media Sosial Twitter. Koneksi, 2(2), 352. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3906
Hafied Cangara, Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi, (Jakarta: Rajawali Pers, 2009), hlm. 36.
Iswandi Syahputra, Opini Publik (Bandung: Simbiosa Rekatama Meida, 2018) h 6-7. http://digilib.uin-suka.ac.id/30138/
Kurnia, Nadhifa Salsabila (2019) Aktivitas Blogging Pada Komunitas Blogger Perempuan Network (BPN)(Studi Etnografi Virtual Mengenai Aktivitas Blogging Pada Anggota Komunitas Blogger Perempuan Network di Situs bloggerperempuan.co.id)
Mustika, R. (2019). Pergeseran Peran Buzzer Ke Dunia Politik Di Media Sosial. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 2(2), 144–151. https://doi.org/10.17933/diakom.v2i2.60
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samad, I. (2021). Opini Publik Eksternal Tentang Pembentukan Citra Kota Parepare. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare. 6–22. http://repository.iainpare.ac.id/id/eprint/2795
Suhana (2017) Analisa Opini Publik Terhadap Pemberitaan Pemberlakuan Hukum Kebiri Bagi Pelaku Kejahatan Seksual Dari Perspektif Islam (Studi Pada Masyarakat Rt 04/Rw02 Kelurahan Talang Mandi Sebanga Duri,Riau), 20.
Syahputra, I. (2019. Opini Publik. Bandung: Simbiosa Rekatama Meida. http://digilib.uin-suka.ac.id/30138/
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i2.290
Article Metrics:
Abstract Views - 116
PDF Downloads - 77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Novita Ika Purnamasari, Anjas Wijanarko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :