
Komunikasi Organisasi Event Project Team dan Account Executive pada Event Organizer Twisbless
Abstract
Berhasilnya sebuah event membutuhkan komunikasi yang baik di antara tim project dan Account Executive yang terlibat dalam event tersebut. Project Team dalam sebuah event organizer yang bertugas untuk mengeksekusi acara di lapangan sedangkan tugas dari account executive adalah menjaga komunikasi antara tim internal perusahaan dengan kliennya serta menampung segala hal yang dibutuhkan dan diinginkan klien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui arus komunikasi organisasi yang diterapkan oleh tim project dan account executive di Event Organizer Twisbless serta mengetahui hambatan komunikasi organisasi yang ada di Twisbless. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi organisasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan Twisbless yang berperan sebagai tim project dan account executive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi terhadap empat orang narasumber yang bekerja di Twisbless. Temuan penelitian: komunikasi organisasi yang diterapkan oleh tim project dan account executive di Twisbless adalah komunikasi internal dan eksternal dimana komunikasi internal terbagi menjadi empat arus yaitu, komunikasi arus atas, komunikasi arus bawah, komunikasi diagonal, dan komunikasi horizontal. Lalu terdapat berbagai macam hambatan yang ada dalam proses komunikasi organisasi yaitu gangguan teknis, gangguan semantik, rintangan fisik, gangguan psikologi dan rintangan kerangka berpikir sehingga menimbulkan kendala dan dampak yang berpengaruh terhadap kelancaran suatu event.
Full Text:
PDFReferences
Cangara, H. (2016). Pengantar Ilmu Komunikasi (Edisi 2, Cetakan ke-17). Jakarta, Indonesia: PT RajaGrafindo Persada.
Effendy, O. U. (2011). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. (Cetakan ke-23). Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Liliweri, A. (2014). Sosiologi & Komunikasi Organisasi. Jakarta, Indonesia: PT Bumi Aksara.
Mulyana, D. (2013). Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Natoradjo, S. (2011). Dasar-Dasar Event Management. Jakarta, Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.
Noor, A. (2017). Manajemen Event. (Edisi Revisi, Cetakan ke-3). Bandung, Indonesia: Alfabeta.
Pace, R. W., & Faules, D. F. (2013). Komunikasi Organisasi (Cetakan ke-8). (D. Mulyana, Editor). Bandung, Indonesia: PT Remaja Rosdakarya.
Suseno, I. K. (2005). Cara Pinter Jadi Event Organizer. Yogyakarta, Indonesia: Galang Press.
Syaikhon, A. (2013, Desember 28). Sejarah Event Organizer di Indonesia. Diperoleh 08 November 2017 dari: http://www.neraca.co.id/article/36565/sejarah-event-organizer-di-indonesia
Twisbless. (n.d.). Homepage. Diperoleh 08 November 2017 dari http://www.twisbless.com/
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.29
Article Metrics:
Abstract Views - 1028
PDF Downloads - 1510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :