
Pemanfaatan Informasi Polusi Plastik pada Media Sosial terhadap Perilaku Konsumsi Hijau Generasi Z
Abstract
Polusi plastik telah mengancam kelestarian lingkungan dan ekosistem. Isu polusi plastik masuk dalam program SDGs global maupun SDGs Indonesia. Intervensi untuk mengurangi sampah plastik menjadi agenda penting mengingat di Indonesia sendiri infrastuktur dan teknologi belum mampu mengejar laju urbanisasi, diperparah dengan kesadaran masyarakat yang masih kurang terhadap pentingnya mengolah sampah rumah tangga serta dampak sampah sampah plastik terhadap kerusakan lingkungan. Dalam rangka mendukung program pemerintah dalam mengurangi sampah, maka kesadaran dan aksi masyarakat harus ditingkatkan terhadap konsumsi hijau. Media sosial sebagai media yang menduduki peringkat pertama sumber pencarian informasi di Indonesia memiliki peranan vital dalam membangun ekosistem masyarakat sadar lingkungan khususnya bagi generasi Z sebagai populasi dengan jumlah dominan di Indonesia. Informasi pada media sosial diharapkan dapat membangun kesadaran, mengedukasi serta mendorong aksi konsumsi hijau generasi Z. Penelitian ini menggunakan Theory Planned Behavior dengan variable attitude toward green consumption, subjective norm, perceived behavioral control, intention to green consumption, dan green consumption behavior serta konsep Sosial Media dengan dimensi intrinsic quality, representational quality dan contextual quality. Paradigma penelitian positivistik, metodologi kuantitatif eksplanatif dengan metode survey terhadap mahasiswa generasi Z di wilayah urban maupun sub urban. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh informasi sosial media terhadap sikap perilaku hijau dan terhadap norma subyektif. Sikap berpengaruh negatif namun tidak signifikan terhadap niat konsumsi hijau. Norma subyektif berpengaruh positif namun tidak berdampak signifikan terhadap niat konsumsi hijau. Kontrol perilaku memiliki pengaruh terhadap niat konsumsi hijau dan terhadap perilaku konsumsi hijau. Niat perilaku hijau memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau.
Full Text:
PDFReferences
Agustina, A., Halim, U., Hidayat, N., & Marta, R. F. (2024). Pertentangan Kecemasan dan Perilaku dalam Membentuk Sikap Politik Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 22(1), 141–155.
Aisyah, N., Rustono, D., Marta, F., & Briandana, R. (2024). Media Sosial dan Aktivisme Digital Perempuan: Analisis Wacana # Ibutunggalmelawan di Instagram Social Media and Women ’ s Digital Activism : Discourse Analysis # Ibutunggalmelawan on Instagram. Jurnal Komunikasi, 18(April), 109–132. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol18.iss2.art1
Aisyah, S., & Nursatyo. (2024). Kebijakan Redaksionalmedia Online dalam Menyebarkan Berita Melalui Media Sosial. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(2), 33–50.
Alexandra, Suryawati, I. G. A., & Joni, I. D. A. S. (2021). Strategi komunikasi Bye Bye Plastic Bags dalam mengedukasi masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 1–6.
Asnawi, M. H. (2020). Ketidaksantunan Berbahasa Pada Islamophobia di Media Sosial. Jurnal Ilmu Budaya, 8(2), 259–267. https://doi.org/10.34050/jib.v8i2.11029
Ayu, A. M., & Anggraini, K. D. (2023). Film Aquaman Sebagai Media Kampanye Kesadaran Lingkungan Global. Jurnal Netnografi Komunikasi, 2(1), 19–26. https://doi.org/10.59408/netnografi.v2i1.15
Azmi, N. J., Omar, N. A. M., Zaid, S. B. M., Wahab, Z., & Yusof, A. (2015). Media portrayal on global climate change: An analysis of Malaysian mainstream newspapers. Studies in Media and Communication, 3(1), 73–78.
Bentley, A. P. K., Petcovic, H. L., & Cassidy, D. P. (2019). Development and validation of the anthropogenic climate change dissenter inventory. Environmental Education Research, 25(6), 867–882.
Boer, R. (2019). Peran Generasi Muda dalam Pemanfaatan Media Sosial untuk Relationship Marketing dan Mata Najwa Sebagai Bagian dari Strategi. Jurnal Ultimacomm, 11(2), 109–128.
Briandana, R., & Christanto, H. (2023). Social interactivity and member roles in Digimon fandom group: a netnography study. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(3), 837–850. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i3.6203
Briandana, R., Doktoralina, C. M., Hassan, S. A., & Hasan, W. N. W. (2020). Da’wah communication and social media: The interpretation of millennials in southeast Asia. International Journal of Economics and Business Administration, 8(1), 216–226. https://doi.org/10.35808/ijeba/543
Briandana, R., & Dwiyas, N. A. (2020). Conventional marketing communication tools for residential products in digital era. Technium Social Sciences Journal, 7, 193–205.
Briandana, R., Fasta, F., Mihardja, E. J., & Qasem, A. (2021). Analisis Penerimaan Khalayak terhadap Konten Vlog. Jurnal ASPIKOM, 6(2), 303–314. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v6i2.921
Briandana, R., & Mohamad Saleh, M. S. (2022). Implementing Environmental Communication Strategy Towards Climate Change Through Social Media in Indonesia. Online Journal of Communication and Media Technologies, 12(4), e202234. https://doi.org/10.30935/ojcmt/12467
Carlson, C. J., Albery, G. F., Merow, C., Trisos, C. H., Zipfel, C. M., Eskew, E. A., Olival, K. J., Ross, N., & Bansal, S. (2022). Climate change increases cross-species viral transmission risk. Nature, 1.
Clara, Y. Y., Kurniawati, L. S. M. W., Marta, R. F., & Shukla, A. K. (2021). Post-Industrial Motivation Polemics Behind the Issue of Cross-Media Plastic Bags Diet. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 7(2), 163. https://doi.org/10.30813/bricolage.v7i2.2749
Dwityas, N. A., & Briandana, R. (2017). Social media in travel decision making process. International Journal of Humanities and Social Sciences, 7(7), 291–292.
Ekolu, S. O., & Quainoo, H. (2019). Reliability of assessments in engineering education using Cronbach’s alpha, KR and split-half methods. Global Journal of Engineering Education, 21(1), 24–29.
Guo, Y. M., & Klein, B. D. (2020). User Perceptions of Information Quality in China: The Boomerang Decade. Journal of the Midwest Association for Information Systems, 2020(1), 9–30.
Hana, O. (2020, January). Inaplas : Pembatasan Plastik Bukan Solusi Tepat Atasi Problem Sampah. INAPLAS.
Hardhiyanti, Y., & Rasyid, U. N. (2017). Komunikasi Bisnis Berbasis Etika Lingkungan Sebagai Csr The Body Shop Indonesia (Studi Kasus: Kampanye # Pay4Plastic). Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 3(2), 103–117. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/925/820
Hsu, W.-C., & Huang, K.-I. (2016). A Study of Behavioral Model on Green Consumption. Journal of Economics, Business and Management, 4(5), 372–377. https://doi.org/10.18178/joebm.2016.4.5.420
Intan, T., Akhsaniyah, & Tiananda, F. (2019). Gaya Hidup dalam Media Sosial. Jurnal Lontar, 7(1), 48–70.
Ismail, A., & Saloom, G. (2022). Validasi Pengukuran Identitas Sosial Versi Indonesia Dengan Analisis Faktor Konfirmatori (CFA). Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(4), 761. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i4.9439
Kartika, A. (2023). Peran Generasi Z Dalam Penguatan Literasi Pengelolaan Sampah di Kota Malang. Komunitas, 14(1), 83–99. https://doi.org/10.20414/komunitas.v14i1.7238
Lestari, G. P., Fitri, T. A., & Hikmawan, M. D. (2021). The Role of Bye-Bye Plastic Bags in Realizing Bali Provincial Government Policy Regarding the Restriction of Plastic Bags in.
Lie, R., & Servaes, J. (2015). Disciplines in the field of communication for development and social change. Communication Theory, 25(2), 244–258.
Liem, S., Marta, D. R. F., & Panggabean, P. D. phil. H. (2019). Sanitation Behavior and Risk of Stunting: Understanding the Discourse of a Public Service Announcement. Jurnal The Messenger, 11(2), 168. https://doi.org/10.26623/themessenger.v11i2.1317
Liem, S., Marta, R. F., Panggabean, H., & Ajisukmo, C. R. . (2020). Comparative Review Between COVID-19 and Stunting: Communication Framework Toward Risk-Mitigating Behavior. Buletin Psikologi, 28(2), 113. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.59883
Liem, S., Panggabean, H., & Farady, R. (2019). Persepsi Sosial tentang Stunting di Kabupaten Tangerang. Jurnal Ekologi Kesehatan, 18(1), 37–47. https://doi.org/https://doi.org/10.22435/jek.18.1.167.37-47
Mahmudi, M. D. P., Wulandari, M. P., & Avicenna, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Faktor Gaya Kepemimpinan terhadap Pencapaian Tujuan Usaha Mikro di Kota Depok. Jurnal Netnografi Komunikasi (JNK), 1(1), 14–21.
Manggi, D. M., Mandaru, S., & Pietriani. (2024). Communication Strategy of Paradox Coffee and Roastery in Building Brand Image Through Instagram Social Media. Jurnal Netnografi Komunikasi (JNK), 2(2), 105–122.
Mardius, P. R., Sulastri, S., Shihab, M. S., & Yuliani, Y. (2023). Eco-label, kepedulian lingkungan, dan perilaku pembelian hijau: Sebuah sudut pandang Generasi Z tentang semen ramah lingkungan. Jurnal Manajemen Maranatha, 22(2), 193–202. https://doi.org/10.28932/jmm.v22i2.6363
Marta, R. F. (2014). Riset Perilaku Konsumen Pada Mahasiswa Aktif Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bunda Mulia Tahun Ajaran 2011 – 2012 S Ebagai Pengunjung Lawson’s Station-Lodan. Semiotika: Jurnal Komunikasi, 8(1), 24–49.
Marta, R. F., Desyana, F., Shinta, H. E., Saliman, T., & Salim, M. (2022). Frekuensi Menonton Pemberitaan Televisi tentang Kematian Akibat COVID-19 Berkontribusi pada Kecemasan Mahasiswa di Kota Tangerang. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 20(01), 85–97. https://doi.org/10.46937/20202239815
Marta, R. F., Fernando, J., & Simanjuntak, R. F. (2019). Eksplikasi Kualitas Konten Peran Keluarga Pada Instagram @KEMENPPPA. ETTISAL, 4(2), 137–149. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/ettisal/article/view/3702/pdf_34
Marta, R. F., Kurniasari, N., Salim, M., Widaningsih, T. T., & Gatcho, A. R. G. (2023). Anxiety by COVID-19 Death Reports: Explanatory Study among Jakarta’s Muslim Young Adults. Mediator : Jurnal Komunikasi, 16(1), 156–169. https://doi.org/10.29313/mediator.v16i1.2215
Marta, R. F., & Suryani, A. (2016). Dampak Kekuatan Informasi Film Ngenest terhadap Penilaian Komunitas Stand Up Indonesia di Jakarta. Jurnal ASPIKOM, 3(1), 77. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i1.101
Maryani. (2015). Media Sosial Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Hukum Islam, 9, 1–31. https://journal.staimaarif-jambi.ac.id/index.php/annahdhah/article/view/20/128
Mohajan, H. K. (2017). Two Criteria for Good Measurements in Research: Validity and Reliability. Annals of Spiru Haret University. Economic Series, 17(4), 59–82. https://doi.org/10.26458/1746
Mukhoyyaroh, T. (2020). Anonimitas dan Deindividuasi pada Remaja Pengguna Sosial Media. Jurnal Penelitian Psikologi, 11(1), 26–32. https://doi.org/10.29080/jpp.v11i1.354
Mulyana, A., Briandana, R., & Rekarti, E. (2020). ICT and Social Media as a Marketing Communication Platform in Facilitating Social Engagement in the Digital Era. In International Journal of Innovation, Creativity and Change. (Vol. 13, Issue 5).
Nufindra, A., Marta, R. F., Mulyadi, F. S., Engliana, E., & Ahmad, R. (2023). Stimulation of Anxiety Management for Instagram Followers @najwashihab by Comparing the Credibility of Quraish Shihab and Najwa Shihab. Kalijaga Journal of Communication, 5(2), 176–194. https://doi.org/10.14421/kjc.52.05.2023
Purwaningrum, P. (2016). Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik Di Lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1421
Puspayanti, A., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Konsep Tri Hita Karana untuk Pengembangan Budaya Harmoni melalui Pendidikan Karakter. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 11(1), 87–98. https://doi.org/10.36052/andragogi.v11i1.314
Rarasati, R., & Pradekso, T. (2019). Pengaruh terpaan berita satwa laut yang mati akibat sampah plastik dan kampanye zero waste terhadap perilaku pengurangan penggunaan kantong plastik. Interaksi Online, 7(4), 295–304.
Rifqiningsih, D. U. (2021). Konstruksi Identitas Gaya Hidup Selebgram di Media Sosial Instagram. Commercium, 4(February), 77–91. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0A
Rijal, N. K., & Sabila, S. (2022). From local to global: Development and transformation of bye-bye plastic bags movement. In Social and Political Issues on Sustainable Development in the Post Covid-19 Crisis (pp. 223–234). Routledge.
Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati selama Pandemi COVID-19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Indah. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(5), 451–468. https://doi.org/https://doi.org/10.25139/jkp.v5i5.4125
Shafarila, A. W., & Supardi, E. (2017). Iklim Organisasi Dan Motivasi Kerja Sebagai Diterminan Kinerja Pegawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 18. https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8102
Suherman, A. (2019). Strategi Komunikasi Bencana Pada Masyarakat Kabupaten Buton Selatan. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 10–18. https://doi.org/10.35326/medialog.v1i2.272
Thomann, E., & Maggetti, M. (2017). Designing Research With Qualitative Comparative Analysis (QCA): Approaches, Challenges, and Tools. Sociological Methods and Research. https://doi.org/10.1177/0049124117729700
Turner, A. (2015). Generation Z: Technology and social interest. The Journal of Individual Psychology, 71(2), 103–113.
Ulfa, R., & Marta, R. F. (2016). Implementasi Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Yayasan Nurul Ibad Jakarta Timur. Bricolage : Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(2), 71–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30813/bricolage.v2i02.835
Wahyuddin, Firdausiah Ersa, L., Aningsih, G., Hidayat, T., & Sonni, A. F. (2022). Analisis Jaringan Komunikasi Penipuan Daring melalui Media Sosial Whatsapp Messenger. Jurnal Netnografi Komunikasi (JNK), 1(1), 14–21.
Wang, Y., & Karasik, R. (2022). Plastic Pollution Policy Country Profile: Indonesia. NI PB, 5–22.
Wibisono, M. D., & Sasia, M. (2020). Pengembangan Skala Identitas Sosial : Validitas, Dan Analisis Faktor Eksploratori. Proyeksi, 15(1), 58. https://doi.org/10.30659/jp.15.1.58-67
Wirman, W., Sari, G. G., Yesicha, C., & Susanti, H. (2017). Pelatihan Pemberdayaan Guide Lokal Dalam Di Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 224–237. https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JKMS/article/view/4752/4491
Wondama, K. T., Barat, P., Tingginehe, A. M., Waani, J. O., & Wuisang, C. E. V. (2019). Perencanaan Pariwisata Hijau Di Distrik Roon Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat. Jurnal Spasial : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 6(2), 511–520.
Wu, S.-I., & Chen, J.-Y. (2014). A Model of Green Consumption Behavior Constructed by the Theory of Planned Behavior. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 119–132. https://doi.org/10.1007/978-3-030-65169-5_3
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.283
Article Metrics:
Abstract Views - 453
PDF Downloads - 48
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Rizki Briandana, Nindyta Aisyah Dwityas, Rustono Farady Marta, Sri Hesti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :