
Pengelolaan Media Sosial Instagram @ikn_id Berdasarkan The Circular Model of SoMe
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui praktik pengelolaan media sosial Instagram @ikn_id, apakah sudah ideal berdasarkan The Circular Model of SoMe. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan pada aspek Share, penyebaran informasi sudah bagus dengan diproduksinya berbagai jenis konten, tidak hanya dalam bentuk foto. Pada aspek optimize, masukan dari netizen dipertimbangkan untuk pembuatan konten selanjutnya. Pada aspek Manage, evaluasi konten hanya mengandalkan Instagram Insight dan Metricool, serta kurangnya sumber daya manusia membuat tidak semua komentar netizen bisa direspons dengan cepat. Untuk aspek engage, sudah diadakan lomba-lomba yang menciptakan engagement yang sangat baik. Kesimpulannya, pengelolaan media sosial Instagram @ikn_id sudah menerapkan aspek-aspek dalam model komunikasi The Circular Model of SoMe, meski belum cukup ideal. Pengelolaan akun Instagram ini bisa lebih dioptimalkan dengan menggunakan tools evaluasi lain serta menciptakan komunikasi dua arah dengan publik atau netizen.
Full Text:
PDFReferences
Alexander, J. L., Safitri, D., & Anindhita, W. (2021). The circular model of some in Instagram management (Case study: Forum Human Capital Indonesia). Jurnal Komunikasi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.7454/jki.v10i2.13882
Anisah, L. (2022, May 6). Resmi Dibentuk, Berikut Susunan Tim Transisi Pendukung Persiapan Pembangunan IKN. kontan.co.id. https://nasional.kontan.co.id/news/resmi-dibentuk-berikut-susunan-tim-transisi-pendukung-persiapan-pembangunan-ikn
Elena, M. (2023, November 2). Revisi UU IKN Terbit Usai Jokowi Groundbreaking Tahap II, Ini Poin Pentingnya. Bisnis.com. Diperoleh dari https://ekonomi.bisnis.com/read/20231102/9/1710472/revisi-uu-ikn-terbit-usai-jokowi-groundbreaking-tahap-ii-ini-poin-pentingnya
Fatharani, N. C., & Anisa, R. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Lldiktiwilayah4 oleh Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV. ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8), 3964–3975. https://doi.org/10.56799/jim.v2i8.2071
Galih, B. (2019, August 26). Jokowi: Ibu Kota Baru di Sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kaltim. KOMPAS.com. https://nasional.kompas.com/read/2019/08/26/13351161/jokowi-ibu-kota-baru-di-sebagian-penajam-paser-utara-dan-kutai-kartanegara?page=all
Grunig, J. E., & Grunig, L. A. (2008). Excellence Theory in Public Relations: Past, Present, and Future. In VS Verlag für Sozialwissenschaften eBooks (pp. 327–347). https://doi.org/10.1007/978-3-531-90918-9_22
Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Wadsworth Publishing Company.
Instagram users in Indonesia - December 2023. (n.d.). NapoleonCat. https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2023/12/
Jamil, A., & Eriyanto, E. (2021). Social media communication: content analysis of Indonesian parliament instagram account. Jurnal Studi Komunikasi, 5(3), 746–763. https://doi.org/10.25139/jsk.v5i3.3807
Kisah Metricool. (n.d). https://developers.facebook.com/products/instagram/success-stories/merticool/?locale=id_ID
Luttrell, R. (2015). Social media: How to Engage, Share, and Connect. London: Rowman & Littlefield.
Prabowo, D. (2022, March 10). Sah, Jokowi Lantik Bambang Susantono-Dhony Rahajoe sebagai Kepala-Wakil Kepala Otorita IKN 2022-2027. KOMPAS.com. Diperoleh dari https://nasional.kompas.com/read/2022/03/10/15382731/sah-jokowi-lantik-bambang-susantono-dhony-rahajoe-sebagai-kepala-wakil
Quesenberry, K. A. (2019). Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations In The Consumer Revolution. Lanham, MD: Rowman & Littlefield.
Rizaty, M. A. (2024, January 10). Data Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia (Desember 2018 - Desember 2023). Data Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/data-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia-desember-2018desember-2023
Sarasati, A., & Dewi, R. (2022). Pengelolaan Akun Media Sosial Instagram @pupukujang Sebagai Media Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek (Persero). ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 785–803. https://journal-nusantara.com/index.php/JIM/article/view/124
Smith, R. D. (2021). Strategic Planning for Public Relations. In Routledge eBooks. https://doi.org/10.4324/9781003024071
Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif Dilengkapi Contoh Proposal dan Laporan Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Windarto, L. B., Satyawan, I. A., & Naini, A. M. I. (2022). Message Management Directorate General of Immigration on Social Media: @Instagram. Proceedings of the 7th International Conference on Social and Political Sciences (ICoSaPS 2022) (pp. 367–374). https://doi.org/10.2991/978-2-494069-77-0_50
Zakiyah A. R. & Nofandrilla N. (2022). Analysis of The Circular Model of SOME in The Publication of PTPN XI Surabaya Activities through Instagram. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 8(1), 413-426.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.270
Article Metrics:
Abstract Views - 300
PDF Downloads - 75
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Vega Aulia Pradipta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :