
Strategi Komunikasi Internal PDAM Tirta Satria Mengatasi Keluhan Pelanggan
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan Strategi Komunikasi Internal Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Satria di Kabupaten Banyumas dalam mengatasi keluhan pelanggannya dalam upaya perusahaan itu meningkatkan jasa pelayanan. Untuk mengatasi keluhan pelanggan diperlukan strategi yang cepat dan tepat. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana komunikasi internal yang dilakukan PDAM Tirta Satria dalam penanganan keluhan pelanggan. Studi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yakni penelitian yang menjabarkan secara terperinci, dan menggambarkan semua masalah yang terkait dengan apa yang diteliti. Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan, dalam rangkaian kegiatan mengatasi keluhan pelanggan, masing-masing petugas harus memahami tugas pokok dan fungsi mereka, baik dalam penangan teknis di lapangan, maupun dari segi penyebaran informasi terkait keluhan pelanggan. Diperlukan strategi komunikasi untuk lebih mengefektifkan kegiatan mengatasi keluhan pelanggan, karena memberikan penjelasan lebih rinci tentang kendala serta kesulitan yang dihadapi PDAM Tirta Satria dalam penyediakan air bersih sangat diperlukan.
Full Text:
PDFReferences
Ferdyana, L. (2015). Strategi Komunikasi Internal dalam Mensosialisasikan Merger Kepada Karyawan.
FilemonWijaya. (2015). Strategi Komunikasi Internal PT X Dalam membina Employee Engagement.
Ginting. Y. (2017). Strategi Komunikasi Internal PDAM Kota Salatiga dalam Mengatasi Keluhan Pelanggan.
Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama
Wijaya. L. (2015) http://digilib.unila.ac.id/1613/
Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Grasindo.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.27
Article Metrics:
Abstract Views - 2469
PDF Downloads - 2074
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :