Memahami Komunikasi Pandemi Covid-19 pada Era Teknologi Informasi di Jawa Barat
Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia dinyatakan sebagai krisis kesehatan pada Maret 2020 setelah virus ini pertama kali ditemukan di Depok. Di saat pandemi layanan publik yang diselenggarakan harus tetap berjalan, salah satunya penyelenggaraan sistem layanan informasi publik tentang kondisi pandemi. Keterbukaan informasi yang absurd dan terdisrupsi di era pandemi Covid-19 menjadi tantangan dalam mewujudkan lembaga pemerintahan yang ramah informasi. Layanan informasi publik seputar pandemi Covid-19 di Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ditangani dengan penggunaan aplikasi PIKOBAR (Pusat Informasi dan Koordinasi Jawa Barat). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi PIKOBAR merupakan media komunikasi publik di tingkat pemerintahan provinsi yang berfungsi sebagai media untuk menginformasikan perkembangan Covid-19 secara real time, sarana edukasi dan menjadi salah satu sumber rujukan pengambilan kebijakan strategis pemerintah provinsi di masa pandemi. Keimpulan penelitian menunjukkan, pemanfaatan teknologi informasi PIKOBAR yang digunakan oleh Divisi Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19 Daerah Provinsi Jawa Barat dapat menjadi “Penyambung Lidah” antara pemerintah dengan masyarakat mengenai penanganan perkembangan Covid-19. Melalui PIKOBAR masyarakat dapat teredukasi dari penularan Covid-19, menjembatani miskomunikasi antara pemerintah pusat dan daerah, serta menjadi media informasi garda terdepan dalam berhadapan dengan pihak media untuk menjelaskan situasi perkembangan Covid-19 di Jawa Barat.
Full Text:
PDFReferences
Alhasan, M & Hasaneen, M. (2021). Digital Imaging, Technologies and Artificial Intelligence Applications during COVID-19 Pandemic. Computerized Medical Imaging and Graphics 91(February):1–22. doi: 10.1016/j.compmedimag.2021.101933.
Asadzadeh, A., Pakkhoo, S., Mirzaei, M., Khezri, H & Ferdousi, R. (2020). Information Technology in Emergency Management of COVID-19 Outbreak. Informatics in Medicine Unlocked, 21(1):1–11. doi: 10.1016/j.imu.2020.100475.
Auer, M.R. (2021). Covid-19 Crisis Communications: The Challenge for Environmental Organizations. Environmental Science and Policy 115 (August):151–55. doi: 10.1016/j.envsci.2020.08.009.
Baum, F., Newman, F & Biedrzycki, B. (2014). Vicious Cycles: Digital Technologies and Determinants of Health in Australia. Health Promotion International, 29(2), 349–60. doi: 10.1093/heapro/das062.
Bautista-gonzález, E., Werner-sunderland, J., Pérez-duarte, P et al. (2020). Health-Care Guidelines and Policies during the COVID-19 Pandemic in Mexico: A Case of Health-Inequalities. Health Policy OPEN, 1(1), 1–31. doi: 10.1016/j.hpopen.2020.100025.
Beaunoyer, E,. Sophie, D & Matthieu, J.G. (2020). COVID-19 and Digital Inequalities: Reciprocal Impacts and Mitigation Strategies. Computers in Human Behavior 111(April), 1–9. doi: 10.1016/j.chb.2020.106424.
Buana, D.R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(3), 217–26. doi: 10.15408/sjsbs.v7i3.15082.
Candraningrum, D.A. (2017). Gangguan Komunikasi Publik dan Penurunan Brand Engagement di Perusahaan Toys"R"Us.” Jurnal Komunikasi Global, 6(2), 164–74.
Daymon, C & Holloway, I. (2002). Qualitative Research Methods: An Introduction to Qualitative and Quantitative Approaches. London: Sage Publications Limited.
Djalante, R., Jonatan, L,. Davin, S et al. (2020). Review and Analysis of Current Responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science 6:100091. doi: 10.1016/j.pdisas.2020.100091.
Faraj, S,. Wadih, R, & Anand, B. (2021). Unto the Breach: What the COVID-19 Pandemic Exposes about Digitalization. Information and Organization, 31(1), 100337. doi: 10.1016/j.infoandorg.2021.100337.
Ferguson, C,. Margaret, M & Stephen, W. (2021). Communications in the Time of a Pandemic: The Readability of Documents for Public Consumption. Australian and New Zealand Journal of Public Health, 45(2), 116–21. doi: 10.1111/1753-6405.13066.
Ferrara, R. (2015). The Smart City and the Green Economy in Europe: A Critical Approach. Energies, 8(6), 4724–34. doi: 10.3390/en8064724.
Guitton, M.J. (2020). Cyberpsychology Research and COVID-19. Computers in Human Behavior 111(March), 106357. doi: 10.1016/j.chb.2020.106357.
Haryanti, S. & Kartikawangi, D. (2017). Pemetaan Penggunaan Media Sosial oleh Humas Pemerintah dalam Komunikasi Publik. Jurnal Public Relations Indonesia, 1(2).
Humas DJKN. (2020). Di Tengah Pandemi Covid 19, Pemerintah Ajak Praktisi Government PR Sampaikan Pesan Positif Kepada Masyarakat. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Retrieved June 26, 2021 (https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kilas_peristiwa/baca/13593/Di-Tengah-Pandemi-Covid-19-Pemerintah-Ajak-Praktisi-Government-PR-Sampaikan-Pesan-Positif-Kepada-Masyarakat.html).
Humas Pemprov Jabar. (2020). Yuk! Kita Mulai Salam Sunda Agar Terhindar Covid-19. Biro Humas Dan Protokoler Provinsi Jawa Barat. Retrieved June 21, 2021 (https://jabarprov.go.id/index.php/news/36972/2020/03/13/Yuk-Kita-Mulai-Salam-Sunda-Agar-Terhindar-Covid-19).
Humas Universitas Garut. (2020). Fikom Uniga Munculkan Gagasan Kearifan Lokal dalam Pencegahan Covid-19.” Uniga.Ac.Id. Retrieved June 21, 2021 (https://uniga.ac.id/2020/05/20/fikom-uniga-munculkan-gagasan-kearifan-lokal-dalam-pencegahan-covid-19/).
Jiwandono, I.S,. Setiawan, H., & Oktaviyanti, I. (2020). Persepsi Mahasiswa terhadap Politisasi Corona Virus Disease (Covid-19). Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 4(2):286–99. doi: 10.38043/jids.v4i2.2459.
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. doi: 10.38204/tematik.v7i1.369.
Krisnawati, E. (2016). Perilaku Konsumsi Media oleh Kalangan Remaja dalam Pencarian Informasi. Komunikatif, 5(1), 43–69. doi: DOI: https://doi.org/10.33508/jk.v5i1.923.
Lange, K.W. (2021). Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) and Global Mental Health. Global Health Journal, 5(1), 31–36. doi: 10.1016/j.glohj.2021.02.004.
Lom, M, & Pribyl, O. (2021). Smart City Model Based on Systems Theory. International Journal of Information Management 56(February 2020):102092. doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2020.102092.
Masik, G., Sagań, I & Scott, J.W. (2021). Smart City Strategies and New Urban Development Policies in the Polish Context. Cities 108(October 2020):102970. doi: 10.1016/j.cities.2020.102970.
Maulan, W.N. & Ratmanto, T. (2016). Strategi Humas Pemerintah Purwakarta untuk Memperkenalkan Slogan ‘Purwakarta Istimewa.’” Pp. 377–82 in Prosiding Hubungan Masyarakat. Bandung: Pusat Penerbitan Universitas (P2U) Universitas Islam Bandung (Unisba).
Muselli, M,. Cofini,V., Desideri, G & Necozione, S. (2021). Coronavirus (Covid-19) Pandemic: How May Communication Strategies Influence Our Behaviours? International Journal of Disaster Risk Reduction 53(November 2020):1–5. doi: 10.1016/j.ijdrr.2020.101982.
Novianti, E, Nugraha, A.R.N, & Sjoraida, D.F. (2020). Strategi Komunikasi Humas Jawa Barat pada Masa Pandemi Covid-19. Media Bina Ilmiah, 15(3), 4195–4200. doi: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.735.
Nugraha, A.R, Komariah, K & Subekti, P. (2014). Fungsi Humas Pemerintah Kabupaten Sumedang dalam Mengkampanyekan Sumedang sebagai Puseur Budaya Sunda (SPBS). Edutech, 1(1), 34–60. doi: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i1.3220.
Pratiwi, M.P. (2014). Peran ICT bagi Organisasi Media Massa dan Budaya Masyarakat. Komunikator, 6(5), 21.
Primawati, A. (2011). Strategi Penggunaan E-Tki Sebagai Wahana dalam Mengatasi Kesenjangan Informasi. Journal Communication Spectrum, 1(2),185–202.
Rakhmaniar, A. (2021). Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan Covid-19. Linimasa, 4(1), 10–30.
Rakhmat, J. (2012). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Ramadan, G. & Juniarti, Y. (2020). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Sadari.
Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi, 01(02), 90–96. doi: DOI: https://doi.org/10.25008/jkiski.v1i2.54.
Sadono, T.P. (2017). Good Governance sebagai Model Retoris. Bricolage: Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 2(2), 105–16. doi: 10.30813/bricolage.v2i02.838.
Sari, N.H. (2014). Penerapan Manajemen Komunikasi Strategik pada Model Demokrasi Deliberasi dalam Menciptakan Kebijakan Publik yang Tepat. Journal Communication Spectrum, 83–101.
Satria, A. (2020). Kearifan Lokal dalam Menghadapi Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Literatur.” Sosietas. 10(1), 745–53. doi: 10.17509/sosietas.v10i1.26063.
Satria, H.W. (2019). Seni Mengelola Tim Media Sosial. Depok: Yayasan Komunikonten.
Shahroz, M., Farooq, A., Younis, M.S., Ahmad, N et al. (2021). COVID-19 Digital Contact Tracing Applications and Techniques: A Review Post Initial Deployments. Transportation Engineering 5(April):100072. doi: 10.1016/j.treng.2021.100072.
Siriwardhana, Y., Gürkan, G, Ylianttila, M & Liyanage, M. (2020). The Role of 5G for Digital Healthcare against COVID-19 Pandemic: Opportunities and Challenges. ICT Express, 7(2), 244–52. doi: 10.1016/j.icte.2020.10.002.
Southwick, L., Sharath, C.G., Elissa, V.K, Emily, S. et al. (2021). Characterizing COVID-19 Content Posted to TikTok: Public Sentiment and Response During the First Phase of the COVID-19 Pandemic. Journal of Adolescent Health, 1(1):1–8. doi: 10.1016/j.jadohealth.2021.05.010.
Tønnessen, Ø, Amandeep, D., & Flåten, B.T. (2021). Digital Knowledge Sharing and Creative Performance: Work from Home during the COVID-19 Pandemic. Technological Forecasting and Social Change 170 (April):120866. doi: 10.1016/j.techfore.2021.120866.
Vimal, K., Jaya, M. N., Rubesh, C.M, & Aakash, R. (2020). Statistical Analysis on Novel Corona Virus: COVID-19. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 95–103. doi: 10.31838/ejmcm.07.01.09.
Wang, Y,. Hao, H. & Platt, L.S. (2021). Examining Risk and Crisis Communications of Government Agencies and Stakeholders during Early-Stages of COVID-19 on Twitter. Computers in Human Behavior 114 (September 2020). 106568. doi: 10.1016/j.chb.2020.106568.
West, R., & Turner, H. L. (2008). Pengantar Teori Komunikasi, Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Wijaya, F.R. (2020). Humas Digital Solusi di Masa Pandemi COVID-19. Kumparan.Com. Retrieved June 21, 2021 (https://kumparan.com/fitria-rizki-wijaya/humas-digital-solusi-di-masa-pandemi-covid-19-1unPYy9vbl0/full).
Yin, R. K. (2008). Case Study Research: Design and Methods. Illionis: Sage Publications, Inc.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.261
Article Metrics:
Abstract Views - 170
PDF Downloads - 73
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraida, Evi Novianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :