Strategi Pengelolaan Konten Berita Harian.disway.id dalam Menghadapi Persaingan Media Online

Vira Amelia, Amalia Nurul Muthmainnah, Mohammad Insan Romadhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan konten berita harian disway.id dalam menghadapi persaingan media online yang dianalisis menggunakan manajemen POAC dengan dilihat dari sudut pandang ekonomi media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan mewawancarai empat orang tim redaksi di harian.disway.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap planning, harian.disway.id membuat konten berita berupa analisis mendalam dan bergaya feature. Mereka membuat konten berita unggulan yang telah disesuaikan dengan target pembaca sekaligus melakukan strategi untuk mendapatkan keuntungan. Termasuk dengan membuat ketentuan penulisan dan berhati-hati melakukan pertimbangan konten berita yang akan dimuat. Pada tahap organizing, pembagian kerja dilakukan oleh Pemimpin Redaksi dan Wakil Pemimpin Redaksi, serta kemampuan bahasa Inggris yang menjadi syarat wajib bagi tim redaksi. Tahap actuating berupa proses pembuatan konten berita dan pada tahap controlling dilakukan evaluasi terhadap konten berita yang telah diproduksi.


Full Text:

PDF

References


APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022 (Issue June). https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047

Cholis, N., & Wardiana, D. (2019). Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Koran Olahraga Topskor dalam Menghadapi Persaingan dengan Media Online di Era Konvergensi Media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2). https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21336

Demografi. (n.d.). Dpm-Ptsp.Surabaya.Go.Id. Retrieved May 7, 2023, from http://dpm-ptsp.surabaya.go.id/v3/pages/demografi

Detik.com. (2012). Ini Curhat Dahlan Iskan Soal Negara Favoritnya, China. Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-1880324/ini-curhat-dahlan-iskan-soal-negara-favoritnya-china

Disway. (n.d.). Disway.Id. Retrieved March 2, 2023, from https://disway.id/readstatik/2/tentang-kami

Harian Disway. (n.d.). Harian.Disway.Id. Retrieved March 2, 2023, from https://harian.disway.id/readstatik/82/harian-disway

Hikmah, R. E. D., & Yulianti, D. T. (2020). Implementasi Digital Marketing pada Channel YouTube AGRO-TV Indonesia. Jurnal Strategi, 2(2), 457. http://strategi.itmaranatha.org/index.php/strategi/article/view/197

Intan, T. (2014). Lunturnya Diskriminasi dalam Media: Citra Ahok dalam Pemberitaan Media. Seminar Besar Nasional Komunikasi, 539.

Jubei, S. (2018). Patologi Bahasa pada Judul Berita Surat Kabar Warta Kota. Deiksis, 10(02), 184. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2604

Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa. Yogyakarta: Buku Litera.

Kalumata, R. (2019). Jumlah Penonton Persebaya Terbanyak pada Putaran Pertama Liga 1 2019. Suara.Com. https://www.suara.com/bola/2019/09/05/113537/jumlah-penonton-persebaya-terbanyak-pada-putaran-pertama-liga-1-2019

Kumalasari, A. D. (2019). Manajemen Redaksi IDN Times dalam Menghadapi Persaingan Media Online. Commercium, 01(02). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26775/24506

Kurniawan, D., & Rusadi, U. (2021). MNC Group’s Digital Media Business Expansion in the Perspective of Media Political Economy. Warta ISKI, 4(2). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.132

Laba, K., Rusmiwari, S., & Diahloka, C. (2013). Representase Visi Surat Kabar dalam Foto Jurnalistik. 2(1).

Mawarni, A. D., Kusbandrijo, B., & Putri, S. A. R. (2018). Analisis Isi pada Artikel Romansa di Zetizen.Com (Studi Analisis Isi Artikel Romansa pada Web Zetizen Periode 1 Oktober-30 November 2016). Representamen, 3(01), 2. https://doi.org/10.30996/.v3i01.1401

Monica, O. (2013). Problem Jurnalis Media Lokal dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. http://e-journal.uajy.ac.id/3202/

Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2021). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2). https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359

Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah.

Noor, H. F. (2010). Ekonomi Media. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Nugroho, R. S. (2022). Sejarah Etnis Tionghoa di Indonesia. Kompas.Com.

Parwati, N., & Zain, A. B. N. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online (Studi Kasus di detiknews. com Jakarta). Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1). http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/pemberitaan/article/view/80

Posetti, J. (2018). Time to Step Away from The ‘Bright, Shiny Things’? Towards a Sustainable Model of Journalism Innovation in an Era of Perpetual Change. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/sites/default/files/2018-11/Posetti_Towards_a_Sustainable_model_of_Journalism_FINAL.pdf

Prasetyo, Y. A. (2018). Media dan Praktik Abal-Abal. Dewan Pers, 18, 4. https://dewanpers.or.id/publikasi/publikasi_detail/215/Jurnal_Dewan_Pers_edisi_18:_Media_dan_Praktek_Abal-Abal

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.

Ramadhana, R. F., Sudaryanto, E., & Darmawan, A. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Kaburnya Selebgram Rachel Vennya dari Karantina di Media Online Detikcom dan Kumparancom. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01). https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/921

Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online . https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Df7_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=media+online&ots=qESyqUG3NE&sig=wgFFu8SIq3P2nqT-PF_UJWoiKtk&redir_esc=y#v=onepage&q=media online&f=false

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, A. R. (2022). Kuasa Anak Bungsu: Industri Media Digital Native di Indonesia. In Idealisme Jurnalis & Inovasi Model Bisnis Industri Media (p. 22). https://doi.org/10.37535/20320220102

Saputra, F. A., & Ciptadi, S. G. (2019). Komik Digital sebagai Strategi Bisnis Media Online Olahraga: Studi pada Gorilasport.com. Journal of Strategi Communication.

Shofiyatin, H., Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2019). Analisis Bahasa pada Feature Dalam Surat Kabar Jawa Pos.Com. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 72. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri/article/view/5078

Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online sebagai Transformasi Media Konvensional. Jurnal Signal, 10(2), 323. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6288

Suryani, N., & Srimulyani, H. (2019). Strategi Manajemen Redaksi Majalah Mingguan Mangle di Era Digital. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1). https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21071

Ummah, A. H. (2021). Manajemen Industri Media Massa (S. Kasimin (Ed.)). Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-v5jEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=manajemen+industri+media+massa&ots=I-zpH4l0-3&sig=f_HySdoPGMXogs9cYosO8Vjt-5c&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen industri media massa&f=false




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.247





Article Metrics:

Abstract Views - 549

PDF Downloads - 198



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amalia Nurul Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 Amalia Nurul Muthmainnah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :