
Strategi Pengelolaan Konten Berita Harian.disway.id dalam Menghadapi Persaingan Media Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan konten berita harian disway.id dalam menghadapi persaingan media online yang dianalisis menggunakan manajemen POAC dengan dilihat dari sudut pandang ekonomi media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang dilakukan dengan mewawancarai empat orang tim redaksi di harian.disway.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap planning, harian.disway.id membuat konten berita berupa analisis mendalam dan bergaya feature. Mereka membuat konten berita unggulan yang telah disesuaikan dengan target pembaca sekaligus melakukan strategi untuk mendapatkan keuntungan. Termasuk dengan membuat ketentuan penulisan dan berhati-hati melakukan pertimbangan konten berita yang akan dimuat. Pada tahap organizing, pembagian kerja dilakukan oleh Pemimpin Redaksi dan Wakil Pemimpin Redaksi, serta kemampuan bahasa Inggris yang menjadi syarat wajib bagi tim redaksi. Tahap actuating berupa proses pembuatan konten berita dan pada tahap controlling dilakukan evaluasi terhadap konten berita yang telah diproduksi.
Full Text:
PDFReferences
APJII. (2022). Profil Internet Indonesia 2022 (Issue June). https://apjii.or.id/survei/surveiprofilinternetindonesia2022-21072047
Cholis, N., & Wardiana, D. (2019). Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Koran Olahraga Topskor dalam Menghadapi Persaingan dengan Media Online di Era Konvergensi Media. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(2). https://doi.org/10.24198/jkj.v1i2.21336
Demografi. (n.d.). Dpm-Ptsp.Surabaya.Go.Id. Retrieved May 7, 2023, from http://dpm-ptsp.surabaya.go.id/v3/pages/demografi
Detik.com. (2012). Ini Curhat Dahlan Iskan Soal Negara Favoritnya, China. Detik.Com. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-1880324/ini-curhat-dahlan-iskan-soal-negara-favoritnya-china
Disway. (n.d.). Disway.Id. Retrieved March 2, 2023, from https://disway.id/readstatik/2/tentang-kami
Harian Disway. (n.d.). Harian.Disway.Id. Retrieved March 2, 2023, from https://harian.disway.id/readstatik/82/harian-disway
Hikmah, R. E. D., & Yulianti, D. T. (2020). Implementasi Digital Marketing pada Channel YouTube AGRO-TV Indonesia. Jurnal Strategi, 2(2), 457. http://strategi.itmaranatha.org/index.php/strategi/article/view/197
Intan, T. (2014). Lunturnya Diskriminasi dalam Media: Citra Ahok dalam Pemberitaan Media. Seminar Besar Nasional Komunikasi, 539.
Jubei, S. (2018). Patologi Bahasa pada Judul Berita Surat Kabar Warta Kota. Deiksis, 10(02), 184. https://doi.org/10.30998/deiksis.v10i02.2604
Junaedi, F. (2014). Manajemen Media Massa. Yogyakarta: Buku Litera.
Kalumata, R. (2019). Jumlah Penonton Persebaya Terbanyak pada Putaran Pertama Liga 1 2019. Suara.Com. https://www.suara.com/bola/2019/09/05/113537/jumlah-penonton-persebaya-terbanyak-pada-putaran-pertama-liga-1-2019
Kumalasari, A. D. (2019). Manajemen Redaksi IDN Times dalam Menghadapi Persaingan Media Online. Commercium, 01(02). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/Commercium/article/view/26775/24506
Kurniawan, D., & Rusadi, U. (2021). MNC Group’s Digital Media Business Expansion in the Perspective of Media Political Economy. Warta ISKI, 4(2). https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.132
Laba, K., Rusmiwari, S., & Diahloka, C. (2013). Representase Visi Surat Kabar dalam Foto Jurnalistik. 2(1).
Mawarni, A. D., Kusbandrijo, B., & Putri, S. A. R. (2018). Analisis Isi pada Artikel Romansa di Zetizen.Com (Studi Analisis Isi Artikel Romansa pada Web Zetizen Periode 1 Oktober-30 November 2016). Representamen, 3(01), 2. https://doi.org/10.30996/.v3i01.1401
Monica, O. (2013). Problem Jurnalis Media Lokal dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. http://e-journal.uajy.ac.id/3202/
Mustikasari, R., Zakiah, K., & Rantona, S. (2021). Strategi Manajemen Komunikasi Media Online Cerdik Indonesia dalam Mengatasi Persaingan Antarmedia Online. Jurnal Common, 5(2). https://doi.org/10.34010/common.v5i2.6359
Nadin, A. M., & Ikhtiono, G. (2019). Manajemen Media Massa Menghadapi Persaingan Media Online. Komunika: Journal of Communication Science and Islamic Da’wah.
Noor, H. F. (2010). Ekonomi Media. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Nugroho, R. S. (2022). Sejarah Etnis Tionghoa di Indonesia. Kompas.Com.
Parwati, N., & Zain, A. B. N. (2020). Strategi Redaksi dalam Menjaga Keakuratan dan Kecepatan Berita Media Online (Studi Kasus di detiknews. com Jakarta). Jurnal Ilmiah Pemberitaan, 5(1). http://ojs.mmtc.ac.id/index.php/pemberitaan/article/view/80
Posetti, J. (2018). Time to Step Away from The ‘Bright, Shiny Things’? Towards a Sustainable Model of Journalism Innovation in an Era of Perpetual Change. https://reutersinstitute.politics.ox.ac.uk/sites/default/files/2018-11/Posetti_Towards_a_Sustainable_model_of_Journalism_FINAL.pdf
Prasetyo, Y. A. (2018). Media dan Praktik Abal-Abal. Dewan Pers, 18, 4. https://dewanpers.or.id/publikasi/publikasi_detail/215/Jurnal_Dewan_Pers_edisi_18:_Media_dan_Praktek_Abal-Abal
Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif: Konsep Dan Prosedurnya.
Ramadhana, R. F., Sudaryanto, E., & Darmawan, A. (2022). Analisis Framing Pemberitaan Kaburnya Selebgram Rachel Vennya dari Karantina di Media Online Detikcom dan Kumparancom. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01). https://conference.untag-sby.ac.id/index.php/snhs/article/view/921
Romli, A. S. M. (2018). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online . https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Df7_DwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=media+online&ots=qESyqUG3NE&sig=wgFFu8SIq3P2nqT-PF_UJWoiKtk&redir_esc=y#v=onepage&q=media online&f=false
Romli, K. (2016). Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo.
Sanjaya, A. R. (2022). Kuasa Anak Bungsu: Industri Media Digital Native di Indonesia. In Idealisme Jurnalis & Inovasi Model Bisnis Industri Media (p. 22). https://doi.org/10.37535/20320220102
Saputra, F. A., & Ciptadi, S. G. (2019). Komik Digital sebagai Strategi Bisnis Media Online Olahraga: Studi pada Gorilasport.com. Journal of Strategi Communication.
Shofiyatin, H., Mulyaningsih, I., & Itaristanti. (2019). Analisis Bahasa pada Feature Dalam Surat Kabar Jawa Pos.Com. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 72. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/imajeri/article/view/5078
Siahaan, C., Tampubolon, J. A., & Sinambela, N. B. (2021). Diseminasi Informasi Melalui Media Online sebagai Transformasi Media Konvensional. Jurnal Signal, 10(2), 323. https://doi.org/10.33603/signal.v9i2.6288
Suryani, N., & Srimulyani, H. (2019). Strategi Manajemen Redaksi Majalah Mingguan Mangle di Era Digital. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1). https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21071
Ummah, A. H. (2021). Manajemen Industri Media Massa (S. Kasimin (Ed.)). Syiah Kuala University Press. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-v5jEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=manajemen+industri+media+massa&ots=I-zpH4l0-3&sig=f_HySdoPGMXogs9cYosO8Vjt-5c&redir_esc=y#v=onepage&q=manajemen industri media massa&f=false
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.247
Article Metrics:
Abstract Views - 549
PDF Downloads - 198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Amalia Nurul Muthmainnah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :