Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru

Irene Melia Puspita

Abstract


Citra merek mengambil peran penting dalam tujuan bisnis. Dua tahun lalu, pioneer frozen yogurt di Indonesia, Sour Sally, melakukan peremajaan merek (rejuvenation) untuk membangun citra baru Sour Sally. Hal ini karena Citra feminisme menjadi kendala bagi Sour Sally dalam memasarkan produk. Marketing Public Relations memiliki peran penting untuk membangun citra Sour Sally yang baru. Penelitian ini menggunakan teori Pemasaran Hubungan Masyarakat dan Citra. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data primer diperoleh melalui wawancara, studi kepustakaan, sedangkan data sekunder diperileh dari internet. Penelitian ini membahas Pemasaran Hubungan Masyarakat menurut Kotler & Keller. Divisi komunikasi pemasaran menggunakan alat-alat Pemasaran Hubungan Masyarakat seperti publikasi, acara, sponsor, berita, pidato, kegiatan pelayanan masyarakat, dan media identitas. Hasil penelitian ini adalah: publikasi digital, media social, dan penyelenggaraan acara, paling sering digunakan untuk berkomunikasi membangun citra Sour Sally  yang baru.

Full Text:

PDF

References


Ardelia, B. (2011, November 16). Brand Rejuvenation, Sekarang atau Nanti? Diperoleh dari Okezone: https://economy.okezone.com/read/-2011/11/16/23/530007/brand-rejuvenation-sekarang-atau-nanti

Ardianto, E. (2014). Metodologi Penelitian untuk Public Relations: Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Ardianto, E. (2016). Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Batey, M. (2016). Brand Meaning: Meaning, Myth and Mystique in Today's Brands. New York: Psycology Press.

Evelina, L.H., Fitri H. (2018). Penggunaan Digital Influencer dalam Promosi Produk (Studi Kasus Akun Instagram @bylizzieparra). Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 1(1), 71-82.

Harris, T. L. (1991). The Marketer’s Guide to Public Relations. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Hutagalung, I. (2018). Ambassador Produk dan Perubahan Sikap (Studi Kasus Pengolahan Iklan Kosmetik XYZ Berdasarkan Pendekatan Teori ELM di Kalangan Remaja Putri Kelurahan Rawa Buaya, Jakarta Barat. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 1(1), 1-8.

Instagram. (2018, Mei 1). Instagram Sour Sally. Diperoleh dari website Instagram Sour Sally: www.instagram.com/soursallycoid

Ishaq, R. E. (2017). Public Relations: Teori & Praktik. Malang: Intrans Publishing.

Jefkins, F. (2002). Public Relations disi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management: an Asian Perspective. Singapore: Pearson Education.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kriyantono, R. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rachmawati, D, Dini S.F.A. (2018). Analisis Personal Branding Selegram Nonselebriti Akun Instragram @Lippielust. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 1(1), 34-40.

Ruslan, R. (2004). Metode Penelitian: Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2016). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo . Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Saraswati, M.S. (2018). Social Media and the Political Campaign Industry in Indonesia. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 3(1), 51-65.

Sally, S. (2018, Januari 15). “SOUR SALLY : FROZEN YOGHURT.” Diperoleh dari website, Sour Sally: http://www.soursally.co.id/ dan Data Internal Perusahaan Marketing Communications

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2008). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

The New Kontan Weekend. (2010). Mencicipi Laba Bisnis Yoghurt Beku. Diperoleh dari http://weeekend.kontan.co.id/index.php/peluang_usaha/post/6610/mencicipi-laba-bisnis-yoghurt-beku.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24





Article Metrics:

Abstract Views - 5946

PDF Downloads - 4763



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2019 Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :