Implementasi Komunikasi Pemasaran PT. DSP dalam Mempertahankan Konsumen

Diana Anggraeni, Vladya Giana Tasha, Rosmalia Ahmad

Abstract


Periklanan merupakan kegiatan yang selalu dilakukan suatu perusahaan yang bertujuan untuk membangun citra positif terhadap produk dan perusahaan. Banyaknya perusahaan periklanan berdampak pada tingginya persaingan. Promosi yang dikerjakan harus berbeda dari pesaing lainnya. Adanya strategi komunikasi pemasaran yang direncanakan akan memengaruhi keberhasilan dalam menciptakan loyalitas dengan pihak-pihak yang ikut bekerja sama di dalamnya. PT. DSP merupakan satu dari perusahaan periklanan lokal di Jakarta yang berada dalam persaingan tinggi yang didominasi oleh periklanan multinasional. PT. DSP harus menghadapi kondisi persaingan yang ketat dalam menghadapi para pesaingnya. Oleh karena itu, PT. DSP turut merencanakan komunikasi pemasaran yang dapat membantu mempertahankan penjualannya dan konsumennya di tengah gempuran persaingan dan pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana impelementasi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT. DSP dalam mempertahankan konsumen. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Konsep yang digunakan adalah bauran komunikasi pemasaran. Hasil penelitian ini adalah PT. DSP menerapkan delapan bauran komunikasi pemasaran yang dianggap dapat memberikan dampak yang signifikan serta memanfaatkan seluruh saluran komunikasi seperti media konvesional, media sosial dan media digital.


Full Text:

PDF

References


Bali Post. (2017, November 9). Besa,Potensi Indonesia Kembangkan Industri. Retrieved from Bali Post Portal Berita: https://www.balipost.com/news/2017/11/09/27372/Besar,Potensi-Indonesia-Kembangkan-Industri...html

Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from idea to Implementation. Lanham: Rowman & Littlefield.

Brightstars Digital Agency. (2017, January 17). Perkembangan Digital Media Advertising Indonesia Saat Ini. Retrieved from Brightstars Digital Agency: http://www.brightstars.co.id/blog/bagaimanakah-perkembangan-digital-media-advertising-indonesia-saat-ini/

Dharmnesta, B. S. (1990). Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual. Journal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14(3), 73-78.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi Pemasaran. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.

Hidayat, N. (2021). Literasi Digital dan Bela Negara: Sebuah Upaya untuk Mencegah Hoax dalam Sistem Pertahanan Negara. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(1), 32-41.

Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Mardiyanto, D., & Slamet, G. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo. (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran). Surakarta Management Journal 1(1), 41-53.

Marta, R. F. (2015). Semiotika Pemasaran pada Brand Value melalui Sign Berupa Layout Berita dan Iklan Ibadah Haji (Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka). Semiotika, 9(2), 482-508.

Marta, R. F. (2016). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan (Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger#WTFoodies). Jurnal Komunikasi, 8(1), 68-82.

Mowen, J. C., & Minor, M. (1998). Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

Pamungkas, I. N. (2016). Think Integrated or You Will Be Hard to Engage People. Yogyakarta: Deepublish.

Panuju, R. (2019). Komunikasi Pemasaran. In Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi, Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran (p. 5). Jakarta: Prenadamedia Group.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial. In D. J. Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu pada Era Media Sosial (p. 98). Bandung: CV Pustaka Setia.

Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. In D. J. Priansa, Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial (p. 174). Bandung: CV Pustaka Setia.

Tiago, M. T., & Verı´ssimo, J. M. (2014). Digital marketing and social media: Why bother? Kelley School of Business, 703.

Tjiptono, F. (2014). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup! Yogyakarta: Andi.

Widjaja, H. (2000). Ilmu Komunikasi, Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yulianita, N. (2001). Komunikasi Pemasaran. Komunikasi Pemasaran. Program Pascasarjana Universitas Dr. Soetomo, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.212





Article Metrics:

Abstract Views - 825

PDF Downloads - 437



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Diana Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 Diana Anggraeni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :