


Program Bersinergi Mambangun Nagari (BMN) merupakan program pemberdayaan komunitas yang dilakukan oleh CSR PT Semen Padang untuk menjangkau masyarakat sekitar perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis proses komunikasi dalam Program Bersinergi Mambangun Nagari (BMN); (2) menganalisis partisipasi masyarakat penerima manfaat dalam program BMN; dan (3) menganalisis hubungan proses komunikasi terhadap opini publik atau citra perusahaan melalui program BMN. Penelitian ini menggunakan survei dengan pengumpulan data kuantitatif yang dilakukan menggunakan kuesioner. Sampel dipilih secara sengaja sebanyak 60 penerima manfaat yang berasal dari setiap forum binaan yang ada di setiap kelurahan. Data dianalisis dengan regresi linear menggunakan SPSS versi 22. Temuan penelitian adalah: (1) Proses komunikasi Program BMN merupakan komunikasi yang efektif untuk program pemberdayaan, berlangsung dialogis (dua arah), intens dan konvergen; (2) Partisipasi masyarakat penerima manfaat sangat tinggi karena adanya kesempatan, kemampuan dan kemauan penerima manfaat; (3) Proses komunikasi dalam Program BMN berpengaruh terhadap opini publik terhadap perusahaan dengan adanya partisipasi masyarakat, sementara tanpa partisipasi masyarakat, proses komunikasi tidak berpengaruh terhadap opini public/citra perusahaan.
Ambadar, J. (2008). CSR dalam Praktik di Indonesia: Wujud Kepedulian Dunia Usaha. Elex Media Komputindo.
Crowther, D., & Aras, G. (2008). Corporate Social Responsibility: A Broader View of Corporate Governance. In Gulen Aras & Ventus Publishing Aps.
Dewi, M. H. U. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2), 129–139.
Hadiyanto. 2008. Komunikasi Pembangunan Partisipatif: Sebuah Pengenalan Awal. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 6(2): 80-88.
Mahendra, B. (2019). Pemberdayaan Masyarakat melalui Program CSR PT. Angkasa Pura I Yogyakarta (Studi Kasus UMKM Madu Hutan Raya dan Mina Kembar ). Agercolere, 1(2), 30–36.
Mardikanto, T. (2010). Komunikasi Pembangunan: Acuan Bagi Akademisi, Praktisi, dan Peminat Komunikasi Pembangunan. UNS Press.
Mardikanto, T., & Soebiato, P. (2015). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Alfabeta.
Rasyid, A., Saleh, A., Cangara, H., & Priatna, W. B. (2015). Komunikasi dalam CSR Perusahaan: Pemberdayaan Masyarakat dan Membangun Citra Positif. Mimbar, 31(2), 507–518.
Rinawati, R. (2006). Komunikasi dan Pembangunan Partisipatif. Mediator: Jurnal Komunikasi, 7(2), 175–184. https://doi.org/10.29313/mediator.v7i2.1285
Saputri, N. (2010). Analisis Corporate Social Responsibility Sebagai Pembentuk PT Fast Food Indonesia di Kota Semarang, Universitas Diponegoro. http://eprints.undip.ac.id/22462/
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Soemirat, S., & Ardianto, E. (2015). Dasar-Dasar Public Relations. Remaja Rosdakarya.
Tanjung, N. S. (2016). Komunikasi Partisipatif dalam Pengelolaan Hutan Nagari di Sumatera Barat. Institut Pertanian Bogor.
Thomas, T, & Mefalopulos, P. (2009). Participatory Communication: A Practical Guide. The World Bank.
Wahyuni, S. (2010). Proses Komunikasi dan Partisipasi dalam Pembangunan Masyarakat Desa (Kasus Program Raksa Desa di Kecamatan Ciampea Kabupaten Bogor). April, 50–67.
Yusuf, Y. M., Prastyo, D. A., Khaerunnisa, L., & Raharjo, S. T. (2020). Implementasi Program Corporate Social Responsibility Oleh Perusahaan Unicorn Di Indonesia. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 252. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.26214
Zahara, E. (2018). Peranan Komunikasi dalam Pembangunan Masyarakat Pedesaan. Universitas Dharmawangsa Jurnal, 18(1), 8.
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :