Pembelajaran Politik untuk Pemilih Pemula Melalui Media Sosial di Purwokerto – Jawa Tengah

Sri Pangestuti, Ch Herutomo, S Bekti Istiyanto

Abstract


Pembelajaran politik untuk pemilih pemula adalah subjek penelitian yang menarik. Pemilih pemula, merupakan segmen yang strategis untuk direkrut dalam kegiatan pemilihan umum baik dalam pemilihan Presiden, legislatif, dan kepala daerah di tahun politik 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana komunikasi melalui media mampu memberikan pengaruh untuk para remaja yang mempunyai rentang usia 17-21 tahun dalam menerima informasi politik sebagai bagian pembelajaran berpolitik. Asumsi dasar dari penelitian ini adalah bagaimana belajar berpolitik melalui media sosial untuk remaja merupakan fenomena yang menarik dan dapat memprediksi keberhasilan kegiatan politik praktis bagi pemilih pemula secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan focus of group discussion (FGD). Informan merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang merupakan pemilih pemula. Karakteristik informan dibatasi dengan kriteria berumur dari 17-21 tahun, tahun 2019 merupakan partisipasi pertama dalam politk praktis seperti kegiatan pemilihan umum dan atau kepala daerah. Hasil dari studi ini:  pembelajaran politk bagi pemilih pemula umumnya dipengaruhi oleh lingkungan terdekat di mana mereka tinggal; Strategi pembelajaran politik yang diperlukan untuk pemilih pemula  dalam kegiatan politik praktis berjalan efektif menggunakan media sosial yang sesuai.


Full Text:

PDF

References


Ali, Fahcri. 2005. Politik Pencitraan Parpol PengaruhiPersepsi Publik. Jakarta: Gramedia.

Alfian, M. Alfan. 1978. Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Bandura. 1977. Social Learning Theory. Upper Sadle River, NJ: Prentice Hall.

Istiyanto, Bekti. 2015. Penggunaan Teknologi Komunikasi dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Penggunaan Handphone Bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Utara). Jakarta: Jurnal Komunikasi ISKI Vol 1(1): 58-63

Matthew B. Miles dan Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif buku sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia

Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif, Cetak Ke-12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Skinner, BF. 1971. Contigencies of Reinforcement. East Norwalk: Appleton

Sudarmanti, Rini & Yusuf, Kurniawaty. 2016. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Remaja. The 3rd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS). Jakarta: Serikat Perusahaan Pers.

Sulthan, Muhammad. 2010. Komunikasi Pemasaran Politik. Bandung: Unpad Press.

Susanto, AB. 2004. Politik dan Pemilu dalam Perspektif Pemasaran, Artikel Harian Umum.

Website:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran accessed on 1 September 2015

https:// rumahpemilu.org accessed on 1 September 2015




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.21





Article Metrics:

Abstract Views - 586

PDF Downloads - 458



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :