
Pembelajaran Politik untuk Pemilih Pemula Melalui Media Sosial di Purwokerto – Jawa Tengah
Abstract
Pembelajaran politik untuk pemilih pemula adalah subjek penelitian yang menarik. Pemilih pemula, merupakan segmen yang strategis untuk direkrut dalam kegiatan pemilihan umum baik dalam pemilihan Presiden, legislatif, dan kepala daerah di tahun politik 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana komunikasi melalui media mampu memberikan pengaruh untuk para remaja yang mempunyai rentang usia 17-21 tahun dalam menerima informasi politik sebagai bagian pembelajaran berpolitik. Asumsi dasar dari penelitian ini adalah bagaimana belajar berpolitik melalui media sosial untuk remaja merupakan fenomena yang menarik dan dapat memprediksi keberhasilan kegiatan politik praktis bagi pemilih pemula secara tepat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan focus of group discussion (FGD). Informan merupakan mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi yang merupakan pemilih pemula. Karakteristik informan dibatasi dengan kriteria berumur dari 17-21 tahun, tahun 2019 merupakan partisipasi pertama dalam politk praktis seperti kegiatan pemilihan umum dan atau kepala daerah. Hasil dari studi ini: pembelajaran politk bagi pemilih pemula umumnya dipengaruhi oleh lingkungan terdekat di mana mereka tinggal; Strategi pembelajaran politik yang diperlukan untuk pemilih pemula dalam kegiatan politik praktis berjalan efektif menggunakan media sosial yang sesuai.
Full Text:
PDFReferences
Ali, Fahcri. 2005. Politik Pencitraan Parpol PengaruhiPersepsi Publik. Jakarta: Gramedia.
Alfian, M. Alfan. 1978. Pemikiran dan Perubahan Politik Indonesia. Jakarta: Gramedia.
Bandura. 1977. Social Learning Theory. Upper Sadle River, NJ: Prentice Hall.
Istiyanto, Bekti. 2015. Penggunaan Teknologi Komunikasi dan Perubahan Sosial (Studi Kasus Penggunaan Handphone Bagi Anak-Anak di Kelurahan Bobosan Purwokerto Utara). Jakarta: Jurnal Komunikasi ISKI Vol 1(1): 58-63
Matthew B. Miles dan Michael Huberman. 2014. Analisis Data Kualitatif buku sumber Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia
Moleong, Lexy J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif, Cetak Ke-12. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Skinner, BF. 1971. Contigencies of Reinforcement. East Norwalk: Appleton
Sudarmanti, Rini & Yusuf, Kurniawaty. 2016. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Komunikasi Ibu dan Anak Remaja. The 3rd Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS). Jakarta: Serikat Perusahaan Pers.
Sulthan, Muhammad. 2010. Komunikasi Pemasaran Politik. Bandung: Unpad Press.
Susanto, AB. 2004. Politik dan Pemilu dalam Perspektif Pemasaran, Artikel Harian Umum.
Website:
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembelajaran accessed on 1 September 2015
https:// rumahpemilu.org accessed on 1 September 2015
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.21
Article Metrics:
Abstract Views - 586
PDF Downloads - 458
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta ISKI

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :