Ambon City of Music Identity Based on Local Wisdom

Noviawan Rasyid Ohorella, Edy Prihantoro, Tri Wahyu Retno Ningsih, Susilowati Dyah K, Emilianshah Banowo

Abstract


Kota Ambon dikenal sebagai destinasi wisata bahari, budaya, dan musik. Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) musikal masyarakat Kota Ambon yang dikenal dengan ciri khas musik tradisionalnya membuat UNESCO menetapkan Ambon sebagai kota musik. Label kota musik inilah yang menjadikan identitas bermusik masyarakat Kota Ambon beragam dan ini merupakan bagian dari pengembangan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan menganalisis identitas kearifan lokal dalam pengembangan dan pengelolaan Ambon sebagai kota musik. Teori dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan FGD. Hasil penelitian yang didapatkan adalah kota musik Ambon tidak hanya sebatas identitas kota tetapi merupakan wujud dari keunikan musik masyarakat Ambon dan juga nilai kearifan musik berbasis tradisi yang dikemas dengan berbagai genre lagu. Kota musik Ambon juga mewakili berbagai elemen, baik musisi maupun lagu dan alat musik yang ada. Momentum Ambon sebagai kota musik dunia semakin memperkenalkan bahwa identitas masyarakat Ambon adalah music, dan musik di Ambon tidak hanya sebatas karya tetapi merupakan bagian dari mediasi perdamaian.


Full Text:

PDF

References


Andriani. (2020). City Branding: Konsep dan Isu dalam Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Deepublish.

Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., & Nugraha, A. (2018). Pengembangan Model Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal di Kawasan Geopark Pangandaran. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 217-230. doi:http://dx.doi.org/10.24198/jkk.v6i2.18459

Kasapi, I., & Cela, A. (2017). Destination Branding: A Review of the City Branding Literature. Mediterranean Journal of Social Sciences, 8(4), 129-142.

Lolita, L.,Cangara, H., & Unde, A.A. (2017). Citra Ambon Manise Pasca Konflik Sosial: Strategi Komunikasi Pemasaran Wisata Alam Pantai di Pulau Ambon. Jurnal Kareba, 6(1), 110-119.

Luthfi, A., & Widyaningrat, A. I. (2018). Konsep City Branding Sebuah Pendekatan “The City Brand Hexagon” pada Pembentukan Identitas Kota. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis, 315–323.

Miles, M. B., & Huberman, M. (1992). Qualitative data analysis: A sourcebook of new method. Penerbit: Universitas Indonesia.

Noya, A. (2020). City Branding Ambon City of Music sebagai Folk Music Identity di Maluku. Resital, 21(3), 138-149.

Nugraha, A. R. (2017). Model Komunikasi Pariwisata yang Berbasiskan Kearifan Lokal (Studi Deskriptif Kualitatif di Wilayah Lembang Kabupaten Bandung Barat

Pane, V. (2021). Upaya Indonesia dalam Menjadikan Ambon sebagai Kota Musik Dunia Melalui UNESCO. JOM FISIP, 8(2), 1-15.

Rimsky, K. J. (2019). Branding Destinasi dan Promosi Pariwisata. Penerbit : Gramedi Pustaka Utama.

Rogers, E.M. (1983). Diffusion of Innovations, Third Edition. New York: The Free Press.

Ruberu, M. (2017). Dinamika Komunikasi Perumusan City Branding Yogyakarta Studi Kasus Perumusan City Brand Jogja Istimewa oleh Pemerintah Provinsi DIY. Yogyakarta: Fisipol Universitas Gadjah Mada.

Solsolay, A. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) Pemerintah Kota Ambon dalam Mengkomunikasikan Brand Ambon City of Music Melalui Kegiatan Tiga Pilar IMC. Jurnal The Messenger, 8(2), 86-99. doi:http://dx.doi.org/10.26623/themessenger.v8i2.334

Suwitra, A. (2011). Membangun Denpasar melalui City Branding. Denpasar: Bappeda.

Tomasoa, P.A., & Dianita, I.A. (2022). Pengelolaan City Branding Kota Ambon sebagai City of Music Selama Masa Pandemi Covid 19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 184- 192

Yin, R. K. (2003). Case Study Research Design and Methods. Penerbit: PT Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.209





Article Metrics:

Abstract Views - 417

PDF Downloads - 179



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Noviawan Rasyid Ohorella, Edy Prihantoro, Tri Wahyu Retno Ningsih, Susilowati Dyah K, Emilianshah Banowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 Noviawan Rasyid Ohorella, Edy Prihantoro, Tri Wahyu Retno Ningsih, Susilowati Dyah K, Emilianshah Banowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :