
Retorika Pidato Celebrity Maudy Ayunda sebagai Juru Bicara Presidensi G20
Abstract
Untuk pertama kalinya, Indonesia memegang Presidensi G20, sebuah forum kerja sama yang terdiri dari 20 ekonomi utama dunia. Kepresidenan Indonesia berlangsung selama satu tahun, mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. G20 adalah forum internasional yang berfokus pada koordinasi kebijakan di bidang ekonomi dan pembangunan. Ini mewakili kekuatan ekonomi dan politik dunia, sebuah prestasi yang membanggakan. Sebagai sebuah perhelatan akbar, maka di dalam negeri sendiri, pemerintah merasa perlu untuk mengkampanyekan kegiatan ini secara masif dan terus menerus, dan melibatkan berbagai pihak yang ada. Salah satunya adalah dengan melibatkan Maudy Ayunda sebagai salah satu juru bicara presidensi G20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan retorika Maudy Ayunda sebagai juru bicara Presidensi G20 dari berbagai pidato yang disampaikannya. Teori retorika selama ini memiliki beberapa asumsi bahwa keberhasilan retorika sangatlah bergantung pada kemampuan seorang pembicara. Kesuksesan menyampaikan pidato ini pun tak lepas dari materi teks pidato maupun kemampuan public speaking pembawa pesan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis retorika Camper, yang menganalisis dari sisi Ambiguity, Definition, Letter versus spirit, Conflicting, Assimilation dan Jurisdiction. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pidato kedua dan keenam Maudy memiliki semua unsur dari enam analisis retorika Camper, sedangkan pidato yang lainnya hanya beberapa elemen saja. Maudy Ayunda memiliki kekuatan pada gaya penyampaian baik secara verbal maupun non-verbal.
Full Text:
PDFReferences
Abu-Akel A, Spitz A, West R. (2021). The effect of spokesperson attribution on public health message sharing during the COVID-19 pandemic. PLoS ONE 16(2): e0245100. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0245100
Atmadja, X. L. (2014). Analisis Framing terhadap Pemberitaan Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Media Online. Jurnal E-Komunikasi, 2(1), 1-11.
Beebe, S. A., Beebe, S.J. (2009). Public Speaking An Audience-Centered Approach (7th ed). Pearson Education, Inc.
Beebe, S. A., Beebe, S.J. (2014). Public Speaking Handbook (4th ed). Pearson Education, Inc.
Bokemper, S. E., Huber, G. A., Gerber, A. S., James, E. K., & Omer, S. B. (2021). Timing of COVID-19 vaccine approval and endorsement by public figures. Vaccine, 39(5), 825-829.
Camper, M. (2018). Arguing over texts: The rhetoric of interpretation. Oxford University Press.
Condor, S., Tileagă, C., & Billig, M. (2013). Political rhetoric. In L. Huddy, D. O. Sears, & J. S. Levy (Eds.), The Oxford handbook of political psychology (pp. 262–297). Oxford University Press.
Fanggidae, J. P. (2020). Analisa Penggunaan Public Figure Sebagai Endorser dan Asosiasi Merk Produk Minuman Berenergi. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 5(01), 1-7.
Finlayson, A. (2012). Rhetoric and the political theory of ideologies. Political Studies, 60(4), 751-767.
Floyd-Lapp, C. (2014). Aristotle's Rhetoric: The Power of Words and the Continued Relevance of Persuasion.
Gunawan, F. (2015). Efektivitas penggunaan Ashraf & BCL sebagai celebrity endorser dalam iklan televisi LINE Let’s Get Rich dengan menggunakan model TEARS. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1-10.
Jackson, D.J & Darrow, T.I.A. (2005). The Influence of Celebrity Endorsements on Young Adults’ Political Opinions. The International Journal of Press/Politics, 10(3), 80-98.
Jackson, David J. (2018). The Effects of Celebrity Endorsements of Ideas and Presidential Candidates. Journal of Political Marketing, 17(4), 301-321.
Jensen, R. (2012). How Bobby Knight Changed His ‘Bad Boy’Image to Become a Media Darling. Repairing the Athlete’s Image: Studies in Sports Image Restoration, 223-235.
Joerke, D. (2010). Aristotle's Rhetoric: A Manual for the Politics of Emotion. Osterreichische Zeitschrift fur Politikwissenschaft, 39(2), 157-169.
Jones, A. A. (2012). Obama no longer media darling? NABJ Journal; Official Publication of the National Association of Black Journalists (Online), 15.
Koszowy, M., Budzynska, K., Pereira-Fariña, M., & Duthie, R. (2022). From theory of rhetoric to the practice of language use: The case of appeals to ethos elements. Argumentation, 36(1), 123-149.
Lee, J. S., & Kwak, D. H. (2016). Consumers’ responses to public figures’ transgression: Moral reasoning strategies and implications for endorsed brands. Journal of Business Ethics, 137(1), 101-113.
Lucas, Stephen E. (2012). The Art of Public Speaking (12th ed). McGraw-Hill Companies, Inc.
Maria, F. I., Yoanita, D., & Aritonang, A. I. (2020). Analisis Framing Pemberitaan Afiliasi Politik Basuki Tjahaja Purnama di Tirto. id, Kompas. com, dan Liputan6. com. Jurnal E-Komunikasi, 8(1), 1-12.
McNair, B. (2017). An introduction to political communication. Routledge.
McPhail, M. L. (2020). The Rhetoric and Ethics of Political Communication. Political Communication Ethics: Theory and Practice, 81.
Mufanti, R dkk. (2017). Can I be a Public Speaker? CV. Nata Karya.
Murthy, M., & Gosal, M. (2016). A Study on Aristotle’s Rhetoric Applied to Industrial Communication. British Journal of English Linguistics, 4(1), 64-74.
Putri, S. A. R. (2016). Media dalam Perspektif Masyarakat Tontonan “Jokowi Spectacle”. Jurnal The Messenger, 7(1), 1-8.
Rajiyem. (2005). Sejarah dan Perkembangan Retorika. Humaniora,17(2), 142-153.
Rini, E. S., & Astuti, D. W. (2012). Pengaruh Agnes Monica sebagai celebrity endorser terhadap pembentukan brand image Honda Vario. BISMA: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 6(1).
Shead et al. (2011). Youth Gambling Prevention: Can Public Service Announcements Featuring Celebrity Spokespersons be Effective? International Journal of Mental Health and Addiction, 9(2), 165-179.
Suciati, S & Ambarini, R. (2018). A Rhetorical Analysis of Selected Speeches of Indonesian Woman Politicians: Pre-Electoral Strategies. Journal of Computational and Theoretical Nanoscience, 24(6), 4541-4545.
Susa, D. E. (2019). Reading, Argumentation and Persuasion: Using Rhetorical Analysis in Textual Interpretation. KULT_online, (59).
Susetiyo, W., & Iftitah, A. (2021). Peranan dan Tanggungjawab Pemerintah dalam Pelayanan Kesehatan Pasca Berlakunya UU Cipta Kerja. Jurnal Supremasi, 11(12), 92-106.
Utomo, W. P. (2013). Menimbang media sosial dalam marketing politik di Indonesia: belajar dari Jokowi-Ahok di Pilkada DKI Jakarta 2012. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 17(1), 67-84.
Valdez, M.A & Dhani, R. (2021). Celebrity Endorsers in Government Communication: A Plausible Option Amidst Uncertainty and Declining Public Trust. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 6(2), 242-255.
Vance, E. (2010). Scientist as star: sleep researcher Sara Mednick has straddled the line between media darling and respected scientist. But why is there still a line at all? Nature, 468(7322), 365-367.
Wulandari, R. (2015). Media darling ala Jokowi. Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.206
Article Metrics:
Abstract Views - 982
PDF Downloads - 665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Riska Afrianti, Xenia Angelica Wijayanto, Lestari Nurhajati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :