Implementasi Prinsip Persuasif Robert Cialdini dalam Figur Rasulullah SAW

Anggayuh Gesang Utomo, Kevin Rizki Emilio, Nabila Sekar Arum Hasanah

Abstract


Menjadi seorang pemimpin yang baik haruslah bisa menjelaskan dan bertindak secara persuasif serta dalam kepemimpinannya harus bisa menjadi tauladan dan tuntunan kepada yang dipimpin guna tercapainya sebuah tujuan yang telah ditetapkan. Rasulullah SAW telah membuktikan komunikasi persuasi yang tepat digunakan sebagai pemimpin bahkan dalam keadaan krisis sekalipun. Komunikasi persuasi digunakan Rasulullah untuk meredam emosi pengikutnya kala itu dan mampu mengubah emosi negatif menjadi emosi positif. Penelitian ini terbatas pada implementasi prinsip persuasif Robert Cialdini dalam diri Rasulullah SAW. Tujuan dari penelitian ini dimaksudkan untuk menegetahui prinsip apa saja yang terdapat dalam figur Rasulullah SAW, dan prinsip manakah yang paling tepat untuk menjadikan seseorang sebagai pemimpin yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Rasulullah SAW memiliki semua prinsip persuasif dalam dirinya, dan merupakan pemimpin yang jujur, berkomitmen, dan konsisten.

Full Text:

PDF

References


Adzkiya, U. (2017). Analisis Etika Bisnis dan Marketing Nabi Muhammad SAW.

Alhikmah, tim kajian dakwah. (n.d.). Makna Nabi Muhammad SAW Sebagai Penutup Para Nabi. https://alhikmah.ac.id/makna-nabi-muhammad-SAW-sebagai-penutup-para-nabi/

Al-Mubarakfuri, S. S. R. (1998). Sejarah Hidup Muhammad; Sirah Nabawiyah (1st ed.). Robbani Press.

Aminuddin, F. (n.d.). Meneladani Rasulullah Sebagai Entrepreneur Sukses. https://www.ipmafa.ac.id/meneladani-rasulullah-sebagai-entrepreneur-sukses/

Arfiani, A. S. (2022). Komunikasi Persuasif pada Community Development (Kajian Tematik Perspektif Al-Quran). Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan Komunitas, 17, 11–20. https://doi.org/10.24042/bu. vl7il.11431

Arsyad, J. (2016). Pengaruh Kepribadian Rasulullah SAW Terhadap Perkembangan Peradaban Islam. Tazkiya, 5.

Azizah, K. (2022). Analisis Karakter Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dalam Bidang Pendidikan. Ash-Shuffah: Jurnal Penelitian Mahasiswa, 1(1), 1–15.

Cialdini, R. B. (2009). Influence; The Psychology of persuasion. In Psychology of Persuasion.

Fitria, T. N. (2021). Persuasive Strategies in Selected Brand Products’ Advertisement on Instagram: Rationalization Aspect. Journal of Pragmatics Research, 3(2), 108–130. https://doi.org/10.18326/jopr.v3i2.108-130

Hadiputra, G. G. R., & Muharman, D. (2021). Implementasi Komunikasi Persuasif Menjadi Barista. Warta ISKI, 4(1), 11–16. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.77

Hafulyon. (2012). Keragaman Konsep Kepemimpinan dalam Organisasi. Jurnal Ilmu Syari’ah, 11.

Harianto, Y. A. (2022). Teknik Persuasi Nabi Muhammad Kepada Kaum Anshar Dalam Pembagian Ghanimah Perang Hunain. Jurnal Lentera Kajian Keagamaan, Keilmuan Dan Teknologi, 21.

Harmonis. (2015). Konsep Komunikasi Rasulullah Muhammad SAW. Al-Risalah: Forum Kajian Hukum Dan Sosial Kemasyarakatan, 15(02), 267–283. https://doi.org/10.30631/alrisalah.v15i02.366

Hart, M. (1978). The Hundred.

Hisyam, I. (2004). As-Sirah an-Nabawiyah Juz 3. Dar El Hadits.

Ilyas, M. (2011). Komunikasi Persuasif Menurut Al-quran. Jurnal Altajdid STAIN Palopo, 2.

Ismail. (n.d.). Tafsir Ibnu Katsir. https://quranhadits.com/quran/21-al-anbiya/al-anbiya-ayat-107/#tafsir-ibnu-katsir

Izani, R. & R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Buku Sirah Nabawiyah Karya Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri. Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 10.

JUMAIZAH, A. R. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PERSUASIF GURU DALAM PENERAPAN BUDAYA SEKOLAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 MODEL MEDAN. https://repository.uma.ac.id/jspui/bitstream/123456789/11148/2/158530025%20-%20Ade%20Riska%20Jumaizah%20-%20Fulltext.pdf

Kriyantono, R. (2006). Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana.

Lesmana, M. (2019). Cara Penulisan Karya Ilmiah. LSM Males Art Studio Pusat DOkumentasi Seni Indonesia.

Ligariaty, Y., & Irwansyah, D. (2021). NARASI PERSUASI SOCIAL MEDIA INFLUENCER DALAM MEMBANGUN KONSEP KECANTIKAN DAN KEPERCAYAAN DIRI. 4(2), 173–186.

Lukman, F., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. (2021). Menyingkap Jati Diri Al-Qur’an. April 2018.

Marianti, M. M. (2011). Kekuasaan dan Taktik Mempengaruhi Orang Lain dalam Organisasi. Jurnal Administrasi Bisnis, 7, 45–58.

Masruuroh, L. (2020). Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia. Scopindo Media Pustaka.

Maulana, Herdiyan & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Gender. In Akademia Permata (2nd ed.).

Nuralisah, S. (2021). I’jazul Al-Quran.

Rahman, K. A. (2016). Dialogue and persuasion in the Islamic tradition: Implications for journalism. Global Media Journal, Canadian Edition, 9(2), 9–26.

Riyanto, M. A. (2019). Analisa Teori Persuasif Robert Cialdini dalam Preferensi Lembaga Kemanusiaan Terhadap Perbankan Syariah.

Rizaty, M. A. (2022). Jumlah Penduduk Muslim Indonesia Terbesar di Dunia pada 2022.

Scott, G. G. (2006). A Survival Guide For Working With Bad Bosses. American Management Association. http://www.sarahnamulondo.com/wp-content/uploads/2015/04/A-Survival-Guide-for-Working-With-Bad-Bosses.pdf

Siregar, N. M. (2020). Daya Tarik Persuasi Komunikasi Dakwah Nabi Muhammad SAW. Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam, 14.

Sukatman, Maghfuri, M. A., & Asnawi, R. I. (2022). KONSEP UMUM TENTANG KEPEMIMPINAN. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. www.ejournal.iainu-kebumen.ac.id

Utomo, A. G. (2021). TINDAK TUTUR PERSUASIF IKLAN PARIWISATA PADA CHANNEL “YOHAENG JUGAN” 여행 주간. http://repository.upi.edu/69720/

Yanggo, H. T. (2016). Al-quran Sebagai Mukjizat Terbesar. Waratsah, 1.

Yudiaatmaja, F. (2013). KEPEMIMPINAN: KONSEP, TEORI DAN KARAKTERNYA. Media Komunikasi FIS, 12.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.204





Article Metrics:

Abstract Views - 505

PDF Downloads - 142



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anggayuh Gesang Utomo, Kevin Rizki Emilio, Nabila Sekar Arum Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 Anggayuh Gesang Utomo, Kevin Rizki Emilio, Nabila Sekar Arum Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :