
Interaksi Parasosial Sawer pada Live Instagram Bunda Corla
Abstract
Studi ini dilakukan untuk melihat bagaimana interaksi dan hubungan parasosial yang terjalin antara para penggemar dengan para selebriti di media sosial. Melalui observasi pada akun media sosial yang dimiliki oleh beberapa selebriti di Indonesia, dan wawancara mendalam yang dilakukan dengan para informan; diketahui bahwa berbagai komentar yang diberikan penggemar merupakan gambaran adanya interaksi parasosial. Sedangkan penggemar yang selalu memberikan komentar pada tiap unggahan idola mereka memperlihatkan adanya hubungan parasosial. Hubungan ini merupakan gambaran kedekatan secara emosional dari para penggemar. Uniknya pada penenelitian ini selain komentar baik dan buruk, pemilik akun @Corla_2 seringkali “disawer” oleh para folowers-nya. Interaksi dan hubungan parasosial di media sosial sangat erat kaitannya dengan konsep hiperrealitas. Semua hal yang berkaitan dengan selebriti tertentu mungkin saja adalah hasil dari rekayasa, bahkan konsep sawer sendiri bisa terdapat tujuan saling menguntungkan satu sama lain, sehingga para penggemar akhirnya akan membentuk identifikasi mengenai selebriti tersebut berdasarkan hiperrealitas atau realitas yang berbeda dengan realitas yang sebenarnya. Keunikan yang dimiliki Bunda Corla jarang dimiliki public figure lainnya. Sikapnya yang polos, jujur, apa adanya, membuat para penggemarnya setia mengikuti live streaming melalui Instagram.
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, M. S., & Nugraha, A. R. (2022). Penggunaan Instagram Live BeritaBaik. Id dalam Program Bicara Baik. Lugas Jurnal Komunikasi, 6(1), 1–15. https://ojs.stiami.ac.id
Cohen, J. (2014). Mediated Relationships and Social Life : Current Research on Fandom, Parasocial Relationships, and Identification. Media and Social Life, 142–156. https://doi.org/10.4324/9781315794174-10
Giles, D. C. (2010). Parasocial Relationships. http://www.leakylounge.com
Hartmann, T., & Goldhoorn, C. (2011). Horton and Wohl Revisited: Exploring Viewers’ Experience of Parasocial Interaction. Journal of Communication, 61(6), 1104–1121. https://doi.org/10.1111/J.1460-2466.2011.01595.X
Hills, M. (2003). Fan Cultures. Fan Cultures, 1–207. https://doi.org/10.4324/9780203361337/fan-cultures-matthew-hills
Instagram. (2023). About Instagram | Instagram Help Center. https://help.instagram.com/424737657584573
KBBI Online. (n.d.). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Retrieved January 15, 2023, from https://kbbi.web.id/sawer
Kharin Herbawani, C., Geraldine Ruthin, Z., Ramadhania, L., Magdalena Natalia Situmeang, A., Qoulan Karima, U., Studi Kesehatan Masyarakat, P., Veteran Jakarta, U., Studi Kesehatan Masyarakat, P., & Syarif Hidayatullah Jakarta, U. (2021). Pemanfaatan Instagram Live sebagai Sarana Edukasi Kesehatan Masyarakat di masa Pandemi COVID-19 Article Info. Jurnal Warta LPM, 24(2), 196–206. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta
Laken, A. R. (2009). Parasocial relationships with celebrities: An illusion of intimacy Parasocial relationships with celebrities: An illusion of intimacy with mediated friends with mediated friends. https://doi.org/10.34917/2307944
Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense-personal celebrity worship and body image: Evidence of a link among female adolescents. British Journal of Health Psychology, 10(1), 17–32. https://doi.org/10.1348/135910704X15257
Manusov, V. Lynn., & Harvey, J. H. (2001). Attribution, communication behavior, and close relationships (p. 383). Cambridge University Press.
McQuail, D., & Deuze, M. (2020). Mcquail’s Media & Mass Communication Theory.
Pikiran Rakyat. (2022). Siapa Bunda Corla? Simak Profil Singkatnya Berikut. https://www.pikiran-rakyat.com/entertainment/pr-015850272/siapa-bunda-corla-simak-profil-singkatnya-berikut
Sofyan, M. A. (2018). Sawer: Simbol Komunikasi Kultural Penyanyi dan Penonton. Manhaj: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 6(3). https://doi.org/10.1161/MHJ.V5I3.731
Suara.com. (2022). Intip 10 Artis Indonesia Punya Pengikut Instagram Terbanyak 2022. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/05/06/110412/intip-10-artis-indonesia-punya-pengikut-instagram-terbanyak-2022
We Are Social, & Kepios. (2022). Digital 2022: Indonesia - DataReportal – Global Digital Insights. https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i2.203
Article Metrics:
Abstract Views - 361
PDF Downloads - 162
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ageng Pramathika Friscillia, Veviane Vevis, Yosef Rabindanata Nugraha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :