Pola Penyebaran Pesan Melalui Akun Facebook pada Karyawan Generasi Milenial di PT. XXX Indonesia

Ulani Yunus, Gustina Gustina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai pola penyebaran pesan yang oleh Generasi Milineal sebagai karyawan melalui Facebook. Penelitian ini dilakukan karena Generasi Milenial menjadi mayoritas di Indonesia, yaitu 1 dari 3 jumlah penduduk Indonesia,  demikian juga jumlah yang ada pada perusahaan; Facebook (FB) adalah media sosial yang menempati posisi pertama di dunia sebagai media sosial yang paling banyak digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terbuka dan observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat pola penyebaran pesan melalui FB oleh generasi milenial melalui berita baik dalam bentuk foto atau tulisan sela-sela jam kerja mereka. FB juga merupakan media yang menjadi sumber berita bohong yang disebarkan oleh akun pribadi. Akun FB perusahaan tidak mendapat perhatian karyawan sehingga tidak cocok untuk menyebarkan informasi untuk kepentingan internal.


Full Text:

PDF

References


Bodgan, R., & Taylor, S. J. (1975). Introduction to Qualitative Research: Methode. New York: John Willey and Sons.

Bogdan, R. C., & Biklen, K. S. (1982). Qualitative Research for Education: An introduction to Theory aand Methods. Boston London: Allyn and Bacon, Inc.

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualitatif: Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, O. U. (1989). Kamus Komunikasi. Bandung: Mandar Maju.

Flew, T. (2008). New Media an Introdruction. Australia: Oxford.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! . The challenges and Opportunities Media, 59-68.

Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1974). Utilization of Mass Communication by the Individual. Beverly Hills: Sage Publication.

Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lyons, S. (2004). An Exploration of Generational values in Life and at Work. Canada: Carleton University: Ottawa.

Maslow, A. H. (1970). Motivation and Personality. New York: Harper & Brothers.

McQuail, D. (1987). Mass Communication Theory. Jakarta: Erlangga.

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurudin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: Rajawali Pers.

Ruslan, R. (2010). Metode Penelitian: Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Siahaan, S. M. (1991). Komunikasi Pemahaman dan Penerapannya. Jakarta: Gunung Mulia.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Surakhmad, W. (1982). Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandug: Tarsito.

West , R., & Turner, L. H. (2012). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. Jakarta: Salemba Humanika.

Widjaja, H. A. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zlatko, N., & Maciej, B. (2017). Exploring the Influence of Personal values and Cultures in the Workplace. USA: IGI Global Business Science Reference.

Bevan-Dye, A. L., & Akpojivi, U. (2015). South African Generation Y Students' Self-Disclosure on Facebook. Psychology Society of South Africa, 1-14.

Lai, C.-Y., & Yang, H.-L. (2014). Determinants and Consequences of Facebook Feature Use. New media and Society, 1-16.

Wilson, R. E., Gosling, S. D., & Graham, L. T. (2012). A Review of Facebook Research in the Social Science. Association for Pschological Science, 1-10.

Firmanza, A. (2010, 10 07). 5 Hasil Penelitian Unik Seputar Facebook. Retrieved 11 22, 2017, from Wolipop: https://wolipop.detik.com/read/2010/10/07/135228/1458027/860/5-hasil-penelitian-unik-seputar-facebook

Ismarani, D. (2017, 04 26). Data Pengguna Internet Tahun 2017 dan Apa kesimpulan yang bisa di ambil dari data tersebut. Retrieved 11 07, 2017, from Youth Manual: https://www.youthmanual.com/post/fun/did-you-know/data- pengguna-internet-tahun-2017-dan-apa-kesimpulan-yang-bisa-diambil-dari- data-tersebut

Musofa, D. Z. (2013, 06 12). Kecanduan Facebook, Fenomena lain Jejaring Sosial. Retrieved 11 22, 2017, from Merdeka: https://www.merdeka.com/teknologi/kecanduan-facebook-fenomena-lain- jejaring-sosial-sisi-hitam-jejaring-sosial.html

Wilda, R. (2016, 03 14). 81 Persen Karyawan Akui Gemar Akses Media Sosial di Tengah Jam Kerja. Retrieved 10 30, 2017, from Career News: http://careernews.id/youknow/view/3870-81-Persen-Karyawan-Akui-Gemar- Akses-Media-Sosial-di-Tengah-Jam-Kerja




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.20





Article Metrics:

Abstract Views - 375

PDF Downloads - 154



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406