Strategi Komunikasi Membina Siswa Broken Home

Ahmad Khairul Nuzuli, Dita Septia Yuliani, Ahmad Yudialza, Erick Dwi Satria, Fikardillah Fathur R, Franka Deju Ritama

Abstract


Tidak semua siswa lahir dari keluarga yang utuh, sebagian dari mereka juga lahir dari keluarga broken home. Beberapa penelitian menujukkan siswa broken home cendrung berperilaku negatif di lingkungan sekolah, terutama dalam masalah mengendalikan emosi, kedisiplinan dan prestasi. Oleh sebab itu, guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam memberikan perhatian komunikasi yang persuasif dan penuh empati dalam membina siswa tersebut agar bisa mengendalikan diri dan tidak terpengaruh prilaku negatif. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana strategi komunikasi guru bimbingan dan konseling dalam membina siswa korban broken home di SMAN 4 Sungai Penuh. Metode yang digunakan adalah Deskriptif Kualitatif dengan mewawancarai tiga orang guru bimbingan dan konsuling (BK) SMAN 4 Sungai Penuh. Hasil penelitian menunjukkan 20-30 siswa korban broken home cenderung tidak mendapatkan kasih sayang dari orang tua mereka dan juga kurang berinteraksi dalam rumah tangga. Strategi komunikasi yang digunakan guru BK dalam membina siswa broken home di SMAN 4 Sungai Penuh adalah dengan cara menggunakan komunikasi antarpribadi (berkunjung ke rumah dan melakukan konseling realita), dan melakukan komunikasi kelompok dengan membuat WA group beranggotakan orang tua siswa broken home, dan membuat organisasi Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) 


Full Text:

PDF

References


Adim, R., Kusdaryani, W., & Lestari, F. W. (2021). Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang mengalami broken home. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 40.

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta). DutaCom Journal, 9(1), 47.

Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Smpn 7 Mataram Dalam Menyelesaikan Soal Garis Dan Sudut Tahun Siswaan 2018/2019. Media Pendidikan Matematika, 6(2), 79. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838

Apriyanty, D. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Siswa yang Mengalami Kurang Motivasi Belajar dari Keluarga Broken Home di SMP Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Mahasiswa Bk An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 4(2), 1–4. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v4i2.1447

Aziz, M. (2015). Perilaku Sosial Anak Remaja Korban Broken Home dalam Berbagai Perspektif (Suatu Penelitian di SMPN 18 Kota Banda Aceh). Jurnal Al-Ijtimaiyyah, 1(1). https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.252

Durrotunnisa, D., & Hanita, R. N. (2021). Konseling Kelompok Teknik Reinforcement Positif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Broken Home. Jurnal Basicedu, 6(1), 315–323. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1823

Fauzi, R. (2020). Komunikasi Interpersonal Anak Broken Home Pasca Perceraian Orang Tua (Studi Fenomenologi di Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(1), 15. https://doi.org/10.32332/jbpi.v2i1.1946

Giantika, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Guru dalam Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Siswa SDN Tebet Barat 01 Jakarta Selatan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi, 11(30), 143–150.

Hartanti, S. S., & Salsabila, V. (2020). Analisis Kondisi Fisik dan Psikis terhadap Anak Korban Broken Home. Jurnal Edusaintek, 4, 563–570.

Hasanah, S., Sahara, E., Sari, I. P., Wulandari, S., & Pardumoan, K. (2017). Broken Home pada Remaja dan Peran Konselor. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2. https://doi.org/10.29210/3003212000

Hensokan, R. (2018). Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Konseling terhadap Siswa SMK Negeri 3 Gorontalo. Instasnsi, 4(1), 88–100.

Kartini, I. I., Listiawaty, T. N., & Rosita, T. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Mengalami Broken Home. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(1), 9. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i1.2971

Maulida, S. (2021). Peran Guru BK dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Broken Home Melalui Pendekatan Realita pada Siswa Kelas VIII di SMP N 7 Kota Sukabumi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan.

Merlin, A., Astuti, I., & Yuline, Y. (2022). Analisis Rendahnya Minat Belajar Peserta Didik Broken Home Kelas VIII SMP Negeri 1 Simpang Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v11i5.54523

Nento, A. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Memberi Solusi Siswa yang Broken Home. Linear: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 27–41. https://ojs.untika.ac.id/index.php/linear/article/download/140/107

Nurcahya, A. (2021). Remaja, Broken Home, Terapi Konseling Realita: Sebuah Pendekatan Penyadaran Diri. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 50–66. https://doi.org/10.26877/empati.v8i2.8032

Nuzuli, A. K. (2020). Komunikasi Orang Tua dan Tingkat Stres Mahasiswa Perantauan Pada Larangan Mudik Covid 19. Jurnal Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 10(2), 242–260. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/komunida.v10i02.1525

Nuzuli, A. K., & Sunata, I. (2022). Dinamika komunikasi pada keluarga yang memiliki istri berpenghasilan lebih dari suami. Jurnal Komunikasi Profesional, 6(2), 158–168. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp/article/view/4496

Putra, A. R. B. (2015). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kecenderungan Perilaku Agresif Peserta Didik Di Smkn 2 Palangka Raya Tahun Siswaan 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(2). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i2.406

Sardi, Budianto, Pranata, J., & Suryanti. (2021). Penerapan konseling realita dan mindfulness untuk mengatasi kenakalan remaja pada siswa broken home. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 4(1), 48–59.

Siswita, F. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Korban Broken Home di SMA Negeri 1 Dolok Merawan. Repository, 1(1), 173–180.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam sebagai Konselor dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 92. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.357

Yuli, Y. (2020). Perilaku Sosial Anak Remaja yang Menyimpang Akibat Broken Home. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 47–50. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/395%0A




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v6i1.199





Article Metrics:

Abstract Views - 487

PDF Downloads - 317



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AHMAD KHAIRUL NUZULI, Dita Septia Yuliani, Ahmad Yudialza, Erick Dwi Satria, Fikardillah Fathur R, Franka Deju Ritama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2023 AHMAD KHAIRUL NUZULI, Dita Septia Yuliani, Ahmad Yudialza, Erick Dwi Satria, Fikardillah Fathur R, Franka Deju Ritama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :