Implementasi Integrated Marketing Communication dalam Membangun Brand Awareness Produk Fashion Erigo
Abstract
Penelitian ini membahas implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) dalam upaya membangun brand awareness produk fashion Erigo di pasar Indonesia. Pakaian merupakan kebutuhan dasar yang memiliki dampak tersendiri dalam kehidupan sosial. Seiring dengan kebutuhan manusia terhadap pakaian, menjadikan fashion sebagai cabang industri bisnis yang sangat penting. Tingginya peluang pasar industri fashion, diikuti dengan pesatnya pertumbuhan pelaku bisnis fashion berdampak pada peningkatan persaingan antar para pelaku bisnis. Erigo sebagai brand fashion lokal terbesar di Indonesia, tidak dapat terlepas dari kompetisi pasar dalam industri fashion. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh Erigo untuk dapat dikenal dan bertahan diantara para kompetitor bisnis fashion. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Integrated Marketing Communication (IMC) dan brand awareness. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik perolehan data diperoleh melalui observasi studi kepustakaan berupa dokumen penelitian sebelumnya, buku, jurnal elektronik, berita dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Erigo menerapkan enam pola IMC sebagai upaya untuk membangun brand awareness (kesadaran merek) yaitu penggunaan public relations (humas), advertising (iklan), pemanfaatan social media (media sosial), trade show (pagelaran busana), sales promotion (promosi produk), dan e-commerce development (penggunaan e-commerce).
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D. A. (1996). Measuring Brand Equity Across Products and Markets. California Management Review, 38(3).
Amos, C., Holmes, G. R., & Strutton, D. (2008). Exploring the relationship between celebrity endorser effects and advertising effectiveness: A quantitative synthesis of effect size. International Journal of Advertising, 27(2). https://www.researchgate.net/publication/282234643_Exploring_the_relationship_between_celebrity_endorser_effects_and_advertising_effectiveness_A_quantitative_synthesis_of_effect_size
Andarista, F., Hariyani, D. S., & Fauzi, R. U. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Promosi Terhadap Minat Beli Brand Erigo Melalui Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Journal of Current Research in Business and Economics, 1(2), 36–44.
Ardayanti, E., Arindawati, W., & Oxygentri, O. (2022). Pengaruh Postingan Iklan Billboard Erigo Di Times Square New York Pada Instagram @Erigostore Terhadap Brand Awareness (Analisis Regresi Linier Sederhana Pada Followers Instagram @Erigostore). Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(9), 3497–3505.
Aurell, A. (2022). The Acceleration of Indonesia’s Fast Fashion Industry in Indonesia’s Growing Creative Economy - Market Entry Solution Firm in Indonesia. Bright Indonesia. https://brightindonesia.net/2022/09/22/the-acceleration-of-indonesias-fast-fashion-industry-in-indonesias-growing-creative-economy/
Blakeman, R. (2018). Integrated Marketing Communication: Creative Strategy from Idea to Implementation. In E. Swayze (Ed.), Rowman & Littlefield. Rowman & Littlefield. https://books.google.co.id/books?id=m-1DDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Cahya, Y., & Padjadjaran, U. (2021). Segmentasi Pasar Produk Erigo Apparel. September, 0–3.
Dihni, V. A. (2022). Survey: Mayoritas Masyarakat Indonesia Memilih Gaya Simple untuk Tren Busana 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/survey-mayoritas-masyarakat-indonesia-memilih-gaya-simple-untuk-tren-busana-2022
Durianto, D., Sugiarto, S., & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukkan pasar : melalui riset ekuitas dan perilaku merek. Gramedia Pustaka Utama.
Gultom, Z. A. (2022). 14 Brand Clothing Lokal yang Bakalan Makin Hits di 2022. Idntimes. https://www.idntimes.com/men/style/zefanya-alviano-gultom/brand-clothing-lokal-yang-bakalan-makin-hits-di-2022-ini
Iqbal, M. A., & Susanti, E. D. (2022). Pengaruh Communication Marketing dan Brand Image pada Viral Marketing Terhadap Minat Beli Pelanggan Brand Erigo Store di Era New Normal. J-Mas Jurnal Manajemen Dan Sains, 7(2), 1048–1056. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.579
Jackson, T., & Shaw, D. (2008). Mastering Fashion Marketing. In Red Globe Press (2008th ed.). Red Globe Press. https://books.google.com.sg/books?hl=id&lr=&id=jSNIEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=fashion+week+marketing&ots=gfuMnkWKNP&sig=iAu-m_EvwjWHZUniBOVnh3n0kPo&redir_esc=y#v=onepage&q=fashion week marketing&f=false
Kairupan, D. J. I., & Yovanda, O. A. (2021). Pengaruh Public Relation, Advertising, Dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Produk Umkm: Studi Kasus Pada Toko X Cake and Bakery. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(1), 1. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.161.367
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Marketing Management: International Edition. Pearson Education.
Mitterfellner, O. (2020). Fashion marketing and communication. In Taylor & Francis Group (1st ed.). Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.5040/9781474271233.ch-005
Nisa, R. S. I. (2022). 7 Brand Fashion Lokal Indonesia yang Mendunia | BukaReview. Suara.Com. https://www.suara.com/lifestyle/2022/12/05/074500/5-brand-fashion-lokal-indonesia-yang-mendunia-sering-dikira-dari-luar-negeri
Pradana, M. H., & Dhewanto, W. (2021). Program Development for Fashion E-Commerce Accelerator Using Co-Creation Double Diamond. Proceedings of the International Conference on Business and Engineering Management (ICONBEM 2021), 177, 51–54. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210522.008
Putri, R. F., Fitriani, E. W., & Sartika, S. H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Erigo Store Brand Fashion Lokal Indonesia Yang Mendunia. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 213–220. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.185
Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 25–29. https://doi.org/10.19184/EJEBA.V7I1.14849
Saputri, W. O. E., Romadhan, M. I., & Pradana, B. C. S. A. P. (2022). Strategi IMC Matahari Departement Store Melalui Program Shop and Talk Sebagai Upaya Meningkatkan Engagement di Masa Pandemi. Seminar Nasional 2022 “Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi,” 1(1).
Setya, T. R. W. (2022). Profil Lea. https://m.merdeka.com/lea/profil
Smalec, A., & Mróz-Gorgoń, B. (2015). Marketing Communication of Fashion Events And Consumers’ Expectations. 12, 1–139. http://www.eka.edu.lv/public
Soefijanto, T. A. (2012). Integreted Marketing Communication: Marketing Komunikasi di Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
Statista. (2022). Fashion-Indonesia: Statista Market Forecast. https://www.statista.com/outlook/dmo/ecommerce/fashion/indonesia
Wang, T.-C., Porter, G., Ghalih, M., & Porter, G. A. (2017). Mach-Zehnder Interferometers View project Focus on Indonesian Coffee View project Marketing Public Relations Strategies to Develop Brand Awareness of Coffee Products. Science Journal of Business and Management, 5(3), 116–121. https://doi.org/10.11648/j.sjbm.20170503.15
Zulkarnain, L., Rangga, P., Sawangan, K., Depok, K., Barat, J., Hasanah, N. U., Rangga, P., Sawangan, K., Depok, K., & Barat, J. (2017). Analisis Strategi Bersaing pada Produk Fashion (Studi Kasus CV Racun Cinta).
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.195
Article Metrics:
Abstract Views - 872
PDF Downloads - 505
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Adam George Ritonga, Gebby Setia Akhdev Pratiwi, Hannidah Islahiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :