
Komunitas adalah Pesan: Studi Netnografi Virtual di Situs Wisata TripAdvisor
Abstract
Di era digital, masyarakat lebih cenderung mengacu pada apa yang dikatakan oleh komunitas di internet dibanding dengan bertanya langsung dengan orang yang dikenalnya. Rating dan ulasan dipercaya dan menjadi acuan seperti halnya orang akan membaca rating dan ulasan destinasi wisata sebelum mereka melakukan kunjungan. Tujuan penelitian ini pertama menjelaskan netnografi pada komunitas virtual di TripAdvisor; kedua menggambarkan kesan para traveler terhadap destinasi wisata di Palembang yang dapat membantu perencanaan perjalanan bagi wisatawan lainnya. Literatur yang digunakan adalah menggabungkan Teori Interaksi sosial dan Teori CMC dan konsep komunitas virtual. Penelitian ini menggunakan metode netnografi yang membahas teks pada situs TripAdvisor tentang Destinasi di Palembang. Dalam netnografi, pengumpulan data primer pada observasi dari teks yang berupa rating, ulasan dan percakapan di TripAdvisor. Analisis data dengan melakukan pengelompokan data dan diurutkan dan menjelaskan data tersebut.Hasil yang dicapai adalah bahwa rating, ulasan ditulis berdasarkan pengalaman mereka saat itu yang bersifat sementara. Namun, ulasan dan percakapan di Forum TripAdvisor akan memberi gambaran dan keyakinan pada para traveler untuk mengambil keputusan dalam merencanakan perjalanan mereka ke destinasi tersebut. Inilah yang disebut dengan istilah Community is the message.
Full Text:
PDFReferences
Bowler Jr, Gary M. (2010). Netnography: A Method Specically Designed to Study Cultures and Communities Online. Diakses pada 29 Agustus 2018 dari https://nsuworks.nova.edu/tqr/vol15/iss5/13/
Cantoni, Lorenzo dan Tardini, Stefano (2006). Internet. Madison Ave New York: Routledge.
Hanifah, Syifa (2018, 7 Juni). 5 Kota tertua di Indonesia, ada yang usianya di atas 1.000 tahun Diakses pada 7 Agustus 2018 dari https://www.merdeka.com/peristiwa/5-kota-tertua-di-indonesia-ada-yang-usianya-di-atas-1000-tahun/palembang.html
Jonathan, H. Turner (1988). Theory of Social Interaction. Riverside: University of California.
Kozinets, Robert V. (2002). The Field Behind the Screen: Using Netnography for Marketing Research in Online Communities. (February 2002). Journal of Marketing Research volume 39, No. 1. pp. 61-72.
Kozinets, Robert V. (2010). Netnography. Doing Ethnography Research Online. London: Sage Publication.
Liliweri, Alo. (2014). Sosiologi dan Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
McQuail, Denis. (2010). Mass Communication Theory 6 th edition. London: Sage.
Nasrullah, Rully (2013). Cyber Media. Yogyakarta: Idea Press.
Nasrullah, Rully (2014). Teori dan Riset Media Siber. Jakarta: Prenadamedia Group.
Rou. (2014). TripAdvisor Tembus 100 Juta Download di iPhone & Android. Diakses 7 Oktober 2018 dari https://inet.detik.com/iphone/2559414/tripadvisor-tembus-100-juta-download-di-iphone--android https://www.tripadvisor.co.id/
Ruben, D. Brendt dan Stewart, Lea P. (2017). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Depok: Raja Grafindo Perkasa.
Sumadiria. AS Haris (2014). Sosiologi Komunikasi Massa. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Thurlow, Laura dan Tomic. (2004). Computer Mediated Communication. London: Sage Publication.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.19
Article Metrics:
Abstract Views - 3509
PDF Downloads - 4119
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta ISKI
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :