Komunikasi Partisipatif Pemberdayaan Masyarakat Kampung Ulos dalam mengembangkan Ulos sebagai Upaya Revitalisasi
Abstract
Kain ulos sudah lama digunakan oleh masyarakat Batak dan menjadi salah satu warisan budaya. Kain itu digunakan dalam berbagai pertemuan dan acara adat, seperti pernikahan, acara kematian, tujuh bulanan, ataupun acara dalam lingkup keluarga. Perkembangan zaman dan modernisasi membuat kain ulos terancam punah karena kondisi perekonomian para pengrajin ulos tidak berkembang, sehingga mereka tidak ingin melanjutkan profesi sebagai pengrajin. Kampung Ulos Huta Raja di Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Pulau Samosir, sejak awal masyarakatnya adalah penenun sehingga kampung itu disebut Kampung Ulos. Para penenun menjual kain ulosnya melalui bazar maupun pameran. Komunikasi pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk membawa perubahan yang berkelanjutan serta mengembangkan para pengrajin Ulos. Kampung Ulos Huta Raja melakukan pemberdayaan untuk mengembangkan kain Ulos sebagai upaya revitalisasi, termasuk dalam mengembangkan desa sebagai desa wisata. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi partisipatif, dan pemberdayaan masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui data primer yaitu melakukan wawancara ke pengurus pengrajin Ulos dan juga para pengrajin ulos. Peneliti juga melakukan observasi di lokasi. Melalui pemberdayaan masyarakat, para pengrajin ulos dapat meningkatkan produk UMKM Sumatera Utara khususnya Danau Toba.
Full Text:
PDFReferences
Anwas, O. (2013). Pemberdayaan Masyarakat di Era Globalisasi. Bandung: Alfabeta.
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan, Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Fatimah, S., Arifin, I, Z., Sumpena, D. (2019). Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Program Keluarga Harapan. Prophetica : Scientific and Research Journal of Islamic Communication and Broadcasting. 5(1).
Indardi. (2016). Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Unpad Press.
Mashabi, S. (2021). Jokowi Luncurkan Kampanye Beli Kreatif Danau Toba. Diperoleh dari https://nasional.kompas.com/read/2021/02/20/17053541/jokowi-luncurkan-kampanye-beli-kreatif-danau-toba
Muchtar, K. (2016). Penerapan Komunikasi Partisipasif pada Pembangunan di Indonesia. Jurnal Makna. 1(1).
Ngantung. D. (2021). Di balik Pesona Ulos: Tantangan Perajin dan Upaya Revitalisasi. Diperoleh dari https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-5769132/di-balik-pesona-ulos-tantangan-perajin-dan-upaya-revitalisasi
Nindatu, P, I. (2019). Komunikasi Pembangunan Melalui Pemberdayaan Masyarakat untuk Pengentasan Kemiskinan. Jurnal Perspektif Komunikasi. 3(2).
Pardosi, M. (2022). Ternyata Kampung Ulos Hutaraja Nama yang Diberikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Begini Ceritanya. Diperoleh dari https://medan.tribunnews.com/2022/02/04/ternyata-kampung-ulos-hutaraja-nama-yang-diberikan-ibu-negara-iriana-joko-widodo-begini-ceritanya
Pardosi. M. (2022). Sejarah di Balik Nama dan Pembangunan Kampung Ulos Hutaraja Pardamean Ada Sosok Berpengaruh ini. Diperoleh dari https://medan.tribunnews.com/2022/02/03/sejarah-di-balik-nama-dan-pembangunan-kampung-ulos-hutaraja-pardamen-ada-sosok-berpengaruh-ini?page=all
PPID. (2022). Resmikan Penataan Kampung Ulos Hutaraja dan Huta Siallagan di Samosir, Presiden Jokowi Apresiasi Program Revitalisasi Kawasan Budaya. Diperoleh dari https://eppid.pu.go.id/page/kilas_berita/2869/Resmikan-Penataan-Kampung-Ulos-Hutaraja-dan-Huta-Siallagan-di-Samosir-Presiden-Jokowi-Apresiasi-Program-Revitalisasi-Kawasan-Budaya-
Rahim, S.A. (2004). Participatory Development Communication as a Dialogical Process. In White SA, Nair KS. Participatory Communication: Working for Change and Development. New Delhi: Sage Publications.
Samovar, L.A dan Porter, R.E. (2014). Komunikasi Lintas Budaya. Salemba Humanika. Jakarta.
Sari, K & Heryanto. (2021). Melestarikan Budaya melalui Festival Hita Do Huta Rajaraja II di Pulau Samosir. Diperoleh dari https://medan.tribunnews.com/2021/10/30/melestarikan-budaya-melalui-festival-hita-do-hutaraja-ii-di-pulau-samosir
Setyowati, Y. (2016). Tindakan Komunikatif Masyarakat 'Kampung Preman' dalam Proses Pemberdayaan. Jurnal Aspikom. 3(1).
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tufte, T., & Mefalopulos, P. (2009). Participatory communication: A practical guide (Vol. 170). World Bank Publications.
Tumanggor, R., Ridlo, K., & H Nurochim, M. M. (2017). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Kencana.
Widiarini, A.D. (2020). Hari Ulos Nasional, Mari Telisik Makna dibalik Keindahannya, Diperoleh dari https://travel.kompas.com/read/2020/10/17/090400427/hari-ulos-nasional-mari-telisik-makna-di-balik-keindahannya.
Yanti, F dan Amaliah, E. (2021). Strategi Komunikasi Pemberdayaan Masyarakat pada Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Komunikasi Islam. 11(1).
Zaelani, A., Ardiansyah, I., Firdaus, M, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Desa di Lembaga Alam Lestari Indonesia Sukabumi. Tsaqila : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. 1(1).
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.183
Article Metrics:
Abstract Views - 514
PDF Downloads - 351
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lamria Raya Fitriani, Dewi Rachmawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :