Implementasi Personal Selling Pembentukan Citra Produk PT. XYZ

Inge Hutagalung, Endriana Yuniartanti

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk  mengetahui sejauhmana implementasi komunikasi pemasaran melalui personal selling dapat membentuk citra suatu produk. Untuk menjawab tujuan tersebut digunakan teori dan konsep yang berhubungan dengan komunikasi, personal selling, dan citra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa implementasi personal selling dalam pembentukan citra produk mendapat respon yang positif dan dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Lebih lanjut, untuk menunjang kegiatan penjualan disarankan agar personal selling dapat dipadukan dengan bauran komunikasi pemasaran lain seperti membangun hubungan baik dengan pelanggan (public relations), memberikan brosur dan training produk pada pelanggan atau membawa pelanggan untuk melihat sendiri FAT(Factory Acceptance Test) untuk produk yang dijual.


Full Text:

PDF

References


Cornelissen, Joep. (2009). Corporate Communication: A Guide to Theory and Practice. London: Sage Publication.

Jefkins, Frank. (2007). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip; Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Littlejohn, Stephen W, Foss, Karen. (2010). Theories of Human Communication, 10th Edition, Belmont, CA: Wadsworth.

Harris, Thomas L. (1993). The Marketer’s Guide to Public Relations. New York: John Wiley and Son Inc.

Petty, Richard, John T. Cacioppo, Alan J. Stratham and Joseph Priester. (2005). To Thinks or Not to Think: Exploring Two Routes to Persuasion. Timothy C. Brock and Melanie C. Green (ed), Persuasion: Psychological Insights and Perspectives, Second Edition, Thousand Oaks: Sage Publication.

Prisgunanto, Ilham. (2006). Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: Ghalia Indonesia.

R.D. Soemanagara. (2006). Strategic Marketing Communication, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Shimp, Terence, A. (2003). Periklanan Promosi dan Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Edisi ke 5. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.18





Article Metrics:

Abstract Views - 498

PDF Downloads - 270



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI



 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI



 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :