Penerapan Green Economy dalam Budaya Organisasi Kulaku Indonesia
Abstract
Green economy atau ekonomi hijau menjadi satu prioritas pembangunan saat ini. Selain dukungan yang kuat dari pemerintah, para pelaku usaha juga diharapkan dapat menerapkan cara ini dalam bagian operasional dan bisnis mereka. Akan tetapi walaupun ini bukanlah sebuah konsep yang benar-benar baru, belum banyak perusahaan atau organisasi yang dapat menjalankan konsep green economy tadi secara maksimal, dan menjadikan konsep tersebut menjadi bagian dari budaya organisasi mereka. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya, yang melihat bagaimana konsep green economy menjadi prioritas pemerintah dan sekaligus juga menjadi motivasi bagi para pengusaha dan perusahaan rintisan untuk mengembangkan usahanya. Model budaya organisasi yang diperkenalkan oleh Michael Pacanowsky and Nick O’Donnell-Trujillo akan digunakan menjadi fokus penelitian, dan Kulaku Indonesia yang menjadi subjek dari penelitian ini merupakan subjek yang tepat, karena selain sudah membuktikan konsep green economy dalam kegiatan operasional perusahaan, Kulaku Indonesia juga merupakan sebuah perusahaan rintisan yang perlu memiliki budaya organisasi yang kuat dan maksimal. Penelitian akan dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi, dan diharapkan hasil dari penelitian ini menjadi evaluasi penting bagi Kulaku Indonesia dan memberikan kontribusi kepada para perusahaan rintisan lain yang memilih menggunakan konsep green economy dalam kegiatan usahanya.
Full Text:
PDFReferences
Adiwidya, A. S. (2021, October 13). Prinsip Ekonomi Berkelanjutan melalui Green Economy dan Blue Economy. https://www.lemhannas.go.id/index.php/publikasi/press-release/1263-prinsip-ekonomi-berkelanjutan-melalui-green-economy-dan-blue-economy
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Hatch, M. J. (2011). Material and meaning in the dynamics of organizational culture and identity with implications for the leadership of organizational change. Handbook of Organizational Culture and Climate, 2nd edition. Thousand Oaks, CA: Sage, 341-58.
Idris, M. (2020, October 21). Apa Itu Startup dan Perbedaanya dengan Perusahaan Konvensional? Halaman all - Kompas.com. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2020/10/21/093719826/apa-itu-startup-dan-perbedaanya-dengan-perusahaan-konvensional?page=all
Intan, G. (2021, May 5). Jokowi Perintahkan Penguatan “Green Economy” dan “Blue Economy.” VOA Indonesia. Retrieved February 13, 2022, from https://www.voaindonesia.com/a/jokowi-perintahkan-penguatan-green-economy-dan-blue-economy-/5877426.html
Irsa. (2021b, October 28). Gelar Indonesia Food Innovation, Kemenperin Cetak 20 IKM Pangan Unggulan. Agrofarm. Retrieved October 29, 2021, from https://www.agrofarm.co.id/2021/10/gelar-indonesia-food-innovation-kemenperin-cetak-20-ikm-pangan-unggulan/
Kulaku Indonesia. (n.d.). Kulaku Indonesia – The Modern Coconut Brand. Retrieved October 27, 2021, from https://kulakuindonesia.com/
Kurniawan, D., & Sumarni, S. (2018). Identifikasi Budaya Organisasi Dan Keterampilan Manajemen Untuk Memelihara Eksistensi Usaha Kreatif Batik Jambi Di Kota Jambi. Inobis: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(2), 147-157.
Kriswinanto. (2020, March). Pemberdayaan Startup Lokal Menuju Industri 4.0. Issue Sentral, 46, 5.
Littlejohn, S. W., Foss, K. A., & Oetzel, J. G. (2016). Theories of Human Communication, Waveland Press, Inc.
Moseley, C. (2020, August 18). The Importance of Organizational Culture. Contractingbusiness.Com. Retrieved April 25, 2022, from https://www.contractingbusiness.com/contracting-business-success/article/21139301/importance-organizational-culture
Ningsih, R. Y., & Setiawan, D. (2019). Refleksi Penelitian Budaya Organisasi Di Indonesia. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(3), 223-238.
Nuringsih, K., Nuryasman, M. N., & Rosa, J. A. (2022). Mendorong Green Entrepreneurial Intention Melalui Green Economy dan Green Entrepreneurial Orientation. Jurnal Ekonomi, 27(3), 417-438.
Pacanowsky, M. E., & O'Donnell‐Trujillo, N. (1982). Communication and organizational cultures. Western Journal of Communication (includes Communication Reports), 46(2), 115-130.
Patton, M. Q. (1999). Enhancing the quality and credibility of qualitative analysis. Health services research, 34(5 Pt 2), 1189.
Putri, G. S. (2022, January 17). Jokowi Pastikan Ekonomi Indonesia Bertransformasi ke Green Economy. KOMPAS.Com. Retrieved April 25, 2022, from https://bandung.kompas.com/read/2022/01/17/135241878/jokowi-pastikan-ekonomi-indonesia-bertransformasi-ke-green-economy
Sugiarto, A. (2021, September 10). Masa Depan Green Economy di Indonesia. mediaindonesia.com. Retrieved May 11, 2022, from https://mediaindonesia.com/opini/431669/masa-depan-green-economy-di-indonesia#:%7E:text=Perlunya%20green%20economy&text=Kegiatan%20produksi%20di%20sektor%20ekonomi,kulitas%20hidup%20yang%20lebih%20baik.
Tusin, U. (2022, November 15). Penerapan Green Economy di Indonesia: Tantangan dan Perkembangan. landx.id. https://landx.id/blog/penerapan-green-economy-di-indonesia-tantangan-dan-perkembangan/
West, R. L., Turner, L. H., & Zhao, G. (2018). Introducing communication theory: Analysis and application. New York, NY: McGraw-Hill.
Yang, Z., Sun, J., Zhang, Y., & Wang, Y. (2017). Green, green, it’s green: A triad model of technology, culture, and innovation for corporate sustainability. Sustainability, 9(8), 1369.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.178
Article Metrics:
Abstract Views - 511
PDF Downloads - 318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Deddy Muharman, Widya Natassha Rahim, Albert Albert
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :