
Evaluasi Komunikasi Bisnis Promosi Pariwisata Pulau Tikus dalam Mendukung Program Wonderful Bengkulu 2020
Abstract
Tren berwisata menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Menyadari potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu, program Wonderful Bengkulu 2020 digaungkan oleh Pemerintah Daerah. Pulau Tikus merupakan bagian dari kota Bengkulu yang berjarak kurang lebih 8 mil dari pantai, memiliki potensi wisata yang bagus dan telah dikembangkan penyedia jasa perjalanan wisata, sehingga untuk melihat perkembangannya perlu ada evaluasi bagi strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh bisnis jasa penyedia paket wisata Pulau Tikus. Penelitian ini mengevaluasi strategi komunikasi bisnis untuk kepentingan promosi pariwisata Pulau Tikus dengan teknik wawancara mendalan kepada dua agent tour Pulau Tikus yaitu Tiga Putra dan Samudera Wisata dengan menelaah tentang aspek konsitensi, kesesuaian, keunggulan dan kelayakan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan oleh penyedia paket wisata Pulau Tikus dianggap telah konsisten, layak dan sesuai, namum masih memerlukan upaya untuk dapat menjadi unggul sebagai aset daerah untuk menunjang reputasi dan citra Propinsi Bengkulu bagi lingkup masyarakat local, nasional, maupun global.
Full Text:
PDFReferences
Detik Travel. (2017). Pemprov Bengkulu Tetapkan Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu. https://travel.detik.com/advertorial-news-block-travel/d-3724069/pemprov-bengkulu-tetapkan-program-visit-2020-wonderful-bengkulu
Kompas. (2016). Bengkulu Siapkan "Visit 2020 Wonderful Bengkulu". https://regional.kompas.com/read/2016/11/08/05385491/bengkulu.siapkan.visit.2020.wonderful.bengkulu.
Ningrum, D. P., Adhrianti, L. & Gushevinalti (2018). Strategi Komunikasi Pariwisata Kota Bengkulu: Studi Unique Proposition Program Visit 2020 Wonderful Bengkulu [The Tourism Communication Strategy of Bengkulu City]. Journal Communication Spectrum, 8(1), 45-55. http://dx.doi.org/10.36782/jcs.v8i1.1811
Panuju, R. (2000). Komunikasi Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Pedoman Bengkulu. (2017). Makna di Balik Logo Wonderful Bengkulu 2020. http://pedomanbengkulu.com/2017/05/makna-di-balik-logo-wonderful-bengkulu-2020/
Pedoman Bengkulu. (2019). Mahakarya Wonderful Bengkulu 2020.
Pondaag, T.O, Soegoto, A.S. (2016). Evaluasi Strategi Promosi dan Penjualan terhadap Keunggulan Bersaing pada PT. Astragraphia Tbk Cabang Manado. Jurnal EMBA, 4(2), 133-143.
Risman, A., Wibhawa, B & Fedryasyah, M. (2016). Kontribusi Pariwisata terhadap Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia. Prosiding KS: Riset dan PKM, 3(1), 29-37. jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/13622/6452
Situs Resmi Pemerintah Provinsi Bengkulu, https://bengkuluprov.go.id.
Tasruddin, R. (2015). Strategi Promosi Periklanan yang Efektif. Jurnal Al-Khitabah, 2(1), 107–116.
Tempo. (2018). Akan Ada Kapal Wisata yang Nyaman Menuju Pulau Tikus Bengkulu. https://travel.tempo.co/read/1142801/akan-ada-kapal-wisata-yang-nyaman-menuju-pulau-tikus-bengkulu.
Tribunnews. (2017). Sambut Visit 2020 Pemprov Gelar Gerakan Bengkulu Tersenyum. http://www.tribunnews.com/regional/2017/05/21/sambut-visit-2020-pemprov-gelar-gerakan-bengkulu-tersenyum?page=2
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i2.167
Article Metrics:
Abstract Views - 284
PDF Downloads - 139
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Lisa Adhrianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :