
Strategi Komunikasi untuk Meraih the Best Branch Service Excellent pada Bank Mandiri Jakarta Cikini
Abstract
Sebagai perusahaan jasa, Bank Mandiri terus berupaya untuk dapat memberikan pelayanan yang prima kepada seluruh nasabahnya. Dalam rangka hal tersebut, manajemen setiap tahun memberikan penghargaan kepada cabangnya yang terbaik. Bank Mandiri Cabang Jakarta Cikini sebelumnya tidak pernah berhasil menjadi cabang dengan pelayanan terbaik, namun pada tahun 2016 Cabang Jakarta Cikini berhasil memperoleh predikat sebagai the Best Branch in Service Excellent. Penelitian ini ingin mengetahui strategi komunikasi apa yang diambil oleh Service Quality Officer (SQO) yaitu orang yang bertanggung jawab pada divisi pelayanan di Bank Mandiri, sampai membawa Cabang Cikini menjadi yang terbaik. Diketahui ada proses knowledge sharing yang dilakukan oleh SQO melalui berbagai kegiatan yang melibatkan seluruh frontliners untuk menjadi cabang terbaik. Jenis kegiatan yang diangkat pada penelitian ini ada empat jenis, yaitu Esas, Egrade, Cikini Academy, dan Tracking. Pengetahuan yang dibahas terbagi menjadi pengetahuan tasit dan pengetahuan eksplisit dalam model SECI dari Nanako dan Takeuchi. Berbagai kegiatan ini terbukti mampu memberikan motivasi dan bekal pengetahuan kepada seluruh pegawai frontliners untuk bisa menghadapi prosesn penilaian untuk menjadi cabang terbaik.
Full Text:
PDFReferences
Effendy, Onong Uchjana. 1990. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Miles, Mattew, dan Huberman A.M, 1992. Analisis Data Kualitatif. UI Press, Jakarta.
Moleong, Lexy, 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke duapuluh delapan, Rosa . Bandung.
Morissan , 2013. Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia. , Jakarta.
Mulyana, Dedi, 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke tigabelas. Rosdakarya, Bandung.
Nonaka, I. & Takeuchi, H. 1995. The Knowledge-creating company: how Japanese companies create the dynamics of innovation. New York : Oxford University Press.
Polanyi , M (1974). Personal Knowledge :Towards a Post –Critical Philosophy. Chicago, IL : University of Chicago Press. (karya asli terbit 1958)
Raharso, Sri & Sri Surjani Tjahjawati, 2016. Organisasi Berbasis Pengetahuan Melalui Knowledge Sharing. ALFABETA, Bandung.
Robbins, P Stephen, 1996. Perilaku Organisasi. Edisi Bahasa Indonesia Jilid I dan II, PT Prinhalindo Indonesia, Jakarta.
Ruliana, Poppy, 2014. Komunikasi Organisasi , Teori dan Studi Kasus. PT RajaGrafindo Shella Gusti Suwawa.Persada, Jakarta.
R. Wayne Face &Don F Faules. 2010. Komunikasi Organisasi – Strategi Meningkatkan KinerjaPerusahaan . Cetakan ke tujuh. PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Sobirin, Achmad, 2007. Budaya Organisasi, Pengertian, Makna dan Aplikasinya dalam Kehidupan Organisasi. UPP STIM YKPN, Jakarta.
Thoha, Miftah, 1998. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wursanto, Ignasius. 2005. Dasar-Dasar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.16
Article Metrics:
Abstract Views - 1318
PDF Downloads - 1166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Warta ISKI

Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :