Model Orientasi Pemasaran Politik sebagai Strategi Komunikasi Pemenangan Pemilu Legislatif
Abstract
Persaingan politik yang terbuka membuat masyarakat dihadapkan dengan banyak pilihan politik. Hal ini menuntut politisi mengemas strategi komunikasi politik, arah dan tujuan politiknya secara persuasif agar mampu menarik perhatian masyarakat. Pengemasan pesan politik merupakan salah satu elemen penting dalam melaksanakan kampanye politik. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mendeskripsikan model orientasi pemasaran politik sebagai strategi komunikasi politik. Konsep model orientasi pemasaran politik Lees-Marshment digunakan pada penelitian ini. Studi ini berfokus pada masa kampanye pemilihan legislatif di derah pemilihan lima Provinsi Jawa Tengah tahun 2019, khususnya di tiga kabupaten yakni Boyolali, Klaten, Sukoharjo, dan Kota Surakarta. Penelitian ini berlandaskan paradigma interpretif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui tahapan observasi partisipan, wawancara mendalam dengan informan kunci AB, dan tiga orang tim sukses sebagai informan yang terlibat dalam keberhasilan pemenangan pemilu legislatif di dapil lima Jawa Tengah: DN, YY, dan FR. Selanjutnya mengumpulkan dokumen-dokumen dan studi pustaka untuk memperoleh informasi dan data yang relevan dengan penelitian ini, seperti buku-buku, jurnal, dan penelusuran melalui internet. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, display, dan verifikasi/kesimpulan. Triangulasi dilakukan untuk memperoleh kedalaman informasi/data di lapangan. Hasil penelitian mengungkapkan, tahapan dalam model pemasaran politik sebagai strategi komunikasi politik yang diterapkan dalam penelitian ini menitikberatkan pada komunikasi interpersonal yang sifatnya partipatif kepada masyarakat pemilih untuk memenangi pemiluhan umum legislatif tahun 2019 di Daerah Pemilihan V Provonsi Jawa Tengah.
Full Text:
PDFReferences
Al-Hamdi, R. (2021). Ideological cleavage under open-list proportional representation: Parties’ position toward the 2019 Indonesian presidential threshold. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 24(3), 205–219. https://doi.org/10.22146/JSP.53514
Amanu1, H., & Letikarmila. (2021). Peran Media Massa dalam Komunikasi Politik di Indonesia. Balayudha, 1(1), 1–8. https://jurnal.uss.ac.id/index.php/jikoba/article/view/148/75
Aspinall, E., & Mietzner, M. (2019). Indonesia’s Democratic Paradox: Competitive Elections amidst Rising Illiberalism. Bulletin of Indonesian Economic Studies Routledge, 50(3), 37–41. https://doi.org/10.1080/00074918.2014.980375
Choi, N. (2007). Elections, parties and elites in Indonesia’s local politics. Sage Journals, 15(3), 325–354.
Isnanto, A. B. (2019). PDIP: Puan Maharani Dapat 420 Ribu Suara dari Dapil Jateng V. Detiknews.
Kaid, L. L. (2004). Handbook of political communication research. In L. Bathgate (Ed.), Handbook of Political Communication Research. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers. https://doi.org/10.4324/9781410610584
Kartik, N., Van Weelden, R., & Wolton, S. (2017). Electoral Ambiguity and Political Representation. American Journal of Political Science, 61(4), 958–970. https://doi.org/10.1111/ajps.12310
Lees-marshment, J. (2006). Political Marketing Theory and Practice: A Reply to Ormrod’s Critique of the Party Model. Politics, 26(2), 119–125.
Lees-Marshment, J. (2008). Political Marketing: How to Reach That Pot of Gold. Journal of Political Marketing, 1–34. https://doi.org/10.1093/oxfordhb/9780199230952.003.0043
McNair, B. (2018). An Introduction to Political Communication (6th ed.). Routledge.
Muslim. (2016). Varian Penelitian. Wahana, 1(10), 77–85. https://journal.unpak.ac.id/index.php/wahana/article/viewFile/654/557
Patrick, K. O. (2016). A Comparative Study on Internal Political Party Communication Policies in Ghana. Study Conducted, 1–41.
Pattiasina, H. (2015). Strategi Komunikasi Politik Pdi Perjuangan Kabupaten Maluku Tengah Pada Pemilu 2014. Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, 19(1), 124232.
Pratama, A. A., Jamil, A., & Briandana, R. (2021). Political Marketing on Legislative Elections in Indonesia : Case Study in Central Bengkulu. Utopía y Praxis Latinoamericana, 26(1), 196–206. https://doi.org/: http://doi.org/10.5281/zenodo.4556201
Sofyan, I. (2015). Political Marketing and Its Impact on Democracy. Communication Sphere, 1(1), 93–96. https://journal.trunojoyo.ac.id/communication-sphere/article/view/1312/1135
Strömbäck, J., & Kiousis, S. (2014). 6. Strategic political communication in election campaigns. Political Communication, June. https://doi.org/10.1515/9783110238174.109
Sugiarti, E., Ruliana, P., & Irwansyah. (2020). The Influence of Political Communication Toward Public Opinion About the Victory of the Regent and Vice of the Regent of Tulungagung. Prosiding Atlantis Press, 423(32), 99–118. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200325.010
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sutarso, J. (2011). Pendekatan Pemasaran Politik (Political Marketing). Komuniti, 1(1), 1–19. file:///C:/Users/saldy/Downloads/2962-6220-1-SM.pdf
Tazri, M., & Mairita, Desy, N. (2019). Political Public Relations Strategy of the Indonesian Solidarity Party (PSI) in Riau on 2019 Legislative Election. MEDIO, 1(2), 68–76. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/mdo.v1i2.9948
Wojtas, K. (2006). The “ marketing party ” as a model for the development of contemporary political parties . Středoevropské Politické Studie Central European Political Studies Review Mezinárodní Politologický Ústav Masarykovy Univerzity, 8(2), 187–224.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.155
Article Metrics:
Abstract Views - 1545
PDF Downloads - 1113
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Yuyun Zunaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :