Representasi Perempuan dalam Aplikasi Bigo Live Streaming

Rella Swandari Hariwidiaswari, Syafruddin Ritonga

Abstract


Penelitian ini membahas representasi perempuan dalam mencapai kepuasan material dengan menggunakan aplikasi BIGO Live Streaming untuk mendapatkan gifts yang diberikan oleh sebagian penonton (spender) selama siaran dilakukan. Berbagai upaya dilakukan para penyiar perempuan untuk mendapatkan perhatian dari para spender dan dengan mudahnya memberikan gifts berupa beans yang dapat diuangkan dalam rupiah. Selain gifts yang dapat diuangkan, BIGO Live Streaming juga memberikan bonus-bonus rupiah kepada para penyiar dengan rating penonton dan juga pendapatan yang tertinggi setiap bulannya. Penelitian ini fokus pada pemegang akun, yakni penyiar perempuan berwajah cantik, memiliki tubuh yang seksi dan mengeksploitasinya demi popularitas, mengejar gaya hidup, mendapat keuntungan material, hingga keuntungan mendapatkan jaringan pertemanan yang luas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan teori representasi pada perempuan dan konsep komoditas perempuan dalam media baru. Aplikasi BIGO Live Streaming saat ini cenderung merepresentasikan perempuan menjadikan tubuhnya sebuah komoditas tontonan yang menghibur demi mendapatkan keuntungan-keuntungan tertentu. Namun, dalam perkembangannya ternyata terjadi praktik bisnis dengan keuntungan material yang besar dalam industri media baru tersebut.


Full Text:

PDF

References


Boer, Rino F. (2018). Reputation Communication of Online Companies. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol 3(1): 36-44.

Ibrahim, Idi Subandi dan Hanif Suranto (eds.). (1998). Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik OrdeBaru, Bandung: Rosdakarya, Bandung.

Kansong, Usman. (2010). Ekonomi Media, Pengantar Konsep dan Aplikasi, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Dedy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Debord, Guy. (1994). “Commodity as Spectacle” retrieved from http://designtheory.fiu.edu/readings/debord_commodityasspectacle.pdf

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nugroho, Agoeng. (2010). Teknologi Komunikasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rianto, Puji. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, Vol. 1(1): 90-96.

Ritonga, Rajab, Endah Murwani, dan Syafruddin Ritonga. (2017). Gender Awareness of Maria Hartiningsih as Daily Kompas Reporter. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol 2(2): 82-91.

Wiratmo, Gifari. (2008). Representasi Perempuan dalam Majalah Wanita. Jurnal Studi Gender dan Anak. Vol 3(1): 101-119.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i02.13





Article Metrics:

Abstract Views - 19595

PDF Downloads - 2727



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI



 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI



 




Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :