Perilaku Konsumtif Bandwagon Effect Followers Instagram Shopee pada Event Flash Sale
Abstract
Fenomena Flash sale semakin marak di berbagai e-commerce karena orang sudah mulai percaya bahwa belanja online lebih aman dan nyaman. E-commerce membuat berbagai promosi pada program flash sale untuk menarik sebanyak mungkin potensi pembeli. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perilaku konsumtif Bandwagon Effect followers di Instagram Shopee dalam berbelanja online di E-commerce Shopee. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain penelitian Studi Kasus. Pengumpulan data diperoleh dengan wawancara follower Instagram @Shopee_id sebagai data primer dilengkapi observasi media sosial dan studi Pustaka. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian trianggulasi data menggunakan Trianggulasi sumber ahli dan teori. Hasil yang dicapai adalah Promo Flash Sale di Shopee dapat menimbulkan konasi dari promo flash sale di shopee melalui interaksi di Instagram. Temuan dalam penelitian ini yaitu jenis-jenis promosi yang ada pada program flash sale Shopee serta bentuk konten dan komen yang persuasive yang menimbulkan respon Bandwagon Effect.
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: SAGE Publications, Inc.
Riyanto, G. P. (2021, Mei 10). KOMPAS.com. (O. Yusuf, Editor) Retrieved Juni 27, 2021, from KOMPAS.com: https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/tekno/read/2021/05/10/15270037/daftar-10-marketplace-online-paling-ramai-pengunjung-di-asia-tenggara
Kelly, R. C. (2020, Desember 30). Investopedia. (T. I. Team, Producer, & The Investopedia Team) Retrieved Mei 25, 2021, from Investopedia Website: https://www.investopedia.com/terms/b/bandwagon-effect.asp
Thohiroh, A. Q. (2015). Perilaku Konsumtif Melalui Inline Shopping Fashion Pada Mahasiswi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadyah Surakarta. S1 Thesis, Universitas Muhammadyah Surakarta, Fakultas Psikologi, Surakarta.
Hasanah, A., Yulinda, & Yuniasih, H. (2019, Juli). Analisis Pengaruh Bandwagon Effect dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal. Bisnis dan Kewirausahaan, 15(2).
Rachmawati, A. L. (2019). Analisis Pengaruh E-commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa di Prodi Manajemen Universitas Tidar). Journal of Management Research, 1(1), 24-28.
McQuail, D. (2010). McQuail's Mass Communication Theory. Los Angeles: SAGE Publicatations Ltd.
Jeong, Y., Kim, E., & Kim, S.-K. (2020, Oktober). Understanding Active Sport Tourist Behaviors in Small-Scale Sports Events: Stimulus-Organism-Response Approach. Sustainability, 12(19), 1-18.
Yu, Z., Klongthong, W., Thavorn, J., & Ngamkroeckjoti, C. (2021). Understanding rural Chinese consumers’ behavior: A stimulus–organism–response (S-O-R) perspective on Huawei’s brand loyalty in China. Jurnal Cogent Business & Management,, 8(1), 1-20.
Nova, S. P. (2018, April). Efektifitas Komunikasi Aplikasi Telegram Sebagai Media Informasi Pegawai PT.POS Indonesia Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 5 (1).
Junika, A. (2016). Efektifitas Komunikasi Akun Twiter @info Pku Sebagai Media Informasi Online di Peknbaru. Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau.
Dikria, O., & Widjaja, S. U. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 128-139.
Rosyida, S., & Anjarwati, A. L. (2016). Pengaruh Store Atmosfer Dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen, 16(1), 105-127.
Putra, A. H., Said, S., & Hasan, S. (2017). Pengaruh Karakteristik Toko Dan Produk Bagi Konsumen Di Indonesia Terhadap Pembelian Impulsif. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 5(2), 8-19.
Kurniawan, C. (2017, Januari). Analisis Faktor- faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumtif Ekonomi Pada Mahasiswa. Media Wahana Ekonomika, 13(4), 107-118.
Paskov, M., Gerxhani, K., & Werfhorst, H. G. (2017, Desember). Giving Up on the Joneses? The Relationship between Income Inequality and Status Seeking. European Sociological Review , 33(1), 112-123.
Suminar, E., & Meiyuntari, T. (2015, Mei). Konsep Diri, Konformitas dan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Persona Jurnal Psikologi Indonesia, 4(2), 145-152.
Fattah, F. A., Indriayu, M., & Sunarto. (2018). Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian DiriTerhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 4(1), 11-21.
Alfisyahr, R., & Devita, L. D. (2019). Impact of Brand Image; Country of Origi, and Interpersonal Influence on Purchase Intention. Proceedings of the Annual International Conference of Business and Public Administration (AICoBPA 2018). 93, pp. 189-192. Atlantis Press.
Laming , S. (2020, November ). Trend E-commerce Pada Era Pandemi COVID-19. Jurnal Penelitian Humano, 11(2), 55-63.
Salengke , H. H. (2019, Februari 19). Milenial Berperan Besar dalam Pertumbuhan Industri E-Commerce. Retrieved from Media Indonesia.com: https://mediaindonesia.com/ekonomi/217850/milenial-berperan-besar-dalam-pertumbuhan-industri-e-commerce
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i2.127
Article Metrics:
Abstract Views - 4608
PDF Downloads - 3813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lidya Wati Evelina, Dania Elisyia Pebrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :