Implementasi Strategi Marketing Public Relations dalam Membangun Citra Batik untuk Generasi Muda

Reza Yohanes, A A Istri Putri Dwijayanti, Setyoningsih Subroto

Abstract


Batik telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia, namun ketertarikan generasi muda terhadap batik kian menurun. Di tengah keadaan ini, tahun 2015 muncul merek batik premium ”Negarawan” dengan market generasi muda. Negarawan berkembang menjadi merek yang kuat dibuktikan dengan pengikutnya di Instagram hingga 24 ribu. Negarawan menggunakan strategi marketing public relations untuk membentuk citra merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dan observasi partisipatif. Data sekunder didapat melalui studi kepustakaan dan dokumentasi dan data primer diperoleh dari dua informan kunci Chief Executive Officer, Chief Marketing Officer dan tiga konsumen Negarawan.Hasil penelitian menunjukkan implementasi three ways strategy marketing public relations saling mendukung dalam membentuk citra merek. Push strategy berperan dalam mendorong penjualan, pull dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dan konsumen, sementara pass dalam membentuk opini positif masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alifahmi, H. (2008). Marketing Communication Orchestra. Bandung: Examedia.

Dasuki, I., & Wahid, U. (2020). Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19. PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2), 47-54. doi:https://doi.org/10.25008/parahita.v1i2.49

Daymon, C., Holloway, I. (2011). Qualitative Research Methods in Public Relations and Marketing Communications (2nd Ed). New York: Routledge.

Harris, T. L. (1998). Value Added Public Relations. New York: McGraw-Hill.

Harris, T.T., Whalen, T.P. (2006). The Marketer’s Guide to Public Relations in the 21st Century. Ohio: Thomson.

Leavy, P. (2017). Research Design Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. New York: The Guilford Press.

Muhammad, R. (2018) Perancangan Digital Campaign Sebagai Strategi Peningkatan Awareness terhadap Batik Betawi. (Skripsi yang tidak dipublikasikan). Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Neuman, L.W. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (7th Ed). Edinburg: Pearson.

Oktavia, Y., S. (2017). Perancangan Promosi untuk Memperkenalkan Batik Betawi kepada Generasi Dewasa Muda. (Skripsi yang tidak dipublikasikan). Universitas Kristen Maranatha

Rakhmawati, Y. (2019). Buku Ajar Metode Penelitian Komunikasi. Surabaya: Putra Media Nusantara.

Ruslan, R. (2017). Metode Penelitian Public Relations dan komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, F. & Yuwanto L. (2019). Budata Berbusana Batik pada Generasi Muda. Mediapsi. 5(2), 88-96

Subekti, P., Hafiar, H. & Komariah, K. (2020). Word of Mouth Sebagai Upaya Promosi Batik Sumedang Oleh Perajin Batik (Studi Kasus pada Sanggar Batik Umimay). Dinamika Kerajinan dan Batik: Majalah Ilmiah, 37(1), 41-54)

UNESCO, Decision of the Intergovernmental Comitteee: 4.COM 13.44. Retrieved on https://ich.unesco.org/en/decisions/4.COM/13.44

Yin, R.K. (2014). Case Study Research Design and Methods (5th Ed). Thousand Oaks, CA: SAGE.

Yudhi, L. (2019). Batik Tulis Sebagai Warisan Budaya Dunia Dalam Menanamkan Rasa Cinta Tanah Air Generasi Muda Indonesia. Commed: Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 01-15. doi:10.33884/commed.v4i1.1297




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.101





Article Metrics:

Abstract Views - 42

PDF Downloads - 14



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reza Yohanes, A A Istri Putri Dwijayanti, Setyoningsih Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2021 Reza Yohanes, A A Istri Putri Dwijayanti, Setyoningsih Subroto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406