Ambasador Produk dan Perubahan Sikap (Studi Kasus Pengolahan Iklan Kosmetik XYZ Berdasarkan Pendekatan Teori ELM di Kalangan Remaja Putri Kelurahan Rawa Buaya - Jakarta Barat)

Inge Hutagalung

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam riset dilakukan melalui wawancara mendalam dengan informan terpilih. Tujuan dari penelitian adalah untuk melihat pengolahan pesan dari iklan yang menggunakan ambasador produk di kalangan remaja putri. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa pengolahan pesan secara jalur pinggiran tidak selamanya menggambarkan motivasi yang rendah dari individu terhadap pesan iklan. Sementara itu, perubahan sikap juga tidak selamanya hanya terdapat pada individu yang mengolah pesan dengan menggunakan jalur utama. Lebih lanjut, lingkungan/kelompok sebaya dapat berperan dalam pengolahan pesan. Rasa bangga yang muncul pada informan yang mengolah pesan secara jalur pinggiran adalah merupakan perceptual style. Yaitu, sebuah perilaku yang melahirkan interpretasi bahwa produk yang diwakili oleh ambasador produk adalah berkualitas. Dalam hal ini, setiap interpretasi akan menghasilkan makna yang berbeda satu dan lain orang.


Full Text:

PDF

References


Hoshino, Etsuko & Zanna, Adam. S. 2005. On The Cultural Guises of Cognitive Dissonance :The Case of Easteners and Westerners. Journal of Personality and Social Psychology, 89.

Hutagalung, Inge. 2016. Disonansi Kognitif pada Perilaku Seks Pranikah. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia. Vol 1(2): 71-80.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane. 2009.

Marketing Management. New Jersey:Pearson Education, Inc.

Littlejohn, Stephen W, Foss, Karen. 2010.

Theories of Human Communication, 10 Edition, Belmont, CA: Wadsworth.

Markus. H., Kitayama. S. 1991. Culture and

The Self: Implications for Cognition, Emotion andMotivation.Psychological Review, 2, 224-253.

Neuman, W. Laurence. 2006. Social Research Methods: Qualitativer and Quantitative Approaches. Fourth Edition, Berlmont.

Petty, Richard, Joseph R. Priser and Pablo Brinol. 2002. Mass Media Attitude

Change: Implications of the Elaboration Likelihood Model of Persuasion.

Jennings Bryant and Dolf Zillmann (ed).

Media Effect: Advances in Theory and Research, Second Edition, Mahwah, New Kersey: Lawrence Erlbaum.

Petty, Richard, John T Stratham and Joseph

Priester.2005. To thinks or Not to Thnink: Exploring Twi Routes to Persuasion.

Timothy C. Brock and Melanie C. Green (ed). Persuasion, Psychological Insights and

Perspectives, Second Edition, Thousand Oaks : Sage Publications

Tankard, James W Jr. dan Werner J. Severin.2008. Teori Komunikasi, Jakarta, Preanada Media Group.

.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.1





Article Metrics:

Abstract Views - 981

PDF Downloads - 766



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :