
Strategi Respons Komunikasi Krisis pada Kasus Mantan Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi respons krisis Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) terhadap kasus mantan pimpinan KPK yang termuat dalam berita detikcom dan kompascom. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis isi. Teori yang akan diuji dalam penelitian ini yaitu Situational Crisis Communication Theory (SCCT). Pengumpulan data menggunakan purposive sampling dengan artikel berita harus relevan dengan kasus yang diteliti. Penelitian ini berfokus pada berita yang diunggah di platform media detikcom dan kompascom dari 23 Oktober 2023 hingga 31 Januari 2024. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi respon krisis KPK yang paling dominan digunakan adalah Justification dengan presentase 76% dari total data, yang berarti KPK cenderung sering membenarkan krisis dan menjelaskan perkembangan krisis, sedangkan strategi yang paling sedikit digunakan yaitu Attack the Accuser, Denial, Scapegoating ditemukan sebanyak 2% hal ini berarti strategi yang lebih menyalahkan pihak lain jarang digunakan. Selanjutnya Uji T-test menunjukkan tidak ada perbedaan antar kedua media online tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa strategi Justification dianggap efektif dalam memperbaiki citra lembaga pemerintah di mata publik, terutama ketika krisis berkaitan dengan isu yang sensitif dan melibatkan tokoh penting.
References
Ade Adhari, & Sherryl Naomi. (2023). Pemberian Pemahaman Urgensi Perubahan Uu Ite Bagi Keminfo. Jurnal Serina Abdimas, 1(3), 1422–1427. https://doi.org/10.24912/jsa.v1i3.26194
Aji, A. R., & Purworini, D. (2024). Strategi Respon Komunikasi Krisis Kemenkeu Pada Kasus Pejabat Pajak Rat (Analisis Berita Cnn Indonesia Dan Kompas.Com). Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Sosial Dan Informasi, 9(3), 515–530. Retrieved from http://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/indexDOI:http://dx.doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.215
Anggara, A. P. (2022). Manajemen Krisis Public Relations Pt . Kereta Api Indonesia ( Persero ). 6(September), 83–100.
Ani, J., Lumanauw, B., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Promosi Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado the Influence of Brand Image, Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado. 663 Jurnal EMBA, 9(2), 663–674.
Azizah Nurhakim, & Chasana, R. R. B. (2023). Strategi Pemerintah Karesidenan Surakarta dalam Penanganan Vaksinasi Covid dengan SCCT pada Media Online Solopos.com dan Tribunsolo.com. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 327–345. https://doi.org/10.30596/ji.v7i2.14506
Coombs, C. (2020). Will COVID-19 be the tipping point for the Intelligent Automation of work? A review of the debate and implications for research. International Journal of Information Management, 55(June), 102182. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102182
Coombs, W. T. (2007). Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory. Corporate Reputation Review, 10(3), 163–176. https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1550049
Damastuti, R. (2021). Membedah Feeds Instagram Produk Skincare Lokal (Analisis Isi Kuantitatif Akun Instagram Avoskin) Discovering Local Skincare Product Instagram Feeds (Quantitative Content Analysis Instagram Account Avoskin). Des, 5(2), 189–199.
Dian, P., & Rizkhy, R. (2024). Journal of Contemporary Eastern Asia Vol. 23, No. 2: 18-34. 23(2), 18–34. https://doi.org/10.17477/jcea.2024.23.2.018
DiStaso, M. W., Vafeiadis, M., & Amaral, C. (2015). Managing a health crisis on Facebook: How the response strategies of apology, sympathy, and information influence public relations. Public Relations Review, 41(2), 222–231. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2014.11.014
Djajaatmadja, B. I. (2024). MAJALAH HUKUM NASIONAL. 54(2).
Eriyanto. (2013). Analisis Isi : Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya (Pertama). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Gasa, F. M., Prabayanti, H. R., & Purnomo, Y. A. (2022). Refleksi Kepemimpinan Krisis Pemerintah Pada Fase Awal Covid-19 Di Indonesia. Jurnal Pustaka Komunikasi, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.32509/pustakom.v5i1.1703
Guidry, J. P. D., Jin, Y., Orr, C. A., Messner, M., & Meganck, S. (2017). Ebola on Instagram and Twitter: How health organizations address the health crisis in their social media engagement. Public Relations Review, 43(3), 477–486. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2017.04.009
Handiyani, P., & Hermawan, A. (2017). Kredibilitas Portal Berita Online Dalam Pemberitaan Peristiwa Bom Sarinah Tahun 2016 (Analisis Isi Portal Berita Detik.com dan Kompas.com Periode 14 Januari- 14 Februari 2016). Jurnal Komunikasi, 12(1), 51–68. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol12.iss1.art4
Hart, P. S., Chinn, S., & Soroka, S. (2020). Politicization and Polarization in COVID-19 News Coverage. Science Communication, 42(5), 679–697. https://doi.org/10.1177/1075547020950735
Macnamara, J. (2021). New insights into crisis communication from an “inside” emic perspective during COVID-19. Public Relations Inquiry, 10(2), 237–262. https://doi.org/10.1177/2046147X21999972
Park, H. (2017). Exploring effective crisis response strategies. Public Relations Review, 43(1), 190–192. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2016.12.001
Prasetyo, J. A., & Chasana, R. R. B. (2023). Strategi Respon Pemerintah dan PT Pertamina Dalam Krisis Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Tahun 2022: Analisis Situasional Crisis Communication Theory (SCCT). Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi Dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–29.
Putri, A. W., JK, S., & Rahmanto, A. N. (2019). KOMUNIKASI KRISIS KEMENTERIAN PERTANIAN PADA KASUS PENGGEREBEKAN GUDANG BERAS PT IBU (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communication Theory). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 53. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1765
Sabila, M., & Purworini, D. (2022). Alfamart’s Image Repair Strategies on Chocolate Theft Incident in the News of detik.com and kompas.com. Proceeding ISETH (International Summit on Science, Technology, and Humanity), 500–514. Retrieved from https://proceedings.ums.ac.id/index.php/iseth/article/view/2973
Scharrer, E., & Ramasubramanian, S. (2021). Quantitative research methods in communication: The power of numbers for social justice. In Quantitative Research Methods in Communication: The Power of Numbers for Social Justice. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003091653
Sulistiyowati, W. (2017). Buku Ajar Statistika Dasar. Buku Ajar Statistika Dasar, 14(1), 15–31. https://doi.org/10.21070/2017/978-979-3401-73-7
Venus, A., Octavianti, M., Karimah, K. El, & Arifin, H. S. (2020). Komunikasi krisis Forum Ekonomi Kreatif Kabupaten Bandung Barat menghadapi pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(1), 117. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i1.29799
W. Timothy Coombs, S. J. H. (2022). The Handbook of Crisis Communication. https://doi.org/10.1002/9781119678953.ch14
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v8i1.333
Article Metrics:
Abstract Views - 8
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Nurul Rohmah Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:




Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :