Kontribusi Kapasitas Komunikasi Pemerintah Kelurahan Bintara Kota Bekasi dalam Mencapai Good Governance
Abstract
Komunikasi pemerintah di beberapa instansi pemerintah tingkat daerah pada negara berkembang masih dinomorduakan. Padahal, banyak instansi pemerintah di negara maju fokus untuk melakukan pendekatan komunikasi dua arah dengan warganya untuk menyelesaikan masalah publik. Salah satu institusi pemerintah tingkat daerah yang menjadi sorotan dalam penyelesaian masalah publik adalah kelurahan. Kelurahan sebagai unit pemerintahan terkecil pada suatu wilayah yang saat ini perlu mendapatkan sorotan terkait pelaksanaan komunikasi pemerintah. Kelurahan merupakan organisasi pemerintah yang secara hirarki berada paling bawah, yang artinya kelurahan adalah organisasi yang paling dekat dengan masyarakat. Karena itu diharapkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada warga yang ingin mengurus segala keperluan dan kepentingan Penelitian ini ingin memahami bagaimana kontribusi kapasitas komunikasi pada Kelurahan Bintara dalam mencapai good governance. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kelurahan Bintara sudah memenuhi dimensi kapasitas komunikasi dalam mencapai good governance. Kelurahan Bintara mampu menyandang status sebagai good governance dilihat dari aspek kemampuan negara, daya tanggap dan akuntabilitas dengan sangat baik. Kemudian hasil temuan lainnya, kapasitas komunikasi pemerintah, lingkungan komunikasi pemerintah dan pelayanan publik di Kelurahan Bintara mendapatkan hasil yang positif dari masyarakat.
Full Text:
PDFReferences
Aderibigbe. (2018). Pengaruh Komunikasi dan Kemampuan Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Kantor Camat Sibolga Sambas Kota Sibolga. Energies, 6(1), 1–8.
Adiwijaya, Z. A., & Suprianto, E. (2020). Good Governance of Zakat. Institutions: A Literature Review. 55(2), 1–7.
Bank, W. (2010). The Contribution of Government Communication Capacity to Achieving Good Governance Outcomes. Communication for Governance and Accountability Program (World Bank), 1–12.
Bappenas, Krina, L., Siregar, M. A., Parper, J. H., Suprianto, Fadhil, S., KPK, Dwiyanto, A., Fakrulloh, Z. A., & Drias, J. (2004). Menumbuhkan Kesadaran Tata Kepemerintahan yang Baik, Good Governance, 1–14.
Borden, N. (2004). Marketing Mix Theory Review. 6.
Darusman, F., & Wijaya, C. (2020). Kapabilitas Dinamis Sektor Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 1–12.
Dwiyanto, A. (2017). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya, 17–54.
Hadi, S. (2016). Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi [Examination of the Validity of Qualitative Research Data on Thesis]. Ilmu Pendidikan, 22(1), 21–22.
Hayati, L. (2012). Pengembangan Budaya Belajar dan Dampaknya terhadap Mutu Layanan Pembelajaran di Sekolah Alam. Repository.Upi.Edu.
Kandrina, N. (n.d.). Sur-Sur Public Services Provided by Public Authorities in Russia : Legal Problems. 4, 172–179.
Karini, D. (2023). Analisis Company Culture pada PT. Global Welindo Batam. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.
Kelurahan Bintara. (n.d.). https://kel-bintara.bekasikota.go.id/profil-kelurahan
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Luahambowo, S., Nasution, I., & Suharyanto, A. (2022). Efektivitas Kinerja Pemerintah Kelurahan Dalam Program Pemberdayaan Kebersihan Lingkungan. Strukturasi: Jurnal Ilmiah Magister Administrasi Publik, 4(1), 9–19. https://doi.org/10.31289/strukturasi.v4i1.1179
Maiti, & Bidinger. (2018). Hambatan Komunikasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 28(1), 1–3.
Moonti, R. M. (2019). Regional Autonomy in Realizing Good Governance. Substantive Justice International Journal of Law, 2(1), 43.
Neubauer, B. M., Filho, F. de S. P., Nenevê, M., Arenhardt, V., & Deliza, E. E. V. (2018). Production and Operating Strategies with Focus on the Efficiency of the Public Service. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(4), 109–124.
Personal, M., & Archive, R. (2017). Governance and Sustainability. Governance and Sustainability, 92544. https://doi.org/10.4324/9781351281003
Pratiwi, N. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah DInamika Sosial, 1, 213–214.
Rahmawati, D.E. (2020). Modul Praktikum Komunikasi Pemerintahan. Tim The Journal Publishing. https://labip.umy.ac.id/wp-content/uploads/2021/09/Modul-Praktikum-Komunikasi-Pemerintahan-Layout.pdf
Ridho, S. I. (2015). Pengaruh intensitas komunikasi anak dengan orang tua terhadap regulasi diri siswi kelas VIII MTs Raudlatul Ulum Putri Gondanglegi Malang. Экономика Региона, 1999, 32.
Rizki, M., Doriza, S., & Dudung, A. (2022). Konsep Sistem Manajerial Pada Prodi Rekayasa Keselamatan Kebakaran. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 16(1), 1–3. https://doi.org/10.33369/mapen.v16i1.21148
Robial, D. F. (2017). Peran Pemerintah Kelurahan Dalam Mewujudkan Kepemerintahan Yang Baik. Manajemen Ekonomi, 1–15. https://www.neliti.com/id/publications/1137/peran-pemerintah-kelurahan-dalam-mewujudkan-kepemerintahan-yang-baik-studi-di-ke
Silalahi, U. (2004). Komunikasi Pemerintahan: Mengirim dan Menerima Informasi Tugas Dan Informasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 36–54.
Sugiono 2016 dalam Fakhri. (2021). Metode Penelitian Purposive Sampling. 2021, 32–41.
Taufik, M. (2016). Faktor Good Governance. 1–23.
Tery dan Franklin. (2003). Pengertian Komunikasi Kajian Pustaka. Journal of Chemical Information and Modeling, 52.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Akuntabilitas Koperasi. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Wicaksono, K. W. (2015). Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik, 1–16.
Yohanes Wendelinus Dasor. (2019). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 172–183. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.168
Bank, W. (2010). The Contribution of Government Communication Capacity to Achieving Good Governance Outcomes. Communication for Governance and Accountability Program (World Bank), 1–12.
Darusman, F., & Wijaya, C. (2020). Kapabilitas Dinamis Sektor Publik: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 16(1), 1–12. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://jiana.ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/download/7925/6122&ved=2ahUKEwi_vfGus4X8AhWxIbcAHfu9CckQFnoECAoQAQ&usg=AOvVaw1g8MEjVtjMQLEbTxYy3iKS
Dwiyanto, A. (2017). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Gadjah Mada University Press.
Kartika;, I. K. R. S. A. N. G. A. P. (2017). Keberadaan Kelurahan dalam Perspektif UU Desa. Keberadaan Kelurahan Dalam Perspektif Uu Desa.
Kotler, P. & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga. 2012, 1–64.
Rahmawati, dian eka. (2020). Modul Praktikum Komunikasi Pemerintahan. In Tim The Journal Publishing. https://labip.umy.ac.id/wp-content/uploads/2021/09/Modul-Praktikum-Komunikasi-Pemerintahan-Layout.pdf
richard oliver ( dalam Zeithml., dkk 2018 ). (2021). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Silalahi, U. (2004). Komunikasi Pemerintahan: Mengirim dan Menerima Informasi Tugas Dan Informasi Publik. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 36–54.
Taufik, M. (2016). Faktor Good Governance. 1–23.
Tiara Dewi, Muhammad Amir Masruhim, R. S. (2016). Akuntabilitas Koperasi. Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, April, 5–24.
Wicaksono, K. W. (2015). Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik. Akuntabilitas Organisasi Sektor Publik, 1–16.
Yohanes Wendelinus Dasor. (2019). Implementasi Good Governance Dalam Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 172–183. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i2.168
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.284
Article Metrics:
Abstract Views - 77
PDF Downloads - 37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ibnu Fajar Priatna, Syahrul Hidayanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :