Strategi Penyampaian Pesan Melalui Instagram @Tautaufestival dalam Membangun Kesadaran dan Kepercayaan Khalayak

Kirana Aufa Visiaditya, Manda Aulia Yudies, Marsha Nurfitria Azzahra, J.A. Wempi

Abstract


Tau Tau Festival merupakan sebuah festival musik yang digarap oleh Seraya Group. Sebagai salah satu festival musik yang masih terhitung baru, Tau Tau Festival menggunakan media sosial Instagram untuk membangun kesadaran dan kepercayaan khalayaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyampaian pesan melalui instagram @tautaufestival dalam membangun kesadaran dan kepercayaan khalayak. Penelitian dilakukan menggunakan teori komunikasi Lasswell, dengan pendekatan kualitatif evaluatif dan metode wawancara, studi literatur, dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyampaian pesan yang dilakukan oleh admin Instagram Tau Tau Festival dinilai mampu memberikan informasi yang sangat efektif kepada khalayak, serta berperan untuk membangun kesadaran dan kepercayaan dalam meningkatkan hubungan yang erat antara pihak Tau Tau Festival dengan khalayak selaku pengunjung acara.


Full Text:

PDF

References


Aglaia, R. R., & Aesthetika, N. M. (2022). Peran media baru terhadap gelaran konser musik di era pandemi Covid-19: Studi kasus Pamungkas "The Solipsism 0.2”. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 6(1), 13-22. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.19836

Bowo, N. H. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan Untuk Mencapai Hubungan Jangka Panjang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(1), 85-92. https://doi.org/10.14710/jspi.v2i1.85-92

Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada.

Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.

Farisi, B. A., & Setiawan, T. S. (2022). Tau Tau Festival Akan Hadir di Bandung September 2022. Kompas.com. https://www.kompas.com/hype/read/2022/08/30/175633366/tau-tau-festival-akan-hadir-di-bandung-september-2022?page=all

Goleman, D. (1998). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Gramedia Pustaka Utama.

Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: edisi revisi. Bumi Aksara.

Hastuti, P. (2020). Dinamika Ekosistem Industri Musik Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Indonesia, 46(2), 221-239. Https://Doi.Org/10.14203/Jmi.V46i2.918

Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

KPPN Madiun. (2020). Apa Itu New Normal? DITJEN Perbendaharaan Kemenkeu RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/Kppn/Madiun/Id/Data-Publikasi/Artikel/2932-Apa-Itu-New-Normal.Html

Listianingrum, R., Poerana, A. F., & Arindawati, W. A. (2021). Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1309

Malau, R. (2011). Khalayak Media Baru. Jurnal The Messenger, 3(1), 51-56. Https://Doi.Org/10.26623/Themessenger.V3i1.183

Maranisya, U., Delen, K., Leonard, R., Putri, M. E., Puspita, T. D., Kusmayanti, T., & Ahmad, V. S. (2023). Pengaruh Kualitas Penyelenggaraan Acara Musik terhadap Kepuasan Penonton Konser Nct 127. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1), 267-270. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57972

Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240-252. Https://Doi.Org/10.36574/Jpp.V4i2.118

Persari, D., Heriyanto, M., & Yuliani, F. (2018). Implementasi Strategi Pengembangan Kepariwisataan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(1), 104-109. https://jiana.ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/viewFile/6785/6050

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.

Riandani, D. (2020). Beradaptasi Dengan Tatanan Normal Baru (New Normal). Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Retrieved 2020, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palangkaraya/baca-artikel/13208/Beradaptasi-dengan-Tatanan-Normal-Baru-New-Normal.html

Saputra, A. (2022). Tau Tau Festival Hadir untuk Merayakan Kembalinya Acara Musik Di Bandung. Liputan6.Com. Https://Www.Liputan6.Com/Showbiz/Read/5056336/Tau-Tau-Festival-Hadir-Untuk-Merayakan-Kembalinya-Acara-Musik-Di-Bandung

Setiadi, A. Y., Yulistyarani, T., & Wiratama, A. (2021). Strategi Komunikasi Acara Musik Soundrenaline. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(3), 93-101.

Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2001). Communication theories: origins, methods, and uses in the mass media. Longman.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2022). Psikologi Sosial [Social Psychology] (12th ed.). Kencana.

Tjiptono, F. (2011). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 4 ed.). Penerbit Andi.

Tulandi, E. V. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma dalam Meningkatkan Kesadaran Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Petik, 7(2), 136-143. Https://Doi.Org/10.31980/Jpetik.V7i2.1196




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.276





Article Metrics:

Abstract Views - 157

PDF Downloads - 32



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Kirana Aufa Visiaditya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2024 Kirana Aufa Visiaditya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :