Strategi Penyampaian Pesan Melalui Instagram @Tautaufestival dalam Membangun Kesadaran dan Kepercayaan Khalayak
Abstract
Tau Tau Festival merupakan sebuah festival musik yang digarap oleh Seraya Group. Sebagai salah satu festival musik yang masih terhitung baru, Tau Tau Festival menggunakan media sosial Instagram untuk membangun kesadaran dan kepercayaan khalayaknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi penyampaian pesan melalui instagram @tautaufestival dalam membangun kesadaran dan kepercayaan khalayak. Penelitian dilakukan menggunakan teori komunikasi Lasswell, dengan pendekatan kualitatif evaluatif dan metode wawancara, studi literatur, dan observasi sebagai teknik pengumpulan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penyampaian pesan yang dilakukan oleh admin Instagram Tau Tau Festival dinilai mampu memberikan informasi yang sangat efektif kepada khalayak, serta berperan untuk membangun kesadaran dan kepercayaan dalam meningkatkan hubungan yang erat antara pihak Tau Tau Festival dengan khalayak selaku pengunjung acara.
Full Text:
PDFReferences
Aglaia, R. R., & Aesthetika, N. M. (2022). Peran media baru terhadap gelaran konser musik di era pandemi Covid-19: Studi kasus Pamungkas "The Solipsism 0.2”. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 6(1), 13-22. https://doi.org/10.22219/satwika.v6i1.19836
Bowo, N. H. (2017). Analisis Pengaruh Kepercayaan Untuk Mencapai Hubungan Jangka Panjang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 2(1), 85-92. https://doi.org/10.14710/jspi.v2i1.85-92
Cangara, H. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada.
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori Dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti.
Farisi, B. A., & Setiawan, T. S. (2022). Tau Tau Festival Akan Hadir di Bandung September 2022. Kompas.com. https://www.kompas.com/hype/read/2022/08/30/175633366/tau-tau-festival-akan-hadir-di-bandung-september-2022?page=all
Goleman, D. (1998). Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Gramedia Pustaka Utama.
Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: edisi revisi. Bumi Aksara.
Hastuti, P. (2020). Dinamika Ekosistem Industri Musik Indonesia pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masyarakat Indonesia, 46(2), 221-239. Https://Doi.Org/10.14203/Jmi.V46i2.918
Kemp, S. (2023). Digital 2023: Indonesia — DataReportal – Global Digital Insights. DataReportal. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
KPPN Madiun. (2020). Apa Itu New Normal? DITJEN Perbendaharaan Kemenkeu RI. https://djpb.kemenkeu.go.id/Kppn/Madiun/Id/Data-Publikasi/Artikel/2932-Apa-Itu-New-Normal.Html
Listianingrum, R., Poerana, A. F., & Arindawati, W. A. (2021). Strategi Komunikasi Melalui Media Instagram Dalam Memberikan Informasi Kepada Mahasiswa. Jurnal Pustaka Komunikasi, 4(1), 11–23. https://doi.org/10.32509/pustakom.v4i1.1309
Malau, R. (2011). Khalayak Media Baru. Jurnal The Messenger, 3(1), 51-56. Https://Doi.Org/10.26623/Themessenger.V3i1.183
Maranisya, U., Delen, K., Leonard, R., Putri, M. E., Puspita, T. D., Kusmayanti, T., & Ahmad, V. S. (2023). Pengaruh Kualitas Penyelenggaraan Acara Musik terhadap Kepuasan Penonton Konser Nct 127. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 6(1), 267-270. https://doi.org/10.23887/jmpp.v6i1.57972
Muhyiddin. (2020). Covid-19, New Normal, dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia. Jurnal Perencanaan Pembangunan: The Indonesian Journal of Development Planning, 4(2), 240-252. Https://Doi.Org/10.36574/Jpp.V4i2.118
Persari, D., Heriyanto, M., & Yuliani, F. (2018). Implementasi Strategi Pengembangan Kepariwisataan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 15(1), 104-109. https://jiana.ejournal.unri.ac.id/index.php/JIANA/article/viewFile/6785/6050
Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Alfabeta.
Riandani, D. (2020). Beradaptasi Dengan Tatanan Normal Baru (New Normal). Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Retrieved 2020, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palangkaraya/baca-artikel/13208/Beradaptasi-dengan-Tatanan-Normal-Baru-New-Normal.html
Saputra, A. (2022). Tau Tau Festival Hadir untuk Merayakan Kembalinya Acara Musik Di Bandung. Liputan6.Com. Https://Www.Liputan6.Com/Showbiz/Read/5056336/Tau-Tau-Festival-Hadir-Untuk-Merayakan-Kembalinya-Acara-Musik-Di-Bandung
Setiadi, A. Y., Yulistyarani, T., & Wiratama, A. (2021). Strategi Komunikasi Acara Musik Soundrenaline. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 13(3), 93-101.
Severin, W. J., & Tankard, J. W. (2001). Communication theories: origins, methods, and uses in the mass media. Longman.
Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2022). Psikologi Sosial [Social Psychology] (12th ed.). Kencana.
Tjiptono, F. (2011). Service Management: Mewujudkan Layanan Prima (Edisi 4 ed.). Penerbit Andi.
Tulandi, E. V. (2021). Strategi Komunikasi Akun Instagram UbahStigma dalam Meningkatkan Kesadaran Mengenai Kesehatan Mental. Jurnal Petik, 7(2), 136-143. Https://Doi.Org/10.31980/Jpetik.V7i2.1196
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v7i1.276
Article Metrics:
Abstract Views - 103
PDF Downloads - 66
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Kirana Aufa Visiaditya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :