Pembelajaran Online sebagai Solusi Belajar di Masa Pandemi COVID-19

Sri Desti Purwatiningsih, Dinar Soelistyowati

Abstract


Media daring (online) saat ini memiliki peran yang sangat penting dalam menyampaikan informasi kepada khalayak. Di masa pandemi COVID-19, penerapan social distancing memerlukan adanya solusi   yang meminimalisir terjadinya pertemuan tatap muka. Media pembelajaran lalu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menunjang pembelajaran secara online, seperti media platform Google Clasroom, Edmodo, Zenius, Zoom Meeting, Teams dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR) atau kajian studi kepustakaan, yaitu metode penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi dan interpretasi terhadap semua hasil penelitian yang relevan terkait pertanyaan penelitian tertentu, topik tertentu, atau fenomena yang menjadi perhatian penulis. Teori yang digunakan new media atau media online sebagai produk dari komunikasi yang termediasi teknologi dengan komputer digital yang di dalamnya terdiri dari gabungan berbagai elemen. New media merupakan media yang menggunakan internet, berbasis teknologi, berkarakter fleksibel, berpotensi interaktif dan dapat berfungsi secara privat maupun secara publik. Hasil penelitian ini adalah Pembelajaran melalui pemanfaatan media online diharapkan memberikan kemudahan bagi dosen maupun mahasiswa dengan tersedianya berbagai fasilitas pendukung dalam cara belajar baru yang diberikan oleh media online.


Full Text:

PDF

References


Aina, M. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Camtasia Studio 8 pada Pembelajaran Biologi Materi Kultur Jaringan untuk Siswa SMA Kelas XI MIA. Jurnal Biodik, 2(1). 20-26, https://online-journal.unja.ac.id

Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339-346. https://doi.org/10.30812/matrik.v18i2.411

Azhar, A, (2013). Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bell, D., Nicoll, A., Fukuda, K., Horby, P., Monto, A., Hayden, F.Van Tam, J. (2006). Nonpharmaceutical interventions for pandemic influenza, national and community measures. Emerging Infectious Diseases. https://doi.org/10.3201/eid1201.051371

Caley, P., Philp, D. J., & McCracken, K. (2008). Quantifying social distancing arising from pandemic influenza. Journal of the Royal Society Interface. https://doi.org/10.1098/rsif.2007.1197

C, Briliannur Dwi., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., Rahman, H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 28-37

Cdc.gov, (2020),. Principles of Epidemiology in Public Health Practice, Third Edition An Introduction to Applied Epidemiology and Biostatistics, https://www.cdc.gov/csels/dsepd/ss1978/lesson1/section11.html pada 25 Maret pukul 17.17 WIB.

CNNIndonesia. (n.d.-a). 4 Aplikasi Video Conference yang Irit dan Boros Data. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200330191529-185-488422/4-aplikasi- video-conference-yang-irit-dan-boros-data

Cooper dan Taylor dalam Mohammad Imam Farisi. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Artikel disampaikan pada Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa” HEPI UNESA 2012.

Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Enriquez, M. A. S. (2014). Students’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 .

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Flew, T. (2008). New Media: An introduction. New York: Oxford University Pers.

Francis C. & Baldesari (2006). Systematic Reviews of Qualitative Literature. Oxford: UK Cochrane Centre.

Garrison, D. R., & Cleveland-Innes, M. (2005). In Online Learning: Interaction is Not Enough. American Journal of Distance Education. https://doi.org/10.1207/s15389286ajde1903

Ghirardini, B. (2011). E-learning Methodologies. Germany: Federal Ministry of Food, Agriculture and Consumer Protection.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002.

Gorbalenya AE, Baker SC, Baric RS, de Groot RJ, Drosten C, Gulyaeva AA, et al. (2020). The species Severe acute respiratory syndrome-related coronavirus: classifying 2019-nCoV and naming it SARS-CoV-2. Nat Microbiol.; published online March 2. http://doi.10.1038/s41564-020-0695-z.

Hamidah, Afreni., Sadikin Ali. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(02). 214-224

Hamzah, Nina Lamatenggo, (2011) Teknologi Komunikasi & Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Han Y, Yang H. (2020). The transmission and diagnosis of 2019 novel coronavirus infection disease (COVID-19): A Chinese perspective. J. Med Virol. https://doi.10.1002/ jmv.25749.

Handarini,O.I (2020), Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8(3), 496 - 503.

Irwanto, (2020), Pelaksanaan Pembelajaran Online (Daring) di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknk Elektro Untirta di Masa Pandemi COVID-19, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 28-44.

Istiqomah, P, dkk. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor Pada Siswa Kelas X MAN 1 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 5(3). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EP FT/article/view/8868

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik COVID-19 pada calon guru: hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M.

Junaedi, F. (ed). (2011). Komunikasi 2.0: Teoritisasi dan Implikasi. Yogyakarta: Aspikom.

Karyono, (2020), Penanganan dan Pencegahan Pandemi Wabah Virus Corona (COVID-19) Kabupaten Indramayu, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, 2(2). 164-174 https://doi.org/10.24198/jkrk.v2i2.29127.g13932.

Kay, R. H., & Lauricella, S. (2011). Exploring the Benefits and Challenges of Using Laptop Computers in Higher Education Classrooms: A Formative Analysis. Canadian Journal of Learning and Technology /La Revue Canadienne de l ’apprentissage et de La Technologie. https://doi.org/10.21432/t2s598.

Khan. S, (2012). The One World Schoolhouse. In Hachette Book Group. https://doi.org/10.1111/edth. 12072

Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews. Eversleigh: Keele University

Lusiana and M. Suryani, 2014 Metode SLR untuk Mengidentifikasi Isu-Isu dalam Software Engineering, Jurnal SATIN (Sains dan Teknol. Informasi), 3(1), 1-11.

Maharani, D., Helmiah, F., & Rahmadani, N. (2021). Penyuluhan Manfaat Menggunakan Internet dan Website Pada Masa Pandemi Covid-19. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i1.130

Marpaung, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 16–22. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.6

McLuhan, Mashall. (1964) Understanding Media. New York: Mentor.

Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 097086-8.92001-4.

Musfhi, M, El Iq Bali. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Jurnal TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam 3(1), 29-40 http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/t arbiyatuna/article/view/198/

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) dada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, F).

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1)

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) 1(1).

Perry, A. & Hammond, N. (2002). Systematic Review: The Experience of a PhD Student. Psychology Learning and Teaching, 2(1), 32–35.

Puspitasari, N. (2021). Implementasi Penggunaan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa PGSD UNDARIS. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.8

Rahman, A. M., Mutiani, M., & Putra, M. A. H. (2019). Pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa pendidikan IPS. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 10(2), 375-387.

Riedel S, Morse S, Mietzner T, Miller S. Jawetz, Melnick, & Adelberg’s (2019), Medical Microbiology. 28th ed. New York: McGrawHill Education/Medical;. 617-22.

Rothan HA, Byrareddy SN. (2020), The epidemiology and pathogenesis of coronavirus disease (COVID-19) outbreak. Journal of Autoimmunity. Academic Press;. 102433.

Sadikin Ali. dkk (2020), Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224, https://online-journal.unja.ac.id/biodik.

Sampurno, M. Bayu Tejo., Kusmandyoko. Tri Cahyo., & Islam. M. Ariffudin. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i. 7(6). 529-542

Santika, I Wayan Eka. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal. 3(1). 2615-6938

Siahaan, S. (2003). E-learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 42(9), 303-321

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.

Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428

Szpunar, K. K., Moulton, S. T., & Schacter, D. L. (2013). Mind wandering and education: From the classroom to online learning. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2013.00495

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Suharsimi, Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Swan, K. (2002). Building Learning Communities in Online Courses: the importance of interaction. Education, Communication & Information. https://doi.org/10.1080/1463631022000005016

Trianto,(2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif, Jakarta: Kencana

West, Richard; Turner, Lynn H. 2009 Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Pengantar Humanika.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v4i1.110





Article Metrics:

Abstract Views - 1477

PDF Downloads - 950



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sri Desti Purwatiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : 

Refbacks



Copyright (c) 2021 Sri Desti Purwatiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person :