Aseksualitas dalam Drama TV Sherlock di Televisi BBC One

Muslikhin Muslikhin, Elsa Tesalonika Lalong

Abstract


Sherlock adalah sebuah adaptasi dari cerita Sherlock Holmes dalam bentuk drama televisi di BBC One. Sherlock menggunakan latar abad ke-21, sebagai pengganti jaman Victoria (1830-1901) seperti cerita asli Sherlock Holmes. Karakter tokoh Sherlock Holmes, terutama orientasi seksualnya  menimbulkan perdebatan di kalangan kritisi dan penggemar cerita Sherlock. Hal ini terjadi karena penulis cerita tidak secara jelas dan tegas memberikan gambaran tentang orientasi seksual dari Sherlock Holmes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda yang merepresentasikan aseksualitas pada tokoh Sherlock Holmes sebagai pribadi yang menunjukkan ciri-ciri aseksualitas. Metode penelitian yang digunakan adalah Semiotika Ferdinand de Saussure. Dasar analisis aseksualitas yang digunakan adalah 10 ciri-ciri aseksualitas dari  Decker. Penelitian ini menyimpulkan Sherlock Holmes adalah seorang aseksual karena memenuhi 8 dari 10 ciri-ciri aseksual menurut Decker.


Full Text:

PDF

References


Bogaert, A. F. (2004). Understanding Asexuality. Maryland: Rowman & Littlefield Publishers.

Bogaert, A. F. (2015). Asexuality: Prevalence and Associated Factors in a National Probability Sample. The Journal of Sex Research, 41(3), 279-287. (Online). Diakses Jumat, 16 Desember 2016 dari https://www.researchgate.net/publication/8220138_Asexuality_Prevalence_and_Associated_Factors_in_a_National_Probability_Sample.

Bogaert, A. F. (2015). Asexuality: What It Is and Why It Matters. The Journal of Sex Research, 52(4), 362-379. (Online). Diakses Jumat, 16 Desember 2016 dari https://www.researchgate.net/publication/275278342_Asexuality_What_It_Is_and_Why_It_Matters.

Decker, J. S. (2015). The Invisible Orientation: An Introduction to Asexuality. New York: Skyhorse Publishing.

Pearson, M., Smouse, D. (2013). Why Heartbreak Affect Our Appetite. (Online). Diakses

Selasa, 7 Maret 2017 dari http://www.huffingtonpost.com/2013/10/21/heartbreak-appetite-_n_4098994.html

Purwasito, A. (2007). Analisis Semiologi Sebagai Tafsiran Pesan. Jurnal Komunikasi Massa, 1(1), 65-81. (Online). Diakses Sabtu, 25 Februari 2017 dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/10739/MjQxNDg=/Analisis-Semiologi-Komunikasi-Sebagai-Tafsir-Pesan-abstrak.pdf.

Sobur, A. ( 2009). Analisis Teks Media. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tribe, S. (2014). Sherlock: Chronicles. London: BBC Books.

Vera, N. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi. (2nd edition). Bogor: Ghalia Indonesia.

Pearson, M., Smouse, D. (2013). Why Heartbreak Affect Our Appetite. (Online). Diakses Selasa, 7 Maret 2017 dari http://www.huffingtonpost.com/2013/10/21/heartbreak-appetite-_n_4098994.html.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v1i01.8





Article Metrics:

Abstract Views - 190

PDF Downloads - 226



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2018 Warta ISKI







Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406