Motif Penggunaan Aplikasi Musik Spotify pada Generasi-Z di SMA XYZ Bekasi

Gabriel Putra Josi, Weni A Arindawati, Nurkinan Nurkinan

Abstract


Penelitian ini berfokus pada para siswa SMA XYZ Bekasi, merupakan generasi-z yang menggunakan aplikasi musik Spotify sebagai aplikasi pemutar musik. Penelitian ini membahas enam orang siswa SMA XYZ Bekasi untuk memahami motif penggunaan aplikasi musik spotify. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengamatan nonpartisipatif berdasarkan perpektif tindakan sosial. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat empat motif yang melatarbelakangi para siswa menggunakan Spotify. Pertama, motif interaksi sosial yaitu motif yang timbul untuk memenuhi kebutuhan  individu dalam hubungan dengan lingkungan sosialnya. Kedua, motif hiburan yaitu hal-hal yang berkenaan untuk mendapatkan rasa senang. Ketiga, motif informasi yaitu memuaskan rasa ingin tahu dan minat umum serta memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan para siswa. Keempat,  motif identitas pribadi yaitu menemukan penunjang nilai-nilai pribadi dalam media, menemukan model dalam berperilaku, mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain dalam media, serta meningkatkan pemahaman tentang diri sendiri dalam menggunakan suatu media.


Full Text:

PDF

References


Berliana, N. (2018). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective. Singapore: McGraw-Hill.

Effendy, O.U. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kiendl, W. (Mei 2014). Spotify’s Time. Music Business Journal (Berklee College of Music).

The MBJ.org. Diakses dari: http://www.thembj.org/2014/05/spotifys-time/

Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial.

Jurnal Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1102

Nurudin. 2003. Komunikasi Massa. Cespur: Malang.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Jakarta: Guepedia

Publisher.

Tapsell, R. (2019). Indonesia’s Policing of Hoax News Increasingly Politicised.

Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital sebagai Upaya Menangkal Hoax di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 121.

Ward, M. O., Grinstein, G., & Keim, D. (2015). Interactive Data Visualization: Foundations,

Techniques, and Applications. New York: CRC Press.

Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada

Media.




DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i02.64





Article Metrics:

Abstract Views - 27

PDF Downloads - 11



Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gabriel Putra Josi, Weni A Arindawati, Nurkinan Nurkinan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406


Refbacks



Copyright (c) 2020 Gabriel Putra Josi, Weni A Arindawati, Nurkinan Nurkinan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.





Indexed by:
 
Google Scholar    

Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia

Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406