


Penelitian ini berfokus pada para siswa SMA XYZ Bekasi, merupakan generasi-z yang menggunakan aplikasi musik Spotify sebagai aplikasi pemutar musik. Penelitian ini membahas enam orang siswa SMA XYZ Bekasi untuk memahami motif penggunaan aplikasi musik spotify. Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan pengamatan nonpartisipatif berdasarkan perpektif tindakan sosial. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat empat motif yang melatarbelakangi para siswa menggunakan Spotify. Pertama, motif interaksi sosial yaitu motif yang timbul untuk memenuhi kebutuhan individu dalam hubungan dengan lingkungan sosialnya. Kedua, motif hiburan yaitu hal-hal yang berkenaan untuk mendapatkan rasa senang. Ketiga, motif informasi yaitu memuaskan rasa ingin tahu dan minat umum serta memperoleh rasa damai melalui penambahan pengetahuan para siswa. Keempat, motif identitas pribadi yaitu menemukan penunjang nilai-nilai pribadi dalam media, menemukan model dalam berperilaku, mengidentifikasikan diri dengan nilai-nilai lain dalam media, serta meningkatkan pemahaman tentang diri sendiri dalam menggunakan suatu media.
Berliana, N. (2018). Advertising and Promotion, An Integrated Marketing Communications Perspective. Singapore: McGraw-Hill.
Effendy, O.U. (2000). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kiendl, W. (Mei 2014). Spotify’s Time. Music Business Journal (Berklee College of Music).
The MBJ.org. Diakses dari: http://www.thembj.org/2014/05/spotifys-time/
Netti, S. Y. M., & Irwansyah, I. (2018). Spotify: Aplikasi Music Streaming untuk Generasi Milenial.
Jurnal Komunikasi, 10(1), 1. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1102
Nurudin. 2003. Komunikasi Massa. Cespur: Malang.
Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Jakarta: Guepedia
Publisher.
Tapsell, R. (2019). Indonesia’s Policing of Hoax News Increasingly Politicised.
Tsaniyah, N., & Juliana, K. A. (2019). Literasi Digital sebagai Upaya Menangkal Hoax di Era Disrupsi. Al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 4(1), 121.
Ward, M. O., Grinstein, G., & Keim, D. (2015). Interactive Data Visualization: Foundations,
Techniques, and Applications. New York: CRC Press.
Yusuf, M. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada
Media.
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person : Mulyono Sri Hutomo, M.Ikom
Email : m.hutomo@gmail.com
Call/Whatsapp : +6289684159406