Marketing Public Relations dalam Membangun Ekuitas Merek Sepeda Motor KTM Berbasis Pelanggan
Abstract
Persaingan selalu hadir sebagai tantangan, dan menantang dengan segmen pasar tempat perusahaan melakukan pemasaran produk dan jasa. demikian juga persaingan dalam memasarkan produk otomotif seperti sepeda motor dengan merek KTM yang relatif baru di Indonesia. Oleh karena itu diperlukan Marketing Public Relations karena banyak perusahaan menganggap sebagai alat yang penting dan berguna untuk menghadirkan dan menarik pelanggan untuk membangun ekuitas merek sepeda motor KTM dilakukan melalui tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi program-program yang dilakukan melalui melalui publikasi khusus, partisipasi dalam kegiatan masyarakat untuk penggalangan dana, pameran sponsor acara khusus, lobi dan pekerjaan umum lainnya kepada para pelanggan dan membangun ekuitas merek di benak pelanggan dan menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan perusahaan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta minat pelanggan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Marketing Public Relations dalam membangun ekuitas merek sepeda motor KTM berbasis pelanggan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan metode penelitiannya adalah deskriptif. Informan dalam penelitian ini CEO, Marketing Manager, Public Relations Manager PT PMA, dan lima orang pelanggan sepeda motor merek KTM. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan penelusuran internet. Analisis data dilakukan melalui reduksi, display data, dan verikasi/kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa Marketing PR dapat membangun ekuitas merek sepeda motor KTM dengan baik melalui program-program yang dilakukan MPR dengan melibatkan pelanggan. Hal ini terbukti bahwa para pelanggan merasa puas dan bangga memiliki sepeda motor dengan merek KTM.
Full Text:
PDFReferences
Batra, R., & Keller, K. L. (2016). Integrating Marketing Communications: New Findings, New Lessons, and New Ideas. Journal of Marketing, 80(6), 122–145. https://doi.org/10.1509/jm.15.0419
Bungin. (2010). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenada Media Group.
Butterick, K. (2011). Introducing Public Relations : Theory and Practice: Live. Los Angeles : SAGE Publications Ltd. 2011. https://doi.org/10.13203/j.whugis2013.10.020
Creswell, J. W. (2007). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Method Aproaches. SAGE Publications. https://doi.org/10.4135/9781849208956
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design. In Qualitative Inquiry and Research Design.
Hutagalung, I. & Ritonga, R. (2018). Pengaruh Iklim Komunikasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Kecamatan XYZ Bekasi. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2), 72-84.
Hutagalung, I. (2018). Ambassador Produk dan Perubahan Sikap: Studi Kasus Pengolahan Iklan Kosmetik XYZ Berdasarkan Pendekatan Teori ELM di Kalangan Remaja Putri Kelurahan Rawa Buaya - Jakarta Barat. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 1-8.
Keller, K. L. (2001). Building Customer-Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands Building Customer-Based Brand Equity : A Blueprint for Creating Strong Brands. Journal of Marketing Communications. https://doi.org/10.1080/13527260902757530
Keller, K. L. (2009). Building Strong Brands in a Modern Marketing Communications Environment. Journal of Marketing Communications. https://doi.org/10.1080/13527260902757530
Kliatchko, J. (2005). Towards a New Definition of Integrated Marketing Communications (IMC). International Journal of Advertising. https://doi.org/10.1080/02650487.2005.11072902
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1.
Krussell, J. G. H., & Paramita, E. L. (2016). Komunikasi Pemasaran Terpadu dan Ekuitas Merek Alfamart. Benefit: Jurnal Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.23917/benefit.v1i1.2363
Laurencia, E., & Setyanto, Y. (2019). Strategi Public Relations PT X dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Otomotif. Prologia. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6412
Minna, C., Sarén, H., Parikka, M., & Sandell, C. (2012). Public Relations ’ Role in Building Strong Brands.
Papasolomou, I., & Melanthiou, Y. (2012). Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend. Journal of Promotion Management. https://doi.org/10.1080/10496491.2012.696458
Papasolomou, I., Thrassou, A., Vrontis, D., & Sabova, M. (2014). Marketing Public Relations: A Consumer-Focused Strategic Perspective. Journal of Customer Behaviour. https://doi.org/10.1362/147539214x14024779343631
Puspita, I. M. (2019). Marketing Public Relation Peremajaan Merek sebagai Strategi Pemasaran dalam Membangun Citra Produk Baru. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 2(01), 19–26. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v2i01.24
Ruliana Poppy. (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan studi Kasus. Jakarta: Rajawali Pers.
Ruslan, R. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Soebiagdo, S., & Ruliana, P. (2017). Pengaruh Strategi Promosi Stikom Interstudi terhadap Peningkatan Ekuitas Merek. InterKomunika. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.34
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Todorova, G. (2015). Marketing Communication Mix. Trakia Journal of Science. https://doi.org/10.15547/tjs.2015.s.01.063
Ukaj, F. (2016). Public Relations as Part of Integrated Communication of an Enterprise-Consumer Oriented. Journal of Marketing Management (JMM), 4(1), 67–72. https://doi.org/10.15640/jmm.v3n2a7
Wicaksono, A., Suyadi, I., & Hidayat, K. (2014). Studi pada Konsumen Mobil Toyota Avanza Tahun 2012 di Auto 2000 Malang Cabang Sukun. Jurnal Adminitrasi Bisnis, 12(2), 1–10.
Widikusyanto, M. J. (2014). Membangun Merek Melalui Marketing Public Relations, Jurnal Manajemen. 3(2).
Yin, R. K. (2014). Case Study Research: Design and Methods (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
DOI: https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.56
Article Metrics:
Abstract Views - 1134
PDF Downloads - 865
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Mahrani Mahrani
Indexed by:
Copyright of Jurnal Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (p-ISSN : 0853-4470)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Sekretariat Redaksi JURNAL WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI)
Gedung Dewan Pers, Lt 5
Jl. Kebon Sirih No. 32-34, Jakarta 10110 – Indonesia
Contact Person :